Apakah Siswa Internasional Perlu Kuliah Summer Semester?


Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah semester summer tepat untuk kamu? Terkadang tidak selalu jelas apakah harus menghabiskan musim panas dengan membaca buku atau beristirahat sejenak dari perkuliahan. Untuk membantu membuat keputusan ini, berikut adalah beberapa pro dan kontra dari mendaftar di semester summer.

Cons

Less Downtime

Jika kamu seperti siswa lainnya yang ketika memikirkan summer, mungkin berpikir untuk bersantai, melakukan perjalanan, dan bersenang-senang dengan teman-teman. Alih-alih berfokus pada studi, liburan musim panas memungkinkan siswa melupakan pekerjaan rumah, perkuliahan, dan ujian selama beberapa bulan. Namun, jika memilih untuk mendaftar di semester musim panas, kamu akan memiliki sedikit waktu untuk menikmati kegiatan santai. Bgaiamanapun, kamu akan melakukan tiga semester berturut-turut yang dapat meningkatkan kelelahan.

Think about it: Begitu memasuki dunia kerja, kamu mungkin tidak akan mendapatkan liburan musim panas lagi. Jadi, pertimbangkan untuk menikmatinya selagi bisa!

 

Less Variety

Selama tahun ajaran, banyak pilihan kursus yang ditawarkan. Jika tidak ingin mempelajari peradaban kuno, kamu dapat mendaftar di European History! Namun, semester musim panas tidak menawarkan variasi yang sama. Jika kamu tidak yakin untuk mendaftar beberapa kursus musim panas ini, bahwa tidak akan memiliki pilihan yang sama:

  • Kursus
  • Profesor
  • Timeslot

Bahkan kursus pendidikan umum (juga dikenal sebagai pilihan) seringkali merupakan program khusus di musim panas, yang berarti pilihan kamu terbatas. Selain itu, banyak siswa mengambil semester musim panas, sehingga kursus dapat terisi dengan cepat. Kamu harus meneliti, memilih, dan mendaftar untuk kursus lebih awal daripada selama semester musim gugur atau musim semi.

 

Sedikit Waktu untuk Bekerja

Banyak siswa bergantung pada jam full-time working di musim panas untuk menutupi biaya semester musim gugur dan musim semi. Mereka yang mengambil semester musim panas akan memiliki lebih sedikit waktu untuk bekerja part time, dan mungkin menemukan diri mereka berjuang secara finansial selama tahun ajaran. Beberapa tempat kerja bahkan mungkin tidak mempekerjakan kamu untuk musim panas karena ketidakmampuan untuk bekerja pada jam-jam tertentu. 

Jika kamu adalah seorang siswa yang berencana untuk mendapatkan pengalaman kerja di bidang studi kamu, kamu mungkin merasa sulit untuk menemukan atasan yang bersedia bekerja dengan jadwal yang tersebar yang biasanya menyertai kelas semester musim panas. Jadi, jika kamu ingin menyusun resume atau membuat hidup lebih nyaman secara finansial untuk semester mendatang, semester musim panas mungkin bukan pilihan terbaik.

 

Pros

Kuliah yang Lebih Singkat

Sebagian besar siswa memiliki kursus yang tidak ingin mereka ambil, tetapi harus diselesaikan untuk lulus. Karena semester musim panas lebih pendek dibandingkan dengan semester selama tahun ajaran, mungkin pintar untuk mendaftar di kursus yang ditakuti ini selama semester musim panas. Dengan begitu, kamu tidak perlu terlalu lama mempelajari subjek yang tidak disukai. Belum lagi, siswa bisa mendapatkan kredit sambil tetap memiliki sebagian musim panas untuk bekerja, bepergian, atau bersantai.

Catatan: Jangka waktu semester yang lebih pendek tidak berarti materi pelajaran atau waktu pengajaran berkurang. Jadi, harapkan setiap sesi kelas menjadi lebih lama, dan untuk menyelesaikan tujuan kursus yang sama selama semester musim panas seperti yang dilakukan selama tahun ajaran.

 

Meringankan Semester Fall dan Spring 

Apakah kamu ingin meringankan beban studi untuk semester Fall dan Spring? Jika demikian, semester Summer bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Siswa yang mengambil tiga semester berturut-turut akan memiliki lebih sedikit mata kuliah di tahun ajaran berikutnya. Jika studimu hampir selesai dan menemukan bahwa kursus menjadi lebih kompleks, mendaftar di kursus musim panas akan berarti beban kerja yang lebih mudah dikelola di semester yang lain. 

Tip: Mendaftar di semester musim panas adalah ide bagus jika kamu kekurangan kredit dan ingin lulus tepat waktu!

Not sure where you want to study abroad? Read our blogs on how to choose where to study in AustraliaCanada, the United Kingdom, and the United States.

 

Menetapkan Rutinitas

Sepanjang tahun ajaran, sebagian besar siswa akan membangun rutinitas untuk diri mereka sendiri. Rutinitas dapat membantu kamu menjaga momentum dan etos kerja. Sangat mudah untuk keluar dari rutinitas setelah liburan musim panas yang panjang dan kehilangan manfaat psikologis dari memilikinya. Pertimbangkan semester musim panas jika kamu ingin menuai manfaat berikut sepanjang tahun.

Siswa yang memiliki rutinitas akan:

  • Menangani tingkat stres dengan lebih baik.
    • Memiliki rencana dapat membantu kamu merasa lebih mengendalikan hidup, karena akan membuat banyak keputusan sebelumnya. Ini memungkinkan untuk fokus membuat pilihan yang baik untuk keputusan yang tersisa, dan pada akhirnya membantu mengendalikan stres.
  • Tidur lebih baik.
    • Membuat jadwal tidur dan menetapkan rutinitas malam hari dapat membantu kamu untuk merasa lebih istirahat.
  • Lebih bahagia.
    • Memiliki jadwal akan membantu kamu membangun hari-hari dan mengidentifikasi slot waktu yang dapat didedikasikan untuk kegiatan yang menyenangkan dan santai yang memberi kamu kebahagiaan.

Setelah menimbang pro dan kontra yang diuraikan di atas, kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apakah semester musim panas tepat untuk Anda!

Mulailah mewujudkan impian studi kamu di luar negeri! 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published