6 Genre Musik Terbaik yang Bisa Membantu Tingkatkan Konsentrasi


 

Setiap siswa selalu mencari cara untuk memperbaiki kebiasaan belajarnya. Salah satu alat bantu belajar yang paling populer adalah dengan musik. Namun sayangnya, musik yang setiap hari didengarkan mungkin tidak terlalu efektif untuk persiapan ujian. Sisi lain, tidak semua genre musik cocok untuk semua orang. Sama hal nya seperti setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda, preferensi musik satu orang mungkin tidak cocok untuk orang yang lain. Volume juga merupakan salah satu faktor utama, karena mendengarkan musik secara keras kemungkinan besar akan mengganggu, apapun jenis genre musik nya.

 

Untungnya, terdapat genre musik tertentu yang terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan motivasi. Meski musik yang terbaik untuk belajar bergantung pada preferensi pribadi, namun berikut 6 genre musik di bawah ini merupakan genre yang baik untuk didengar

Classical

Jangan pernah meragukan kekuatan playlist retro yang bagus. Mendengar kata 'retro' mungkin yang terlintas dalam benak kamu ialah musik yang sudah berusia ratusan tahun. Namun, ada sejumlah manfaat yang mengejutkan dari mendengarkan musik klasik, yaitu dapat membantu mengurangi stres dan bahkan dapat memperbaiki pola tidur. Kemungkinan banyak siswa yang akan beralih ke mozart karena memiliki pengaruh yang biasa disebut 'efek mozart'

 

Sebuah fakta mengatakan bahwa musik Mozart dapat meningkatkan kinerja mental, meskipun banyak penelitian yang telah membantah hal tersebut. Namun, tidak berarti bahwa mendengarkan Mozart sambil belajar itu tidak bermanfaat. Beberapa siswa mungkin akan dapat berkonsentrasi lebih baik dengan instrumentasi yang sederhana, sementara yang lain mungkin akan lebih menyukai kekuatan orkestra lengkap. Kami menyarankan untuk kamu mencari musik terbaik untuk belajar, kamu dapat mencari di YouTube dan Spotify karena banyak tersedia daftar putar musik klasik.

Ambient/Chill

Jenis genre yang luas ini mencakup segala hal mulai dari musik lambat dan atmosfer hingga electronic dance music (EDM). Musik elektronik telah menjadi sangat populer di kalangan mahasiswa dalam beberapa tahun terakhir, dan sebagian besar genre tersebut sebenarnya bagus untuk dipelajari.

Instrumental Rock

Musik dengan sedikit atau bahkan tanpa lirik sangat cocok untuk belajar karena tidak mengganggu. Itulah sebab nya mengapa musik instrumental atau 'post-rock' adalah pilihan studi yang bagus. Band seperti Explosions in the Sky dan Polyphia telah membuktikan bahwa riff yang menarik dapat membawa kamu jauh tanpa penyanyi. Grup-grup tersebut membangun soundscapes di sekitar lagu-lagu non-tradisional dan sering kali memulai lagu mereka dengan versi lambat yang meningkat menjadi crescendo.

 

Banyak band rock populer, seperti Led Zeppelin dan Pink Floyd juga bereksperimen dengan trek instrumental selama bertahun-tahun. Lagu-lagu tersebut banyak tersedia di Spotify dan Youtube.

Jazz

Jazz adalah genre musik yang menurut banyak orang cenderung mengganggap sebagai musik yang besar, keras dan dipenuhi dengan musisi yang terus-menerus berusaha untuk menggungguli satu sama lainnya. Meskipun fokus jazz sejati pada improvisasi, dimana telah menciptakan banyak musik yang menderu dan kompleks, hal tersebut juga memberi banyak trek yang lembut. Musisi jazz hebat seperti Miles Davis dan John Coltrane merekam beberapa lagu bertempo rendah yang menjadi musik studi yang bagus.

 

Sama hal nya seperti musik klasik, ada kemungkinan kamu pun tidak menyukai jazz. Namun sebenarnya terkadang kamu cenderung tidak akan terganggu oleh musik yang tidak terlalu kamu sukai.

Nature Sounds

Belajar yang efektif membutuhkan lingkungan yang santai dan bebas stres. Cara terbaik yang perlu di lakukan adalah dengan mendengarkan suara alam yang menenangkan, suara curah hujan yang lembut hingga suara-suara hutan yang menenangkan, suara alam merupakan salah satu suara indah untuk dinikmati. Kebanyakan siswa akan berpendapat bahwa suara alam lebih baik daripada musik yang sebenarnya, karena tidak terlalu mengganggu. Kalian bisa langsung mencari daftar lagunya di YouTube.

Membuat Daftar Lagumu Sendiri!

Rap playlist on Spotify

 

Hal yang pasti adalah bahwa setiap orang dapat merespons musik secara berbeda. Genre yang menurut seseorang dapat memotivasi mungkin justru akan mengganggu orang lain. Mungkin kamu merasa tidak bisa belajar dengan musik latar sama sekali. Jadi, sangat disarankan untuk kamu mencari genre yang sesuai dengan kamu.

 

Dengan menyiapkan daftar putar musik favorit kamu sebelum studi mungkin akan menghemat waktu kamu, karena kamu tidak perlu berhenti di tengah-tengah studi untuk mencari musik baru. Cara yang baik dilakukan untuk menguji apakah studi dengan mendengarkan musik akan memberi efek baik untuk kamu adalah dengan beristirahat dan meninjau kembali pelajaran kamu. Jika kamu merasa tidak dapet mengingat banyak materi yang telah dipelajari sebelumnya, mungkin sudah waktu nya untuk kamu mengganti playlist atau lebih baik tidak mendengarkan musik ketika sedang studi.

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published