4 Alasan Tingginya Permintaan Permanent Residency di Kanada


Kanada telah lama menikmati reputasi sebagai negara yang beragam dan ramah. Terlepas dari meningkatnya sentimen anti-imigrasi di banyak negara barat selama beberapa tahun terakhir, Kanada sebagian besar mendukung kebijakan untuk tetap membuka pintunya.

Pemerintah federal Kanada saat ini mencari cara untuk menerima lebih dari satu juta penduduk tetap baru pada akhir tahun 2021. Ini menimbulkan pertanyaan: apa saja faktor yang mendorong imigran untuk mencari tempat tinggal permanen di Kanada?

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk pindah ke Kanada. Namun, empat poin yang tercantum di bawah ini adalah beberapa faktor terpenting yang mendorong peningkatan permanent residency baru-baru ini.

1. Express Entry System 

Express Entry System

Express Entry System (EES) digunakan oleh Citizenship and Immigration Canada (CIC) untuk merampingkan proses aplikasi tempat tinggal permanen bagi pekerja asing yang terampil. EES telah populer sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Meskipun demikian, tahun lalu terlihat sejumlah besar pelamar yang menggunakan layanan ini.

Faktanya, menurut CIC News, Immigration, Refugees and Citizenship Canada (IRCC) mengundang total 41.800 pelamar selama paruh pertama tahun 2019. Saat ini, total Invitation to Apply (ITA) untuk 2019 telah melampaui 2018, yang mencatat rekor 89.800 ITA. 

Express Entry System ini bisa dibilang indikator paling jelas dari nomor tempat tinggal permanen. Namun, itu bukan satu-satunya faktor di balik peningkatan yang dilihat.

 

2. Global Talent Stream 

Approved stamp on Canadian immigration form

Salah satu hal hebat tentang sistem imigrasi Kanada adalah sistem ini memiliki jalan dua arah. Di bawah program Global Talent Stream, pemberi kerja Kanada dapat mempekerjakan pekerja asing yang sangat terampil dan memberi mereka izin kerja hanya dalam dua minggu.

Program ini awalnya diluncurkan sebagai percontohan pada Juni 2017. Namun, karena kebutuhan berkelanjutan akan pekerja terampil, sejak itu dibuat permanen. 

 

3. Booming Tech Sector 

Amazon parcel

California dulu tempat tujuan Anda untuk bekerja di teknologi. Dan sementara pantai barat Amerika masih menjadi ibu kota teknologi tinggi dunia, Kanada telah muncul sebagai alternatif yang sangat kompetitif. Banyak perusahaan teknologi paling sukses di dunia, termasuk Amazon, Google, dan Uber, beroperasi besar di utara perbatasan.

Dikombinasikan dengan perusahaan lokal seperti Shopify dan Opentext, tidak mengherankan jika wilayah teknologi terbesar di Kanada - koridor teknologi Toronto - diberi label "Silicon Valley North".

Perusahaan teknologi Kanada sendiri menarik banyak bakat. Namun, mereka juga dibantu oleh beberapa masalah yang sedang berlangsung di selatan perbatasan.

 

4. Work Visa Problems in the US

 

American Flag

Amerika Serikat terus menjadi tujuan utama bagi pekerja asing terampil yang mencari pekerjaan. Namun, perkembangan tertentu telah membuat banyak orang enggan melakukannya.

Dari masalah yang sedang berlangsung dengan kebijakan Visa H-1B hingga persaingan sengit negara itu dengan China, AS menderita kekurangan imigran terampil yang sebagian besar disebabkan oleh ulahnya sendiri. Hasilnya adalah negara-negara seperti Kanada, yang memiliki proses permohonan izin tinggal permanen yang relatif lebih mudah, mendapat keuntungan dari masuknya pekerja yang memutuskan untuk tidak pergi ke AS. 

 

Ada rencana untuk dapat apply PR di Kanada? Konsultasi sekarang.

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published