Cara Membuka Rekening Bank di USA Sebagai Siswa Internasional


Jika kamu seorang siswa internasional yang berencana untuk belajar di Amerika Serikat tetapi tidak mengetahui tentang cara membuka rekening bank. Mungkin ada banyak dokumen yang terlibat dalam belajar di luar negeri, tetapi salah satu hal utama yang harus dilakukan adalah membuka rekening bank di negara tujuan studi luar negeri. Mengelola keuangan dengan rekening bank asing saat berada di Amerika Serikat dapat merepotkan dan dapat bertambah seiring waktu, karena banyak bank membebankan biaya transaksi luar negeri dan anjungan tunai mandiri (ATM). Meskipun membuka rekening bank di AS mungkin tampak tidak mudah, artikel kali ini hadir untuk menunjukkan betapa sederhananya prosesnya.

 

Step 1: Siapkan Dokumen 

Sebelum memilih bank, kami sarankan untuk kamu memastikan memiliki dokumen yang tepat. Siswa internasional umumnya memerlukan dokumen-dokumen berikut untuk membuka rekening bank AS:

  • Student visa
  • Passport
  • Bukti pendaftaran universitas
  • ID lain (seperti SIM atau student card)

Sebagian besar bank akan memiliki daftar di situs web mereka tentang dokumen yang diperlukan siswa internasional untuk membuka rekening bank. Pastikan untuk memeriksa ulang secara online atau melalui telepon bahwa kamu memiliki semua yang dibutuhkan sebelum datang ke bank.

 

 

Step 2: Pilih Bank

Sebagai siswa internasional yang belajar di AS, kamu memiliki banyak pilihan untuk membuka rekening bank. Beberapa perbankan menawarkan rencana yang bagus untuk siswa. Paket ini memenuhi kebutuhan khusus siswa dan membantu kamu mendapatkan hasil maksimal. Berikut ini adalah daftar beberapa bank populer di AS dan paket yang mereka tawarkan untuk siswa:

Sebelum memilih bank, kamu harus melakukan penelitian sendiri untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan keuangan pribadi kamu. Setelah memilih bank, kamu mungkin harus membayar biaya untuk membuka rekening. Jumlah biaya ini akan dicantumkan di situs web bank dan akan bervariasi. Jika kamu tidak dapat menemukan informasi yang dicari di situs web bank, jangan ragu untuk berbicara dengan perwakilan bank, yang dapat membantu menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki.

 

 

Step 3: Pilih Jenis Rekening

Setelah memilih bank, saatnya memilih jenis rekening. Saat belajar di AS, ada dua jenis rekening bank: rekening giro (checking account) dan rekening tabungan (savings account).

Rekening giro dapat kamu gunakan untuk menarik, mengirim, dan menyetor uang di bank brick-and-mortir, bank online, atau credit union. Rekening tabungan, seperti namanya, dirancang untuk menyimpan uang dan kamu mungkin memperoleh bunga yang lebih tinggi. Jika kamu hanya berencana untuk membuka satu rekening, pastikan itu adalah rekening giro. Sebagai mahasiswa, itu akan mencakup sebagian besar kebutuhan keuangan kamu. Namun, banyak yang memilih rekening giro dan tabungan, jadi jangan merasa terbatas hanya pada satu.

Penting untuk dicatat bahwa beberapa bank hanya mengizinkan siswa untuk membuka rekening dengan visa pelajar tertentu, F1 Visa (academic studies)J1 Visa (practical training), atau M1 Visa (vocational studies). Sebelum memutuskan jenis rekening, periksa persyaratan bank kamu.

 

 

Step 4: Cara Menggunakan Rekening Bank Pelajar

Setelah memutuskan bank dan mendaftar untuk sebuah rekening, kamu akan diberikan kartu debit. Kemudian akan diberikan nomer PIN, yang digunakan untuk mengakses akun melalui ATM. Untuk melindungi diri dari akses tidak sah ke akun kamu, sangat penting untuk tidak membagikan nomor ini kepada siapa pun.

Sebagian besar bank mengizinkan pelanggan mereka untuk memanfaatkan perbankan online melalui browser web dan aplikasi. Sementara sebagian besar lembaga keuangan buka Senin sampai Jumat selama jam kerja dan untuk waktu yang terbatas pada akhir pekan dan malam hari, banyak yang mengandalkan perbankan online untuk kenyamanan yang ditawarkannya. Perbankan online memungkinkan kamu untuk:

  • Akses akun dan layanan bank 24/7
  • Bayar tagihan
  • Transfer uang dari satu akun ke akun lainnya
  • Periksa saldo akun 
  • Kirim e-transfer
  • Cek rekening koran

Penting untuk berhati-hati. Saat melakukan perbankan online, pastikan terhubung ke jaringan WiFi yang aman, informasi pribadi kamu tidak terlihat oleh siapa pun, dan log out setelah selesai. Mengikuti tindakan pencegahan sederhana ini akan membantu mengurangi risiko saat melakukan perbankan online.

Membuka rekening bank di AS adalah cara sederhana dan bagus bagi pelajar internasional untuk menghindari biaya transaksi luar negeri dan dengan mudah mengakses uang saat belajar di luar negeri.

Siap untuk memulai perjalanan studi kamu di USA? Explore kampusnya, disini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published