Bagaimana Kekuatan Musik Bisa Membuat Penghilang Stres?


The Power of Music: How to Use Music for Stress Relief - ApplyBoard

Musik adalah sesuatu yang disukai oleh banyak orang. Musik berada di mana pun, baik di toko, restoran, mobil atau di tempat lain. Musik selalu mengelilingi kita kemanapun kita pergi. Tidak banyak orang yang tahu, bahwa musik memiliki manfaat kesehatan untuk mental yang luar biasa. Musik juga dapat di gunakan sebagai alat yang ampuh untuk membangkitkan motivasi dan fokus, meningkatkan memori, dan bahkan untuk mengelola stres.

Stres dan Cemas

 

Kemungkinan besar kamu pernah mengalami stres dan Anxiety /kecemasan. Stres adalah reaksi tubuh terhadap tuntutan apa pun yang ditempatkan pada otak atau tubuh fisik. Sedangkan Anxiety/Kecemasan adalah perasaan khawatir atau gelisah, dan bisa menjadi reaksi terhadap stres. Namun kedua emosi tersebut belum tentu dapat berakibat buruk. Faktanya, stres dan kecemasan bisa dijadikan motivasi untuk mengatasi tantangan tertentu seperti mendorong diri sendiri untuk belajar saat akan menghadapi ujian yang akan datang. Tetapi, jika terlalu banyak stres dan mengalami kecemasan dapat memberikan tekanan negatif pada kehidupan sehari-hari. Jika kamu mengalami hal demikian, maka penting untuk menemukan cara untuk mengatasinya.

Pengaruh Musik pada Emosi

 

Musik memiliki kemampuan untuk memicu emosi yang berbeda. Banyak artis membuat lagu berdasarkan pengalaman dan emosi pribadi, sehingga ketika kamu mendengarkan nya kamu dapat merasakan emosi yang sama. Beberapa lagu ceria pun dapat memicu perasaan gembira, dan musik yang lambat dan tenang juga dapat menyebabkan perasaan sedih atau rileks. Selain itu, mungkin kamu memiliki lagu-lagu yang membuat kamu bernostalgia atau bahkan marah, hal tersebut membuktikan bahwa musik memiliki kekuatan yang luar biasa yang dapat memengaruhi suasana hati kamu.

Cara Menggunakan Musik untuk Menghilangkan Stres

 

Ada banyak cara berbeda untuk mengatasi stres dan kecemasan, salah satu nya dengan menggunakan musik. Berikut beberapa daftar kecil tentang berbagai cara untuk memasukkan musik untuk menghilangkan stres ke dalam rutinitas harian kamu.

♪ Buat sendiri musik mu

 

Jika kamu menyukai musik, mengapa kamu tidak membuat irama atau menulis lirik kamu sendiri? Mungkin hal tersebut bukan sesuatu yang kamu sukai. Tetapi jika kamu tahu cara memainkan alat musik, maka cobalah untuk memperlajari cara memainkan beberapa lagu favorit kamu. Kamu akan merasa senang karena dengan musik kamu dapat mengalihkan pikiran kamu dari berbagai hal dan memusatkan perhatian hanya pada satu hal. Mendengarkan atau menciptakan musik juga dapat menenangkan. Apa pun cara yang kamu pilih untuk menggunakan musik untuk mengahilangkan stres.

♪ Saat belajar atau bekerja

 

Dengan musik, kamu akan mudah teralihkan oleh hal-hal disekitar kamu baik saat kamu berada di ruang publik atau di kamar tidur. Kamu juga dapat memanfaatkan musik ketika belajar atau bekerja. Agar kamu tidak terlalu banyak memikirkan tugas dan ujian, kamu bisa menggunakan musik untuk menghilangkan stres dengan membuat daftar lagu favorit kamu, kamu juga bisa mendengarkan musik tanpa lirik.

♪ Rapikan Rumah Kamu

 

Dengan membersihkan ruangan disekitar kamu, baik itu meja, kamar atau seluruh rumah seringkali membantu mengurangi stres. Namun tetap saja, membersihkan pekerjaan rumah membutuhkan energi. Jika kamu menyalakan musik ceria dan energik, sebenarnya energi kamu akan meningkat. Mendengarkan musik yang bagus saat membersihkan rumah, itu akan mengurangi perasaan stres.

♪ Setiap Rutinitas Pagi Kamu

 

Saat kamu bangun di pagi hari, yang benar-benar ingin kamu lakukan hanyalah kembali ke tempat tidur. Tetapi cobalah sesuatu yang menyenangkan di pagi hari, seperti mendengarkan musik pop yang dapat membuat kamu ingin ikut bernyanyi, atau musik akustik dan jazz agar kamu tenang dan bekerja dengan nyaman. Hal tersebut merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres.

 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published