6 Kesalahan Umum IELTS dan Tips Cara Menghindarinya


Kesalahan sangat umum seringkali terjadi dalam ujian. Bahkan beberapa siswa yang paling siap secara alami pun dapat membuat kesalahan. Namun, ketika akan mengerjakan tes IELTS (International English Language Testing System), setiap poin sangat berharga. Jika kamu mendapatkan nilai rendah, kemungkinan kamu akan kehilangan kesempatan untuk belajar di luar negeri.

Mempersiapkan IELTS bisa membuat stres dan sulit. Siswa diuji dalam listening, reading, writing, dan speaking. Tes juga dapat memakan banyak waktu, dengan modul reading dan writing di pagi hari dan sesi speaking di sore hari. Banyak hal yang harus dihadapi terutama dengan mengandalkan hasil tes IELTS.

Untuk memastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik, berikut adalah beberapa kesalahan paling umum pada tes IELTS yang dilakukan oleh peserta tes yang membuat mereka kehilangan poin berharga.

1. Kesalahan Ejaan dan Kosa Kata

Arti Kata Esthetic Adalah… | Kamus Inggris – Indonesia – Sedang Viral

Saat mengerjakan bagian tertulis dari tes IELTS, sangat penting untuk meninjau kembali ejaan kamu. Kesalahan IELTS yang paling umum ialah ejaan dan itu merupakan salah satu yang termudah untuk dihindari, hanya dengan meninjau kembali. Jika kamu tidak yakin dengan ejaan kata yang benar, sebaiknya hindari untuk menggunakannya. Sebaiknya gunakan sinonim, karena sangat penting untuk mengingat banyak kata dalam bahasa inggris, dieja dengan cara yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda.

Dengan kesalahan ejaan, akan muncul kosakata yang buruk. Kamu dapat mengembangkan kosakata dengan lebih banyak membaca dan menuliskan kata-kata yang kamu baca karena akan membatu ejaan kamu. Kamu harus memiliki kosakata yang baik agar berhasil dalam bahasa inggris, karena tanpa memiliki kosakata yang baik, kamu akan menghadapi banyak tantangan, baik itu saat membaca isyarat, berbicara kepada orang lain atau mendengarkan.

2. Time Management

Free Vectors, PNGs, Mockups & Backgrounds - rawpixel

Time management adalah salah satu kesalahan IELTS yang paling umum yang dilakukan oleh peserta tes. Mungkin sulit untuk menyelesaikan tes dalam rentang waktu tertentu, oleh karena itu keterampilan manajemen waktu sangat penting saat mengikuti tes IELTS.

Penting untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menjawab setiap pertanyaan. Dengan cara demikian, kamu dapat menjawab setiap pertanyaan dengan kemampuan terbaik yang kamu miliki. Kamu mungkin dapat menggunakan strategi, misalnya, menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat lebih dahulu karena hanya membutuhkan sedikit curah pendapat, karena waktu sangat penting.

3. Salah Pengucapan

Penilai pada tes IELTS akan paham bahwa kamu adalah siswa internasional. Tentu saja, karena tes IELTS merupakan ujian kemahiran berbahasa inggris. Dengan demikian, aksen kamu tidak akan menyebabkan kamu kehilangan poin, bagaimanapun cara kamu mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris.

Kamu harus memastikan bahwa kamu mengucapkan setiap kata dengan lengkap dan jelas. Misalnya, ketika kamu mengucapkan kata 'probably' kamu tidak boleh mengucapkan 'probly'. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berlatih, berlatih dan berlatih, bahkan kamu bisa untuk mengatasinya dengan berlatih bersama penutur asli bahasa inggris.

4. Jawaban Kosong

Berikut tips singkat: Jangan biarkan pertanyaan apapun kosong, karena sangat penting. Jika kamu tidak yakin dengan jawabannya, lebih baik menulis sesuatu daripada tidak sama sekali, karena meski jawabannya salah tetapi kamu akan tetap mendapatkan nilai meskipun jawaban kamu hanya menebak-nebak.

5. Kurang Transisi

Salah satu kesalahan IELTS yang lebih umum dilakukan adalah kurangnya kata-kata transisi. Karena dengan menggunakan kata transisi akan membuat kalimat lancar dan membuat percakapan mengalir. Kata transisi membantu pembaca dan pendengar memahami ide kamu dan menghubungkan dengan kalimat sebelumnya. Kata transisi memastikan ada struktur dari apa yang kamu ucapkan, dan tidak ada celah di antar kalimat. Jadi, kata-kata trasnsisi sangat penting dan berkontribusi pada poin yang lebih tinggi dalam ujian IELTS kamu.

6. Kurang Fokus

How Your Office Affects Your Mental Health and Increases Stress

Fokus adalah kuncinya, terutama dalam hal listening dan speaking. Kamu juga harus berkonsentrasi saat mengikuti ujian. Berfokuslah memberikan respon yang benar. Jangan mencoba menghafal pertanyaan dan jawaban ketika kamu sedang mempersiapkan ujian, karena dengan menghafal kamu mungkin akan menghasilkan lebih sedikit poin. Fokus saja pada apa yang dikomunikasikan kepada kamu dan sampaikan informasi yang jelas.

 

Sudah memiliki IELTS dengan skor yang kamu harapkan? Kamu bisa langsung mencari kampus mana yang cocok dengan menghubungi kami disini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published