Apa yang harus kamu siapkan sebelum pergi ke Kanada?


Ketika kamu sudah memutuskan untuk melanjutkan sekolah atau kuliah ke Kanada, selain kemampuan Bahasa English dan Akademik, banyak sekali perlengkapan yang harus kamu siapkan sebelum berangkat ke Kanada. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan ketika berangkat ke Kanada:

  1. Membawa uang saku

               Ketika kamu pergi keKanada, tentunya kamu perlu membawa uang untuk keperluan berjaga-jaga. Total uang tunai yang bisa kamu bawa ketika tiba di Kanada adalah CAD 10.000. Bawalah beberapa pecahan nominal untuk membeli makanan, dan naik taxi dari bandara. Alternatif lainnya jika kamu merasa tidak nyaman membawa uang terlalu banyak, kamu juga bisa membawa Bank Draft yang nantinya bisa kamu depositkan ke rekening kamu di Kanada. Ketika tiba di Kanada, segeralah membuka rekening bank dengan uang tunai atau Bank Draft yang kamu bawa. Sangat penting untuk membuka rekening bank di Kanada untuk membayar sekolah, apartment, dan belanja sehari-hari. Mayoritas orang di Kanada selalu menggunakan debit card/credit card dibandingkan membawa uang tunai untuk belanja atau transaksi sehari-hari.

  1. Persiapan baju dan obat-obatan

               Bawalah baju secukupnya dari Indonesia. Ketika kamu berangkat ke Kanada, tidak perlu membawa semua baju yang kamu punya dari Indonesia. Seperti contohnya, kamu tidak perlu membeli atau membawa baju hangat (jaket untuk musim dingin atau musim gugur) di Indonesia. Kami sarankan untuk membeli baju hangat di Kanada karena bisa langsung mencoba apakah jaket tersebut cukup hangat dipakai dengan suhu di Kanada. Selain itu, harga jaket di Kanada relative sama dengan harga di Indonesia. Sehingga, kamu punya space lebih banyak di kopermu untuk membawa hal lainnya dari Indonesia. Seperti snack Indonesia, dan obat-obatan.

  1. Pastikan sudah ada tempat tinggal setidaknya untuk sementara

               Pastikan kamu sudah menghubungi Landlord apartment/rumah. Informasikan kepada mereka, kapan kamu akan tiba di Kanada, sehingga mereka sudah menyiapkan segala sesuatu setibanya kamu di Kanada. Jangan lupa untuk mencatat alamat lengkap karena informasi ini dibutuhkan ketika kamu di wawancarai oleh petugas border di Bandara.

  1. Menyiapkan dokumen penting yang perlu dibawa

               Ketika kamu pergi keKanada untuk melanjutkan kuliah, bawalah dokumen yang sekiranya akan dibutuhkan untuk keperluan administrasi kampus:

  • Raport asli ( SMA dan SMP)
  • Transkrip asli nilai universitas
  • Transkrip kopi nilai universitas
  • Rapot yang sudah ditranslate dan legalisir
  • Akta lahir
  • Surat keluarga
  • KTP
  • Surat dari kepolis
  • Toefl/IELTS test result

 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published