Bagaimana Menulis Statement of Purpose untuk Visa Studi UK


 

Saat kamu bersiap untuk belajar di luar negeri di Inggris, jangan meremehkan pentingnya menulis pernyataan tujuan, atau SOP-mu! SOP kamu memberi tahu institusi akademik bahwa kamu melamar siapa dirimu, dan apa yang membuatmu menonjol dari siswa lain.

Sudah lama, atau baru pertama kali menulis SOP? Tidak perlu khawatir! Kami membantumu. Teruslah membaca untuk mempelajari cara menulis SOP-mu.

 

asisten menteri keuangan di jepang menganalisis situasi keuangan - statement of purpose potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hal-hal yang Harus Disertakan dalam Pernyataan Tujuanmu

Pernyataan tujuanmu harus menggunakan pengalaman unik untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa kamu akan menjadi tambahan positif untuk kursus yang dilamar. Menjawab pertanyaan, seperti di bawah ini, dapat membantu membangun struktur SOP-mu:

  • Kamu siapa?
  • Mengapa kamu kandidat yang baik untuk kursus ini?
  • Mengapa kamu mendaftar untuk kursus khusus ini?
  • Mau dibawa kemana pendidikanmu?
  • Bagaimana pengalaman dan pendidikan masa lalumu akan membantumu sukses?
  • Mengapa kamu memilih lembaga ini, khususnya?

Gunakan kesempatan ini untuk menjadi kreatif, dan mendalami pengalamanmu! Lakukan yang terbaik untuk menghindari pernyataan yang terlalu umum atau klise.

Apa pun yang dilakukan, jangan menyalin SOP orang lain. Kamu akan berisiko ditolak visa pelajar Inggrismu jika tim penerimaan mencurigai telah menyalinnya.

 

konsep komunikasi pendidikan - tips to consider ilustrasi stok

Tips untuk Dipertimbangkan

Sekarang setelah mengetahui apa yang harus disertakan dalam pernyataan tujuanmu, berikut adalah beberapa tip penting untuk dipertimbangkan sebelum kamu mulai menulis:

  • Hindari menyalin karya atau pengalaman orang lain
    • Menjiplak tidak layak. Selain itu, pengalamanmu sendiri adalah satu-satunya!
  • Sebutkan rencana pulang
    • Patuhi aturan dan peraturan visa, dan jangan sebutkan rencana apa pun yang mungkin kamu miliki untuk tinggal di Inggris setelah menyelesaikan kursusmu.
  • Beri diri Anda cukup waktu untuk menulis dan mengedit SOP-mu
    • Jangan mulai pada menit terakhir! Merevisi SOP-mu dapat membantu memastikan bahwa ejaan dan tata bahasanya benar dan esai kamu mudah dibaca dan dipahami.

Contoh pengantar SOP dapat terlihat seperti ini:

“My name is ___, and I’m applying to the Mechanical Engineering course at ___ University. I know I’ll be a great candidate for this course because of ___ and ___. I want to study in the United Kingdom, and specifically at ___ University, because of ___ and ___. After graduating with my degree, I plan to use my experiences to ___ and advance my career back home.”

Ini adalah contoh yang sangat umum saja, bukan template. SOP-mu sendiri harus unik, jauh lebih detail, dan spesifik untuk pengalamanmu.

 

pengusaha muda asia yang bekerja di luar rumah - writing potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menulis Statement of Purpose

1. Mulailah dengan Garis Besar

Pertama, tanyakan pada dirimu pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • “Mengapa saya ingin belajar di Inggris?”
  • “Mengapa saya ingin belajar di program studi dan institusi pilihan saya?”
  • “Pengalaman atau prasyarat apa yang saya miliki yang akan membantu saya dalam kursus ini?”
  • “Apa yang akan saya peroleh, setelah saya kembali ke rumah setelah belajar di Inggris?”

Setelah menjawab semua pertanyaan ini, cobalah untuk fokus pada alasan akademis atau pribadi untuk jawabanmu. Sebaiknya sertakan pengalaman pendidikan, pekerjaan, dan pengalaman pribadimu yang paling berharga, baik itu di masa lalu atau yang lebih baru.

Tip: Jika ingin SOP-mu menonjol dari yang lain, ada baiknya untuk memasukkan elemen cerita ke dalam esaimu. Pilih satu atau dua contoh kuat untuk fokus, dan libatkan pembaca kamu dengan detail spesifik tentang bagaimana perasaanmu dan bagaimana pengalaman itu memberi tahu tujuan pembelajaran dan karier saat ini.

2. Tulis Draf

Saatnya menyusun! Setelah membuat garis besar, mulailah menulis esai yang mencakup:

  • Sebuah paragraf pengantar. Ini memberitahu institusi tentang siapa kamu dan latar belakang spesifikmu.
  • Paragraf tubuh. Setiap paragraf isi harus menguraikan satu titik sentral. Buat daftar pengalamanmu, dalam urutan kronologis.
  • Kesimpulan. Ini adalah ringkasan singkat dari semua informasi yang disajikan dalam SOP-mu. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk berterima kasih kepada orang yang membaca aplikasimu!

Jauhkan sebagian besar jumlah kata dalam paragraf tubuhmu. Pendahuluan dan kesimpulan seringkali dimaksudkan untuk menjadi pendek dan manis. Juga, tanyakan kepada institusimu untuk mengonfirmasi jumlah kata SOP pilihan mereka.

Tip: Tulis SOP-mu dengan suara aktif. Melakukannya membuat kalimatmu mudah dimengerti, dan tulisan kamu jelas bagi pembaca.

3. Sertakan Dokumentasi Pendukung

Ingin SOP-mu benar-benar menonjol? Kembali ke pengalaman yang didaftarkan, dan untuk setiap pengalaman yang disertakan, sertakan dokumentasi pendukung. Melakukannya menunjukkan kepada institusi akademik bahwa kamu memiliki bukti klaim, dan bahwa riwayat pendidikanmu akurat.

Tidak tahu harus mulai dari mana? Jika kamu telah menulis tentang pencapaian apa pun, tambahkan dengan penghargaan atau sertifikat apa pun. Untuk informasi lebih lanjut tentang karirmu, sertakan resume dengan riwayat pekerjaan terkini. Memasukkan dokumentasi dukungan keuangan selalu merupakan ide bagus, serta dokumen medis untuk menjelaskan kesenjangan studi apa pun.

4. Saatnya Mengedit

Kamu akhirnya mencapai akhir kesimpulanmu dan dengan senang hati menghela nafas lega. Kamu sudah selesai!

Namun sebelum bermain video game atau pergi ke pesta malam bersama teman-teman, tundalah sejenak. Kamu belum selesai. Kamu lihat, mengedit adalah langkah yang penting, jika bukan yang paling penting. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat:

  • Pastikan semua yang ada dalam esaimu benar, terdaftar secara kronologis, dan menyertakan dokumentasi pendukung jika diperlukan.
  • Bacalah dengan keras untuk memastikan kedengarannya bagus dan masuk akal. Ini benar-benar membantu!
  • Mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk memberimu umpan balik yang jujur.
Mengedit pekerjaanmu adalah kunci dari SOP yang mengesankan! Kesalahan yang diabaikan dapat disalahartikan atau terlihat ceroboh. Luangkan cukup waktu untuk mengedit SOP untuk memastikanmu tercakup!

Rincian langkah demi langkah kami dapat membantu membuat penulisan SOP sedikit kurang menakutkan. Ikuti panduan kami, dan kamu akan siap untuk menulis SOP yang luar biasa. Semoga berhasil!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published