4 Aplikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Selama Kuliah


Terlepas dari apa yang dipelajari di sekolah, kegiatan menulis akan digunakan di beberapa titik dan dalam kapasitas tertentu selama karir akademik. Proses menulis mungkin tampak menakutkan pada awalnya—terutama jika bahasa Inggris bukan bahasa pertama kamu—dan banyak siswa mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Menulis esai berkualitas tinggi melibatkan persiapan dan mengikuti langkah-langkah tertentu. Langkah-langkah ini termasuk brainstorming, melakukan penelitian, menulis makalah, dan mengeditnya untuk kejelasan dan akurasi. Hari ini, kami akan menjelajahi empat aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu kamu melalui proses penulisan.

 
 

Courtesy of Coggle.

1. Coggle

Brainstorming adalah bagian penting dari proses menulis. Melakukan sesi brainstorming di awal dapat menghemat waktu. Ini mendorong ide kreatif, memungkinkan siswa untuk mengatur pikiran dan ide-ide mereka ke dalam aliran poin yang kohesif. Jika kamu kesulitan mengidentifikasi tujuan utama makalah kamu dan poin pendukungnya, maka Coggle bisa menjadi solusi yang tepat!

Cara Bekerja

Coggle adalah alat pemetaan pikiran digital yang sangat baik untuk brainstorming. Pemetaan pikiran adalah teknik yang berguna untuk menarik hubungan antara ide-ide kamu. Metode ini biasanya akan menggambar bentuk di sekitar ide tertulis dan menggunakan garis bercabang untuk menghubungkan bentuk-bentuk itu di atas kertas. Coggle memungkinkan kamu membuat peta pikiran digital yang disimpan dengan aman secara online di cloud dan dapat diakses dari berbagai perangkat. Kamu dapat mengatur ulang dan mengedit mind map sebanyak yang diinginkan tanpa khawatir kehabisan ruang dengan selembar kertas fisik. Siswa juga dapat membuat mind map publik di Coggle, dan kemudian berkolaborasi dengan teman sekelas. Mind map lain mungkin disetel untuk menulis tugas individu.

Biaya

Versi gratis dari aplikasi ini tersedia unlimited untuk mind map public dan hingga tiga mind map private. Lihat paket berbayar Coggle untuk private mind map unlimited, opsi formatting ekstra, dan berbagai bentuk.

 
 
 

Courtesy of Evernote.

2. Evernote

Komponen penelitian dari proses penulisan seringkali bisa menjadi bagian yang paling memakan waktu. Tidak jarang siswa memiliki catatan, screenshot, dan file tersimpan yang mengambang di komputer di berbagai lokasi. Kurangnya pengorganisasian ini dapat membuat proses menulis menjadi tersebar dan membuat stres. Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi Evernote. Ini memberi kamu alat untuk tetap teratur dengan membuat buku catatan digital dan lebih mudah dicari.

Cara Bekerja

Evernote memungkinkan penggunanya untuk membuat arsip PDF, artikel, dan catatan yang dapat dicari. Siswa dapat menggunakan aplikasi ini untuk menulis garis besar esai, membuat catatan, dan bahkan membuat draf artikel dan esai yang lengkap. Kamu dapat memilih untuk menggunakan Web Clipper untuk menyimpan halaman web, artikel, dan screenshot dengan cepat langsung ke Evernote. Fitur ini memudahkan kamu untuk mengakses informasi di kemudian hari atau saat kamu sedang offline. Evernote adalah alat yang kuat untuk tetap terorganisir dan menampung ide dan penelitian dengan cara yang logis dan terkumpul, sehingga siswa dapat fokus pada penulisan.

Biaya

Ada versi gratis dari aplikasi ini. Jika kamu mencari fitur tambahan, pertimbangkan untuk upgrade ke salah satu dari beberapa paket harga Evernote. 

 

 


Courtesy of Cold Turkey Writer.

3. Cold Turkey Writer

Jika kamu seorang penunda dan telah mencari sesuatu untuk membuat kamu tetap di jalur saat menulis paper, maka kamu harus memeriksa aplikasi Cold Turkey Writer.

Meskipun komputer kami adalah alat yang berguna untuk menulis, komputer juga memiliki serangkaian gangguan potensial seperti YouTube, Netflix, media sosial, dan video game. Cold Turkey Writer memblokir gangguan ini, sehingga kamu dapat fokus pada proses kreatif.

Cara Bekerja

Saat kamu membuka aplikasi Cold Turkey, itu akan meminta kamu untuk memasukkan tujuan penulisan. Tujuannya bisa berupa jumlah waktu yang ingin dihabiskan untuk menulis atau jumlah kata yang ingin ditulis. Setelah mengirimkan tujuan kamu, Cold Turkey akan memblokir setiap aplikasi di komputer kamu hingga kamu mencapai target penulisan untuk hari itu. Ini meluas ke browser internet, jadi pastikan kamu telah menyelesaikan penelitian sebelum mengaktifkan aplikasi! Ingatlah bahwa Cold Turkey Writer tidak menawarkan banyak opsi pemformatan, jadi kamu harus menggunakannya dalam kombinasi dengan aplikasi lain, seperti Microsoft Word atau Google Documents, jika ingin menerbitkan atau mencetak tulisan. 

Biaya

Ada versi gratis dari aplikasi yang tersedia. Jika mencari tema dan fitur pemformatan tambahan, kamu dapat membayar biaya satu kali CA$10 untuk mengaktifkannya.

 
 
 

Courtesy of Grammarly.

4. Grammarly

Mengedit paper adalah langkah terakhir sebelum menyerahkannya. Memastikan pekerjaan kamu bebas dari kesalahan tata bahasa dapat sangat meningkatkan nilai yang diterima. Tidak semua orang memiliki mata pengeditan atau seseorang dalam hidup mereka yang dapat mengedit pekerjaan mereka untuk mereka. Hal ini terdengar seperti kamu membutuhkan dukungan, pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi Grammarly.

Cara Bekerja

Grammarly menggunakan algoritma berkemampuan AI untuk mengoreksi dan memeriksa tata bahasa tulisan. Ini memberikan bantuan kepada penggunanya dengan menilai struktur kalimat, tanda baca, tata bahasa, dan ejaan. Jika kamu memilih untuk membayar paket premium, aplikasi akan bekerja untuk meningkatkan kelancaran, kejelasan, dan kekompakan tulisan Anda juga. Fitur-fiturnya yang mudah digunakan, tingkat akurasi yang tinggi, dan aksesibilitas telah menjadikannya pendamping menulis yang luar biasa bagi siswa selama bertahun-tahun. 

Biaya

Versi gratis dari aplikasi ini tersedia. Jika mencari fitur tambahan, maka salah satu paket harga Grammarly lainnya bisa menjadi pilihan yang bagus.


Selesaikan makalah atau tugas kamu berikutnya dengan memanfaatkan aplikasi di atas untuk merampingkan proses penulisan!

 

Apa kamu berencana studi keluar negeri? Mulai mencari kampusnya bersama Salak Edu, hari ini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published