9 Hal Tentang SMA di Kanada


Sebelum melanjutkan studi College/University di Kanada, banyak siswa internasional yang telah memulainya dari jenjang SMA. Bahkan pendaftaran siswa SMA di kanada telah meningkat 55% pada lima tahun terakhir dan lebih dari 40,000 siswa internasional baru mendaftar untuk tahun ajaran 2018/2019. Bagi siswa yang tertarik untuk mengambil SMA di luar negeri, Kanada adalah pilihan yang sangat baik, lho! Untuk membantu membuat keputusan Anda lebih mudah, berikut adalah sembilan hal yang perlu diketahui tentang sekolah menengah di Kanada:

1. Mengapa Siswa Internasional Harus SMA di Kanada?

Kanada dikenal dengan kualitas hidupnya yang tinggi dan kualitas pendidikannya yang terkenal di dunia. Lebih dari 700.000 siswa internasional belajar di negara ini pada tahun 2018, dan jumlah itu terus meningkat. Siswa internasional sangat dihargai di Kanada, bahkan pemerintah provinsi dan federal berupaya membantu kalian tetap tinggal setelah lulus.

Ruang Kelas yang Modern

Teknologi berkembang dengan cepat, dan para siswa perlu mengikuti tuntutan saat ini ketika bersiap untuk memasuki dunia kerja. Literasi digital sangat penting bagi siswa yang memasuki pendidikan pasca-SMA dan persiapan karier. Sistem pendidikan di Kanada yang didanai dengan baik menjadikan siswa memiliki akses ke teknologi kelas terkini, termasuk tablet, papan tulis interaktif, dan laboratorium informasi.

Peluang Co-Op dan Internship

Penempatan co-op dan magang membantu siswa internasional melengkapi studi dengan pengalaman kerja di dunia nyata. Pilihan peluang ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan kredit sekolah menengah dengan berpartisipasi dalam penempatan kerja. Co-op dan magang adalah kesempatan yang sangat baik bagi siswa untuk mengeksplorasi karier di masa depan, keterampilan praktik, dan mendapatkan pengalaman. Setelah itu, siswa akan siap untuk memasuki pendidikan pasca-SMA atau tenaga kerja dengan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk berkembang.

Staf Exceptional
Guru-guru Kanada memiliki kualifikasi khusus untuk mengajar. Ini berarti siswa dapat mengharapkan konsistensi dalam kualitas pendidikan yang diterima. Guru SMA juga memiliki spesialisasi dalam bidang mereka, dengan mata pelajaran yang mudah dipelajari. Ini memastikan bahwa guru memiliki pengetahuan mendalam tentang mata pelajaran khusus yang diajarkan. Selain guru, SMA Kanada juga memberi dukungan kepada staf dan konselor bimbingan untuk membantu keberhasilan siswa. Konselor bimbingan, misalnya, mereka membantu siswa dalam perjuangan akademis dan membimbing dengan nasihat karier.

Kredensial yang Diakui secara Internasional
Ijazah SMA Kanada diakui dan dihormati oleh Universitas secara global. Banyak SMA yang menawarkan program internasional yang dapat mendukung aplikasi post-secondary school. Misalnya, International Baccalaureate ditawarkan di banyak sekolah di seluruh Kanada. Ijazah ini menggunakan sistem penilaian standar dan kurikulum ketat yang memungkinkan universitas dan perguruan tinggi untuk mengkonversi nilai menjadi sistem lokal mereka dengan sangat cepat.

2. Berapa tahun SMA di Kanada?

Lama studi pendidikan di Kanada itu bervariasi tergantung peraturan masing-masing provinsi. Sebagian besar provinsi menawarkan stusi selama empat tahun, dari kelas 9 hingga 12, ada juga yang mulai di kelas 10.  Berbeda lagi dengan di Quebec, studi dimulai kelas 7 hingga 11. Di Quebec, siswa dapat mendaftar ke perguruan tinggi dengan ijazah kelas 11 tetapi harus menyelesaikan Diploma Studi Perguruan Tinggi. 

Biasanya, siswa akan lulus studi pada usia ke-18. Tahun ajaran Kanada berlangsung dari bulan September hingga Juni dan dibagi menjadi dua semester - September hingga Januari dan Februari hingga Juni.

3. Apakah SMA di Kanada Gratis?

Sekolah menengah umum di Kanada gratis untuk penduduk Kanada, tetapi sebagian besar membebankan biaya sekolah untuk siswa internasional. Biasanya berkisar dari sekitar CAD 8.000 hingga 15.000. Siswa pada umumnya juga bertanggung jawab untuk menyediakan makan siang dan alat tulis, meskipun buku dan bahan lain sering tersedia di sekolah.

4. Apa Proses Penerimaan SMA di Kanada untuk Siswa Internasional?

Persyaratan masuk ke SMA di Kanada lebih ringan daripada persyaratan untuk masuk Universitas. Sekolah meminta nilai kelulusan dengan rata-rata minimal 50%. Dokumen lainnya ialah salinan paspor, sejarah sekolah dari tiga tahun terakhir, formulir aplikasi yang sudah diisi, dan declaration of eligibility.

Pelajar internasional perlu memiliki kemampuan bahasa Inggris tingkat intermediate hingga high level. Jika seorang siswa memiliki tingkat bahasa Inggris yang rendah, mungkin diminta untuk mengambil kursus ESL, dengan biaya tambahan.

5. Mata Pelajaran apa yang Anda ambil di SMA di Kanada?

Setiap provinsi di Kanada menawarkan kurikulum yang relevan dan menarik dengan beragam kursus. Kursus-kursus ini mengajarkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan mempersiapkan diri untuk karier.

Siswa diminta untuk mengambil sejumlah kredit tertentu dalam mata pelajaran inti seperti matematika, sains, dan bahasa Inggris. Mata pelajaran ini ditawarkan di berbagai tingkat, termasuk kursus yang dirancang untuk memenuhi persyaratan penerimaan universitas. Siswa juga dapat mengambil kelas unik untuk memenuhi minat atau spesialisasi tertentu, seperti bisnis, film, dan ilmu sosial.

 

6. Bisakah Siswa SMA Bekerja di Kanada?

Usia minimum untuk bekerja di Kanada bervariasi menurut provinsi tetapi biasanya berusia 14 hingga 15 tahun. Canada Labour Code memperbolehkan orang di bawah 17 tahun untuk bekerja, asalkan tidak bertentangan dengan jam sekolah. Siswa internasional yang belajar di Kanada dengan visa tidak memenuhi syarat untuk bekerja.

7. Apa bedanya SMA di Kanada dengan AS?

Sistem SMA Kanada umumnya sangat mirip dengan AS. Salah satu pembeda utama adalah bahwa sekolah di setiap negara dirancang untuk mendukung aplikasi pasca-sekolah menengah di negara yang sama. Karena itu, SMA AS biasanya akan membantu siswa mempersiapkan ujian SAT, yang tidak diperlukan untuk masuk ke universitas Kanada.

Terminologi mungkin berbeda dari Kanada ke AS. Misalnya, SMA Amerika cenderung menggunakan istilah seperti "freshman," "sophomore," "junior," dan "senior" untuk merujuk ke tingkatan kelas. Sebaliknya, SMA Kanada lebih sering menyebutnya dengan nilai 9, 10, 11, atau 12. 

8. Apa Arti Mempelajari SMA di Kanada untuk Pendidikan Pascasarjana?

Memiliki ijazah SMA Kanada dapat secara signifikan meningkatkan peluang siswa internasional untuk masuk ke pendidikan perguruan tinggi jika dibandingkan dengan ijazah internasional. Ini karena perguruan tinggi dan universitas Kanada dapat mengenali dan dengan cepat mengevaluasi pembelajaran siswa. Untuk siswa internasional yang tertarik untuk mendaftar ke pendidikan pasca-SMA di AS, kredensial SMA Kanada dihargai sebanyak diploma AS. Siswa Kanada bahkan dapat mengikuti kelas Advanced Placement (AP) yang mungkin Anda temukan di SMA Amerika.

Perguruan tinggi AS biasanya memiliki persyaratan pengujian standar untuk penerimaan. Siswa SMA di Kanada dapat menemukan kursus local SAT and ACT Prep dan pusat pengujian yang memungkinkan untuk memenuhi persyaratan ini.

9. Di mana siswa internasional dapat tinggal di Kanada?

SMA Kanada yang menerima siswa internasional akan sering menawarkan program pertukaran, di mana siswa tinggal bersama keluarga angkat di dekat sekolah selama masa studi. Tinggal bersama keluarga angkat adalah kesempatan luar biasa bagi siswa internasional untuk belajar tentang budaya lokal dan melatih bahasa Inggris. Kalian juga memberikan dukungan bagi siswa saat tinggal di luar negeri, sehingga keluarga dapat merasa nyaman mengetahui bahwa kalian dirawat dengan baik. 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published