FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

5 Tips Hemat Traveling Saat Kuliah di Luar Negeri

5 Tips Hemat Traveling Saat Kuliah di Luar Negeri

Banyak orang berpikir hidup dengan anggaran terbatas dan bepergian sambil belajar di luar negeri tidak berjalan beriringan. Tapi tidak ada alasan untuk tidak bisa.

Mungkin diperlukan penelitian dan persiapan, tetapi ada banyak cara bagi mahasiswa internasional untuk menjelajahi negara tujuan dengan harga terjangkau.

Jika kamu ingin berpetualang di Australia, Kanada, Inggris, atau Amerika Serikat sambil belajar di luar negeri, lanjutkan membaca untuk mempelajari lima tips tentang cara melakukannya tanpa menguras kantong.

1. Buatlah Budget

Membuat anggaran adalah langkah awal untuk berkeliling negara tujuan dengan harga terjangkau. Mulailah dengan menghitung biaya pengeluaran utama berikut:

  • Uang kuliah dan buku
  • Tempat tinggal dan utilitas
  • Biaya hidup
  • Bepergian ke dan dari negara tujuan 
  • Asuransi kesehatan dan perjalanan
  • Transportasi
  • Hiburan
  • Dana darurat
  • Biaya lain-lain

Selanjutnya, kurangi angka itu dari jumlah yang direncanakan untuk studi kamu. Apa pun yang dimiliki dapat digunakan untuk bersenang-senang dan bepergian.

Ingat: Prioritas kamu adalah membayar biaya studi dan semua pengeluaran terkait, jadi pastikan memiliki cukup uang sebelum merencanakan anggaran perjalanan terpisah.

2. Rencanakan Itinerary Sebelum Meninggalkan Rumah

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa kamu berkomitmen untuk bepergian dengan harga terjangkau adalah dengan melakukan riset dan merencanakan perjalanan sebelum meninggalkan rumah.

Mulailah dengan membaca konten destinasi seperti buku panduan, melakukan riset web, dan menonton film serta YouTuber untuk mencari tahu kota dan lokasi apa yang ingin kamu kunjungi.

Mengetahui tempat terbaik untuk berkeliling, dancing, menikmati festival, makanan, akan membantu kamu memaksimalkan anggaran dan waktu senggang dari studi kamu.

Ingatlah untuk selalu memberi tahu teman atau anggota keluarga tentang perjalanan kamu. Beri tahu mereka ke mana kamu akan pergi, dengan siapa bepergian (jika tidak bepergian sendiri), dan berapa lama akan pergi.

Bonus: Bepergian sebagai siswa internasional memiliki keuntungan tersendiri. Karena kemungkinan besar kamu akan berada di negara ini sepanjang tahun, kamu dapat menghindari tempat-tempat wisata yang ramai selama musim sibuk mereka.

3. Memanfaatkan Diskon Siswa

Cek diskon siswa apa saja yang tersedia dan tentu saja gunakan itu! Mulailah dengan menghubungi agen perjalanan pelajar dari negara tujuan untuk mencari tahu tentang tarif diskon yang tersedia bagi pelajar internasional.

Banyak loket tiket, museum, restoran, bar, klub, dan toko ritel menawarkannya, atau datang pada hari khusus yang menawarkan potongan harga atau bayar sesuai kemampuan.

Pertimbangkan untuk mendapatkan International Student Identity Card (ISIC) sebelum pergi, dan tunjukkan ke mana pun kamu pergi. ISIC adalah satu-satunya kartu identitas pelajar yang diakui secara internasional.

Selain sebagai bukti status pelajar, ISIC memberi kamu akses ke lebih dari 150.000 diskon dan manfaat di dalam dan luar negeri. Kamu juga dapat menemukan daftar lengkap diskon di situs resmi ISIC. Alat pencarian mereka akan memberi tahu diskon mana yang tersedia di wilayah kamu. 

4. Gunakan Bus dan Kereta

Tarif Uber dan taksi bisa sangat mahal. Saat memetakan rencana perjalanan, pelajari perusahaan kereta dan bus mana yang menawarkan rute ke lokasi tersebut, dan beli tiket bus pass atau railpass untuk membantu mengurangi biaya perjalanan.

Bergantung pada jenis perjalanan yang direncanakan. Misalnya, tiket kereta yang menawarkan penghematan besar dibandingkan tiket reguler jika kamu bepergian jarak jauh.

Jika hanya berencana melakukan perjalanan sehari yang dapat diakses dengan cepat dengan bus, kamu akan tahu bahwa tiket bus adalah pilihan yang lebih baik.

Jika memiliki perjalanan yang lebih pendek dan lebih lama dalam agenda, pertimbangkan untuk membeli kedua tiket tersebut.

Tip: Saat meneliti tarif dan tiket bus dan kereta, cek diskon apa yang tersedia dengan kartu pelajar atau ISIC kamu jika memutuskan untuk membelinya.

5. Bergabung dengan Travel Group

Hubungi agen perjalanan pelajar untuk mempelajari tentang student travel group yang tersedia. Kelompok perjalanan pelajar adalah pilihan yang sangat baik karena berbagai alasan.

Ini cara yang bagus untuk bertemu siswa lain yang tertarik dengan tempat dan hal yang sama dengan kamu. Grup perjalanan akan mengurus perencanaan rencana perjalanan (dan terkadang penerbangan), jadi jika kekurangan waktu, yang perlu dilakukan hanyalah membayar perjalanan dan datang!

Namun, jika ada sesuatu yang ingin dilihat yang tidak ada dalam rencana perjalanan, jangan khawatir. Pemandu wisata biasanya akan memberikan beberapa jam bagi siswa untuk menjelajahi waktu luang mereka sendiri.

Juga, paket wisata biasanya lebih terjangkau daripada jika membayar semua secara terpisah. Terakhir, jika kamu gugup bepergian ke suatu tempat sendirian, grup perjalanan pelajar adalah cara yang bagus untuk tetap aman dalam perjalanan.

Butuh bimbingan untuk mengurus keperluanmu selama berkuliah di luar negeri? Salak Education siap membantumu! Yuk, konsultasikan lebih lanjut.