5 Tips Menjalani Study Online


Ketika universitas dan perguruan tinggi bersiap untuk semester musim gugur, sekolah terus memastikan langkah-langkah keamanan dan jarak sosial yang tepat di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung. Banyak institusi telah mengumumkan rencana untuk menawarkan beberapa mata kuliah secara online. Sementara pembelajaran blended, atau hybrid – kombinasi dari kuliah offline dengan online – telah menjadi pilihan populer selama bertahun-tahun, mahasiswa masih lebih memilih kuliah in-person. Berikut adalah lima tips belajar online yang dapat ditambahkan ke gudang senjata Anda untuk memanfaatkan pembelajaran online saat kelas dilanjutkan pada musim gugur ini.

 

5 Tips Study Online

Di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, Anda mungkin menyulap beban kursus online yang lebih besar dari biasanya. Untuk siswa internasional, sebagian besar pembelajaran online menimbulkan tantangan tambahan. Siswa internasional sering mengandalkan pengalaman kelas tradisional untuk bertemu teman baru dan membangun kelompok belajar. Tidak adanya interaksi sosial ini dapat tetap terlibat menjadi lebih menantang.

 

1. Stick to a Schedule

Sementara beberapa kuliah online akan live, banyak yang pre-recorded dan tersedia on-demand. On-demand menawarkan beberapa keuntungan, termasuk kemampuan untuk menonton kuliah pada waktu yang paling sesuai untuk Anda. Namun, ini membutuhkan disiplin waktu untuk tidak ketinggalan. Hal ini sangat penting karena tiga, empat, atau bahkan lima kelas Anda mungkin sepenuhnya online.

Untuk memastikan Anda tidak terburu-buru mengejar ketinggalan sebelum ujian tengah semester atau ujian akhir, coba blok waktu yang sama di kalender Anda setiap minggu untuk setiap rekaman kuliah. Dengan cara kamu "show up" siap untuk belajar pada waktu yang telah ditentukan, seperti yang dilakukan pada kuliah live online atau yang diadakan di dalam kelas. Tidak masalah jika Anda memilih pukul 10:00 malam pada Rabu atau pukul 9.00 pada Sabtu pagi – selama Anda konsisten.

 

 

 

Person working on laptop at table

2. Buat Ruang Belajar yang Nyaman

Perpustakaan dan kedai kopi lokal yang unik yang menyajikan roti panggang yang lezat dan strong espresso adalah dua tempat belajar favorit para siswa. Jika kalian sudah berada di Canada dan saat ini kalian tinggal di asrama bersama temanmu, hal ini bisa kalian coba untuk pergi sejenak dari keributan teman sekamarmu. Mencari ketenangan saat mengerjakan tugas dari professor. Namun karena beberapa tempat cafe dan restaurant masih dalam masa social distancing, mungkin beberapa diantaranya masih menutup cafe mereka atau benar-benar membatasi jumlah tamu yang datang ke cafe mereka.

Jika kalian sangat nyaman untuk tetap berada di dalam rumah atau asrama, temukan spot terbaik dari ruangan kalian untuk didedikasikan sebagai spot belajar. Dimana kalian menumpuk buku belajar dan catatan penting dari kelas hari ini. Buatlah senyaman mungkin meja belajar kamu. Karena mungkin kamu akan menyimpan beberapa minuman dan makanan di meja kalian yang dikonsumsi saat kalian beristirahat. 

Pastikan ruangan kamu cukup terang, dan jangan lupa untuk mengisinya dengan semua hal yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti pensil, pena, dan buku catatan favorit, serta pengingat rumah.

 

3. Hindari Distraction

Mungkin tips ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan! Kita hidup di dunia di mana sejuta hal tampaknya bersaing untuk mendapatkan perhatian kita pada saat tertentu, dengan mudah mengalihkan perhatian kita dari studi kita. Jika menelusuri Instagram adalah kelemahan kamu karena harus menghabiskan waktu lebih, ada aplikasi, seperti OFFTIME, yang akan mengunci untuk sementara dari akun sosial media kamu, atau bahkan ponsel kamu. Ini akan memungkinkan untuk memfokuskan waktu dan perhatian kamu pada tugas yang ada. Sebelum kamu menyadarinya, kamu akan bebas untuk menikmati gangguan menyenangkan itu sekali lagi.

 

white smartphone near laptop

4. Tetap Terhubung

Meskipun akses langsung ke profesor atau dosen mungkin terbatas, atau bahkan tidak ada, mereka tetap menjadi sumber yang tak ternilai untuk mencari informasi terkait pembelajaran dan tugas belajar. Penting untuk saat ini untuk tetap terhubung. Selain komunikasi email yang lebih tradisional, mereka mungkin juga menawarkan jam kantor virtual. Jangan lupa, mereka juga menavigasi masa yang penuh tantangan ini, jadi mereka akan bersimpati dengan apa yang kamu alami juga.

Cara lain untuk tetap terhubung adalah melalui online message board, fitur yang umum untuk sebagian besar kelas online. Laman website ini menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan materi, memberi dan menerima feedback tentang tugas, dan mengenal teman sekelas.

Di masa social distancing ini, mengenal teman sekelas melalui message board adalah cara terbaik untuk tetap terhubung dan bertukar tips untuk berkembang di dunia akademis di tengah COVID-19. Lagi pula, teman-teman kamu mengalami banyak tantangan, emosi, dan perasaan yang sama. Beberapa mungkin juga belajar jauh dari rumah, mereka juga adalah siswa internasional, yang bisa menjadi dasar dari persahabatan baru.

 

woman riding kayak at the middle of the sea

5. Break Sejenak!

Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan belum pernah dialami oleh siapapun. Anda tinggal jauh dari rumah dan sistem pendukung Anda, dan cara Anda terbiasa belajar dan seluruh pengalaman sekolah telah terbalik. Berkembang selama pandemi tidak datang dengan buku panduan. Hari slip-up and down tidak bisa dihindari. Jika Anda melewatkan kuliah live online atau ketinggalan tugas, bersikap baiklah pada diri sendiri, belajar dari kesalahan Anda, dan teruslah maju. Ambil satu hari pada suatu waktu. Ketika ini selesai, Anda akan memiliki kisah hebat untuk diceritakan tentang bagaimana Anda belajar di luar negeri selama pandemi global!

Semester tahun ajaran baru, September 2021 ini, beberapa negara telah membuka gerbang masuk siswa internasional untuk dapat study secara offline. Tentunya dengan peraturan protokol kesehatan yang sangat ketat. Siapa yang sudah tidak tahan untuk study secara in-person? Temukan kampus impian kamu, disini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published