FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

9 Tips Sebelum Siswa Studi di UK

9 Tips Sebelum Siswa Studi di UK

Apakah kamu seorang siswa internasional yang datang ke Inggris untuk belajar? Kami tahu ini bisa membuat kamu kewalahan, terutama jika baru pertama kali masuk universitas. Studi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa luar negeri adalah sarjana!

Dari visa hingga biaya kuliah, asuransi kesehatan hingga rekening bank, ada banyak hal yang perlu diketahui mahasiswa internasional tentang kehidupan mahasiswa di Inggris. Jadi, kami telah memecahnya dalam panduan step-by-step ini.

Berikut adalah semua hal yang perlu kamu ketahui tentang belajar bahasa di Inggris sebagai siswa Internasional:

1. Rencanakan Keuangan 

Saran pertama kami untuk siswa Internasional adalah memastikan kamu memiliki uang untuk mendanai gelarmu. Pendanaan yang tersedia untukmu tergantung pada darimana kamu berasal didunia dan kapan memulai kuliah.

Sebelumnya, mahasiswa dari Eropa dapat mengakses Student Finance dengan cara yang sama seperti mahasiswa Inggris. Kemudian Brexit terjadi. Selain dalam beberapa kasus terbatas, siswa dari luar UE tidak pernah memenuhi syarat untuk Student Finance di Inggris.

Kamu harus mendanai sendiri gelarmu. Kamu juga harus membayar biaya yang lebih tinggi daripada yang dibayarkan siswa Inggris. Ini bisa berupa apa saja dari £10.000 - £35.000 setahun. Dan jangan lupa, sebagai bagian dari aplikasi visa, kamu harus memberikan bukti bahwa kamu dapat menanggung biaya ini, serta biaya hidup.

 

2. Mengatur student visa 

Sebagai siswa internasional yang datang ke Inggris, mungkin kamu perlu mengajukan permohonan visa, tergantung dari negara mana dirimu berasal.

Jika akan belajar di Inggris selama kurang dari enam bulan, kamu memerlukan Standard Visitor visa. Kamu tidak dapat bekerja di Inggris jika memiliki visa ini, kecuali itu adalah pilihan (penempatan opsional sebagai bagian dari kursus kedokteran, kedokteran gigi atau kedokteran hewan). Jika ingin bekerja selama kamu tinggal, harus mengajukan permohonan visa Pelajar (lebih lanjut tentang ini di bawah).

Kamu juga dapat mengajukan permohonan visa studi short-term jika:

  • Kuliah kamu antara enam dan 11 bulan (tetapi tidak selamanya)
  • Kamu berusia 16 tahun atau lebih
  • Kamu akan belajar kursus bahasa Inggris. Ini berarti kursus di mana kamu akan belajar tentang bahasa Inggris, bukan hanya kursus yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

    Visa Pengunjung Standar berharga £95 dan visa studi short-term berharga £186.

    Visa pelajar

    Jika kuliah kamu berlangsung lebih dari enam bulan (atau kurang dari enam bulan, tetapi ingin bekerja), kamu memerlukan visa Pelajar. Ini telah menggantikan visa pelajar Tier 4. Ini adalah beberapa dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa pelajarmu:

    • Confirmation of Acceptance of Studies (CAS) – Ini adalah nomor referensi 14 digit yang akan diterima dari uni setelah kamu menerima tawaran.
    • Bukti Finansial – Kamu harus membuktikan bahwa memiliki cukup uang untuk membayar biaya kuliah tahun pertama. Selain itu, perlu membuktikan bahwa kamu memiliki £1.023 (£1.334 untuk mereka yang belajar di London) per bulan hingga sembilan bulan untuk menutupi biaya hidupmu. Ini bisa melalui pendanaan sendiri, sponsor resmi atau pinjaman pendidikan.
    • Kemampuan Bahaas Inggris – Kamu harus membuktikan bahwa telah memenuhi tingkat kemahiran bahasa Inggris minimum, biasanya dengan mengikuti Secure English Language Test (SELT).

    Biaya visa Pelajar £348 jika mendaftar dari luar Inggris, atau £475 jika kamu berada di Inggris dan ingin memperpanjang atau beralih ke visa ini.

    Kamu mungkin harus membayar biaya perawatan kesehatan sebagai bagian dari aplikasi visamu. Ini biaya £235 selama enam bulan atau £470 untuk sepanjang tahun, dan memungkinkan untuk menggunakan NHS.

    Jika kamu mengajukan permohonan visa pelajar dari luar Inggris, kamu dapat mengajukan hingga enam bulan sebelum memulai kuliah. Kamu memiliki waktu tiga bulan jika melamar dari dalam Inggris (dan kamu harus mengajukan sebelum visa-mu saat ini kadaluwarsa).

    Kamu bisa mendapatkan tanggapan dalam beberapa minggu, tetapi sebaiknya melamar sesegera mungkin. Lihat situs web pemerintah untuk daftar waktu pemrosesan visa untuk setiap negara.

    3. Bersiaplah untuk kehidupan di Inggris

    Secara budaya, Inggris sangat beragam dan menyambut orang-orang dari seluruh dunia. Semua universitas memiliki banyak mahasiswa internasional, dan sebagian besar memiliki perkumpulan untuk membantumu bertemu orang-orang yang berpikiran sama dan mereka yang berasal dari latar belakang yang sama.

    Kami juga merekomendasikan untuk mencari grup Facebook yang terkait dengan universitasmu. Mereka sering memiliki grup khusus untuk siswa internasional di Inggris, sehinggakamu dapat mendiskusikan pertanyaan apa pun yang dimiliki dan bahkan berteman sebelum kamu tiba.

    Jika tidak sadar, UK dikenal dengan cuacanya yang dingin dan basah. Kemasi banyak pakaian hangat dan mantel tahan air untuk musim dingin, dan jangan berharap musim panas terlalu panas.

    Ini bukan anggaran siswa (atau ramah lingkungan) untuk menyalakan pemanas sepanjang waktu (bahkan dengan trik kami untuk menghemat tagihan energi). Jadi, pakaian hangat sangat penting.

    4. Urutkan akomodasi

    Kamu akan ingin mendapatkan akomodasi diurutkan sebelum mendarat di Inggris. Akomodasi pertama, harus universitasmu sendiri. Mereka umumnya menawarkan jaminan untuk menampung semua siswa yang mendaftar sebelum tanggal tertentu.

    Sebagian besar siswa tinggal di akomodasi uni (disebut 'hall of residence', atau 'halls' pendeknya) atau menyewa kamar dari pemilik pribadi. Tinggal di aula adalah yang terbaik untuk tahun pertama studimu, karena menghilangkan kesulitan mencoba menemukan kamar yang cocok di tempat lain. Beberapa uni memiliki aula khusus untuk mahasiswa internasional untuk membantumu mendapatkan teman dengan mudah.

    Ini adalah katering mandiri (artinya kamu memiliki akses ke dapur bersama untuk memasak makanan sendiri) atau katering (artinya makananmu disediakan di kantin). Jika ingin menghemat uang, layanan mandiri sejauh ini merupakan pilihan yang lebih murah. Kami memiliki banyak resep siswa dan bahkan rencana makan siswa untuk membantumu mengembangkan keterampilan kuliner. Tidak seperti universitas Amerika, sebagian besar kamar di aula dan perumahan pribadi adalah single occupancy. Ini berarti kamu memiliki seluruh ruangan untuk diri sendiri.

    Jika tidak tertarik dengan aula, dan lebih suka melakukan perburuan rumah sendiri, kunjungi direktori agen yang membiarkan siswa untuk menemukan rumah di daerahmu. Kamu juga harus membaca panduan kami untuk melihat rumah siswa, jadi kamu tahu apa yang harus diwaspadai.

    5. Pastikan memiliki asuransi kesehatan

    Siswa internasional perlu membuktikan bahwa mereka memiliki asuransi kesehatan untuk menanggung perawatan kesehatan apa pun yang mereka butuhkan selama berada di Inggris. Jika tidak memilikinya, sesederhana mengajukan permohonan melalui penyedia asuransi kesehatan nasional Indonesia.

    Kamu masih dapat mengakses layanan kesehatan menggunakan EHIC jika kamu adalah warga negara Uni Eropa yang tinggal di Inggris sebelum akhir tahun 2020. Namun, kamuharus mengajukan permohonan ke Skema Penyelesaian UE (EUSS) untuk melindungi hak atas layanan kesehatan gratis di Inggris.

    Jika kamu seorang pelajar dari negara di luar UE, EEA, atau Swiss, harus membayar biaya tambahan kesehatan sebagai bagian dari aplikasi visamu. Ini memberi akses ke NHS selama kamu tinggal di sini. Kamu dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini di sini.

    Periksa juga asuransi kesehatan yang sudah kamu miliki. Ini mungkin melindungimu saat berada di luar negeri. Namun, baik EHIC maupun biaya tambahan kesehatan tidak menanggung biaya atau kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyakit atau cedera. Ini berarti rencana perjalanan yang dibatalkan atau biaya kursus yang hilang tidak ditanggung.

    6. Siapkan rekening bank siswa

    Jika kamu tinggal di Inggris selama lebih dari beberapa bulan, sebaiknya buka rekening bank. Hal ini membuat lebih mudah untuk membayar tagihan dan menyimpan uangmu dengan aman. Ini juga membantu mu menghindari biaya mata uang asing yang akan dibayarkan jika menggunakan rekening bank non-UK untuk membayar barang-barang di Inggris.

    Membuka rekening bank bisa menjadi proses yang panjang, karena bank membutuhkan banyak informasi untuk memverifikasi identitas dan peringkat kredit. Periksa apakah bisa mendapatkan bola dari negara asalmu untuk menghemat waktu. Lihat juga apakah bank kamu saat ini memiliki jaringan ke bank Inggris, karena ini akan membuat prosesnya lebih lancar.

    Rekening bank pelajar adalah pilihan yang bagus, tetapi tidak semua bank menawarkan rekening bank pelajar kepada pelajar internasional. Sebagai gantinya, lihat panduan kami untuk rekening bank pelajar internasional Inggris terbaik. Gunakan daftar kami sebagai titik awal untuk menemukan akun yang cocok untukmu

    Perlu beberapa saat untuk menyiapkan rekening bank, dan sekitar 10 hari sampai kartu debitmu tiba. Jadi, sebaiknya kamu membawa uang untuk menutupi bulan pertama masa tinggal. Kami akan merekomendasikan kartu prabayar untuk ini, karena membawa uang tunai dalam jumlah besar bisa jadi tidak aman.

    7. Cari cara termurah untuk melakukan panggilan internasional

    Jika bertanya-tanya apakah ponselmu saat ini akan berfungsi di Inggris, jawabannya mungkin: ya. Ada dua jenis frekuensi seluler: GSM dan CDMA.

    Inggris beroperasi pada pita GSM yang sama dengan sebagian besar dunia. Tetapi jika kamu berasal dari Jepang atau Amerika Utara/Selatan, ponselmu mungkin tidak berfungsi di Inggris, jadi ini layak untuk diperiksa. Jika ponselmu hanya mendukung CDMA band, ada kemungkinan itu tidak akan berfungsi di Inggris.

    Jika ponselmu tidak berfungsi di sini, mungkin ada baiknya menjualnya secara tunai dan membeli yang baru. Lihat panduan kami untuk membeli ponsel rekondisi untuk penawaran terbaik. Namun, hal terburuk yang dapat kamu lakukan adalah menyimpan kartu SIM saat ini di ponselmu saat belajar di Inggris. 

    Hemat uang menelepon nomor lokal

    Kamu memerlukan kartu SIM baru. Dengan SIM Pay As You Go (PAYG), kamu harus mengisi ulang ponsel dengan pulsa. Ini adalah cara yang baik untuk memantau pengeluaran, tetapi akan membuat frustrasi jika kreditmu habis pada waktu yang tidak tepat.

    Kontrak bulanan seringkali bernilai lebih baik, karena biasanya mendapatkan menit dan teks tanpa batas. Terlebih lagi, kamu bisa mendapatkan kontrak bergulir satu bulan. Ini berarti dapat membatalkan rencana dalam waktu singkat dan pindah ke tempat lain. Lihat panduan kami untuk penawaran khusus SIM terbaik untuk info lebih lanjut. Perhatikan bahwa jika membelinya di rumah,  mungkin kamu harus membuka kunci ponsel sebelum mulai menggunakan kartu SIM baru.

    Untuk menelepon kembali ke rumah

    Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penyedia panggilan internasional berbiaya rendah telah muncul, seperti Lebara, LycaMobile dan RebTel. Atau, kamu dapat menggunakan layanan seperti Zoom, FaceTime, dan WhatsApp untuk melakukan obrolan audio dan video secara gratis. Ingat saja, ini bergantung pada WiFi atau koneksi data.

    8. Cari tahu transportasi umum

    Menggunakan sistem transportasi umum saat pertama kali mendarat di suatu negara bisa menjadi hal yang menakutkan. Jadi, inilah panduan sederhana.

    Perjalanan lokal

    Semua kota memiliki layanan bus lokal, yang seringkali merupakan cara terbaik untuk berkeliling. Cari tahu seberapa jauh kamu akan tinggal dari kampus, dan apakah perlu membeli tiket bus pelajar untuk menghemat uang.

    Kota-kota besar mungkin memiliki sistem kereta bawah tanah, seperti Tube di London atau Metro di Newcastle. Lihat apakah kamu dapat berinvestasi dalam tiket tahunan untuk membantu menekan biaya. Jika cukup percaya diri, bepergian dengan sepeda dapat membantumu menghemat uang sekaligus juga ramah lingkungan.

    perjalanan nasional

    Di Inggris untuk pertama kalinya? mungkin kamu ingin mengunjungi beberapa kota dan pemandangan saat berada di sini. Dua pilihan utamamu adalah coach atau kereta. Kereta api adalah cara tercepat dan ternyaman untuk bepergian ke Inggris. Namun, kamu harus memesan tiket sedini mungkin untuk menghemat uang, lihat panduan kami untuk menghemat tarif kereta.

    Kamu juga ingin membeli Railcard 16–25 atau Railcard 26–30, yang menghemat sepertiga dari semua tarif kereta. Mengingat betapa murahnya mereka, dan betapa mahalnya tiket, kamu dapat menghasilkan uang kembali dalam satu perjalanan. Bus adalah alternatif yang lebih murah daripada kereta api, tetapi bisa memakan waktu dua kali lebih lama. Pilihan utama kami untuk menghemat uang adalah Megabus, dengan perjalanan mulai dari £1 antara kota-kota besar.

    Tetapi jika kamu tidak dapat menemukan titik kedatangan dan keberangkatan yang sesuai, cobalah National Express (jaringan bus terbesar di Inggris). Kami juga memiliki panduan ekstensif tentang cara menghemat perjalanan bus untuk kamu periksa. Bepergian dengan pesawat adalah pilihan untuk jarak yang lebih jauh, tetapi bisa mahal. Lihat daftar trik kami untuk membantumu menghemat penerbangan.

    9. Ketahui jam kamu diizinkan untuk bekerja

    Jika ingin menghasilkan uang sambil belajar, kamu perlu mengetahui pilihan dan hakmu untuk bekerja di Inggris.

    Dengan visa pelajar, kamu akan dapat bekerja hingga 20 jam per minggu sambil belajar. Kamu dapat bekerja penuh waktu selama liburan, serta sebelum dan sesudah kursus dimulai. Tapi sekali lagi, berbeda jika kamu memiliki status menetap di UE. Kamu bebas bekerja selama yang diinginkan dan dapat bekerja selama yang kamu inginkan setelah lulus.

    Namun, kamu tidak boleh mengandalkan pekerjaan paruh waktu sebagai sumber pendapatan utama untuk mendanai biaya hidup di Inggris. Mereka adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keuangan, tetapi tidak mungkin menghasilkan cukup uang untuk hidup. Terlebih lagi, shift panjang dapat mengalihkan perhatianmu dari studi.