Apa itu International Student Identification Card?


Hampir setiap universitas dan perguruan tinggi di Kanada dan Amerika Serikat memiliki beberapa bentuk kartu ID pelajar. Namun, kartu sekolah ini bukan satu-satunya yang tersedia. Kartu Identitas Mahasiswa Internasional (atau ISIC) adalah satu-satunya kartu ID pelajar yang diakui secara internasional. Selain sebagai bukti status pelajar penuh waktu, kartu ISIC memberikan akses ke lebih dari 150.000 diskon di dalam dan luar negeri.

Kedengarannya cukup bagus, bukan? Nah, kehidupan seorang siswa internasional sudah dipenuhi dengan segala macam aplikasi untuk diajukan dan tantangan lainnya. Apakah mendapatkan kartu ISIC sepadan dengan kerumitannya? Hari ini, kita akan melihat semua yang perlu kamu ketahui tentang kartu ISIC sehingga kamu dapat memutuskan sendiri!

Apa itu ISIC?

 

Student ID card

Sumber: Corporate Maldives

Seperti disebutkan di atas, kartu ISIC menawarkan bukti status pelajar penuh waktu dan sejumlah besar diskon pelajar. Assosiasi ISIC, sebuah organisasi nirlaba yang terdaftar secara resmi di Denmark, mengeluarkan kartu tersebut. Asosiasi ISIC membuat kartu tersebut pada tahun 1953, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman antar budaya dan meningkatkan kesempatan pendidikan. Saat ini, kartu ISIC diakui oleh institusi akademik, organisasi mahasiswa, dan pemerintah di 133 negara. Siswa membeli lebih dari 5 juta kartu setiap tahun.

Siapa saja yang akan mendapatkan kartu ISIC?

Untuk memenuhi syarat, kamu harus menjadi siswa penuh waktu di atas usia 12 tahun yang saat ini bersekolah di sekolah, perguruan tinggi, atau universitas. Tidak ada batasan usia atas pada kartu, tetapi kamu perlu membuktikan bahwa kamu adalah siswa penuh waktu. Jika kamu sedang cuti dari studi, kamu perlu menanyakan kepada penerbit ISIC setempat untuk memastikan kamu masih memenuhi syarat.

Diskon apa saja yang akan saya dapatkan dengan ISIC?

Discounts

Kartu Identitas Mahasiswa Internasional dirancang agar sesuai dengan gaya hidup siswa. Siswa dapat menggunakannya untuk menghemat uang dalam kehidupan sehari-hari, serta untuk hiburan, makanan, dan perjalanan.

    Pemegang kartu memiliki akses ke diskon dan keuntungan global berikut:

    • 2.800 Museum dan Situs Budaya
    • 2.400 Hostel dan Hotel Melati
    • 1.200 Maskapai, Bus, Pelatih, Kereta, dan Feri
    • 2.700 Atraksi
    • 21.000 Restoran, Bar, dan Hiburan

    Kamu dapat menemukan daftar lengkap diskon di situs resmi ISIC. Alat pencarian praktis akan memberi tahu Anda diskon mana yang tersedia untuk kamu di wilayah Anda.

    Bagaimana cara mendaftar ISIC?

      Online: Cara termudah untuk mengajukan kartu Anda adalah secara online. Cukup buka situs ISIC, pilih negara kamu, isi formulir, dan unggah semua dokumen yang diperlukan:

      • Foto digital kamu dalam format jpg atau jpeg. Foto paspor adalah yang terbaik, tetapi selfie dengan latar belakang putih atau biru juga diperbolehkan.
      • Salinan pindaian bukti status pelajar penuh waktu kamu, dengan tanggal penerbitan terlihat jelas. Dokumen status pelajar mencakup hal-hal seperti kartu universitas kamu atau surat penerimaan resmi.
      • Salinan pindaian bukti identitas kamu (misalnya paspor atau SIM).
      • Metode pembayaran kamu (pembayaran paypal atau kartu).

      Kunjungi kantor ISIC setempat: Anda juga dapat membeli kartu di kantor penerbit ISIC. Ini berlokasi di seluruh dunia tetapi pastikan untuk memeriksa apakah ada yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Anda harus memberikan semua dokumen yang sama seperti yang tercantum di atas.

      Berapa biaya untuk ISIC?

      Woman doodling a money sign in journal
      Sumber: Lifehack

      Harga dan pilihan bervariasi menurut negara, tetapi berkisar antara $ 4-25 USD. Biaya kartu ditentukan oleh daya beli di masing-masing negara, sebagaimana dihitung oleh Dana Moneter Internasional (IMF), untuk mendapatkan harga yang wajar.

      Detail harga untuk kartu ISIC

      Canada

      • Virtual ISIC card – $20
      • Additional plastic card (requires virtual ISIC) – $5

      USA

      • ISIC with no travel insurance – $20
      • ISIC with Basic travel insurance – $25
      • With Premium travel insurance – $199
      • With Explorer travel insurance – $199

      Berapa lama berlakunya kartu ISIC?

      ISIC berlaku selama satu tahun kalender penuh sejak tanggal penerbitan.

      Happy student working on laptop

      Jika kamu akan segera berangkat untuk bepergian atau belajar di luar negeri, penting bagi kamu untuk memastikan ada cukup waktu untuk mengirimkan kartu kamu sebelum berangkat. Pesanan online dapat memakan waktu 3-4 minggu tergantung pada layanan pos negara kamu. Atau, Anda dapat memesan kartu kamu di negara tujuan kamu. Ingatlah untuk membawa semua dokumen yang diperlukan!

      Sudah siap untuk kuliah ke luar negeri? Hubungi Salak Education Consulting!!!

      0 comments

      • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

      Leave a comment

      Please note, comments must be approved before they are published