GRE VS GMAT, Apa Perbedaannya?


Apakah kamu berencana untuk belajar di luar negeri sebagai mahasiswa internasional pascasarjana? Saat melamar, mungkin kamu diminta untuk menyerahkan nilai tes standar. Dua pilihan yang paling populer adalah Graduate Record Examination (GRE) dan Graduate Management Admissions Test (GMAT). Kedua tes ini mengukur seberapa baik pelamar akan melakukannya di program studi lanjutan. Mereka sangat populer untuk program pascasarjana dalam bisnis dan manajemen, tetapi aplikasi program lain dapat meminta skor dari satu atau yang lain.

Kami akan melihat seperti apa masing-masing tes ini, dan kapan kamu ingin melakukannya, di bawah ini.

Graduate Record Examination (GRE)

GRE adalah tes standar yang mengukur kesiapan siswa untuk sekolah pascasarjana atau sekolah bisnis. Saat mengambil GRE, kamu dapat memilih antara mengikuti Tes Umum dan Tes Subjek. Mana yang tepat untukmu? Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

GRE General Test

Tes Umum GRE tersedia sebagai tes berbasis kertas di pusat pengujian, atau sebagai tes berbasis komputer di rumah. Itu terlihat padamu:

  • Kemampuan berpikir kritis
  • Penalaran verbal
  • Penalaran kuantitatif
  • Keterampilan menulis analitis

GRE menilai seberapa baik kamu menganalisis data, memecahkan pertanyaan aritmatika dasar, aljabar, dan geometri, dan menulis dengan kosakata tingkat perguruan tinggi. GRE General bersifat adaptif, yang berarti seberapa baik kamu mengerjakan pertanyaan awal akan memengaruhi seberapa sulit pertanyaan selanjutnya.

Melakukan dengan baik di GRE dapat memiliki manfaat lain: survei Kaplan tahun 2014 menemukan 66% petugas penerimaan sekolah pascasarjana setuju bahwa itu dapat membantu mahasiswa master dan doktoral menerima beasiswa atau posisi asisten pengajar.

GRE Subject Test

Tes Subjek GRE dimaksudkan untuk siswa dengan latar belakang yang luas atau jurusan sarjana dalam disiplin STEM tertentu. Siswa memiliki waktu hingga dua jam dan 50 menit untuk menyelesaikan tes. Semua Tes Subjek GRE berbasis kertas, dan ditawarkan hingga tiga kali setiap tahun pada bulan September, Oktober, dan/atau April. Waktu pengujian bervariasi, jadi hubungi pusat tes terdekatmu lebih awal untuk memesan tempat duduk kamu!

Tes mata pelajaran dapat ditulis untuk mata pelajaran berikut:

  • Kimia
  • Fisika
  • Matematika
  • Psikologi

Mengikuti Tes Subjek GRE dapat membantumu menonjol dari kandidat pascasarjana lainnya saat mendaftar ke program kompetitif. Ingin tahu bagaimana struktur tesnya, dan bagaimana cara berlatihnya? Dapatkan detail lebih lanjut dan coba latihan soal di halaman Konten & Struktur Tes Subjek GRE.

GRE Scoring

Ada dua bagian untuk skor GRE. Pertama, skor tes mentahmu (berapa banyak pertanyaan yang kamu jawab dengan benar) diubah menjadi skor skala. Ingat bagaimana kami mencatat di atas bagaimana GRE adaptif? Proses penskalaan ini adalah di mana sedikit perbedaan dalam kesulitan tes diseimbangkan. Skor skala umumnya antara 130 dan 170 untuk GRE General. Untuk tes Mata Pelajaran GRE, kisaran yang biasa adalah antara 320 dan 990. Bagian lain dari skor Anda adalah peringkat persentil kamu, yang memberi tahu sekolah targetmu seberapa baik melakukannya dibandingkan dengan peserta tes lainnya.

Graduate Management Admission Test (GMAT)

GMAT adalah tes standar untuk pelamar Magister Administrasi Bisnis (MBA). Ini mengevaluasi keterampilan seperti pemecahan masalah, logika, penalaran kritis, dan menulis; semua keterampilan yang berkontribusi pada kesuksesan kamu dalam program bisnis. Seperti GRE General, GMAT bersifat adaptif, sehingga memilih pertanyaan masa depan berdasarkan bagaimana kamu melakukannya di awal tes. Ini membantu mengukur kemampuan setiap peserta tes dengan lebih tepat.

Beberapa sekolah bisnis juga menerima skor GRE, tetapi jika ksmu mempertimbangkan masa depan sebagai konsultan, atau dalam manajemen atau logistik, GMAT kemungkinan lebih cocok. Sekolah bisnis melihat skor GMAT sebagai ukuran seberapa baik siswa MBA di masa depan akan melakukannya. Seperti yang dicatat Vineet Chhabra di Dewan Penerimaan Manajemen Pascasarjana:

Ini bukan hanya tentang mengetahui hal-hal; ini tentang apa yang dapat ksmu lakukan dengan pengetahuan dan bagaimana dirimu dapat menerapkannya dengan bijaksana selama sekolah bisnis. [GMAT] mendekati apa yang dilakukan pebisnis setiap hari.

Kamu dapat mengambil GMAT online atau di komputer di pusat tes GMAT. Siswa memiliki waktu hingga 3 jam dan 7 menit untuk menyelesaikan tes. Empat bagian GMAT menguji keterampilan berikut:

  • Penalaran Terintegrasi: analisis data dan interpretasi informasi
  • Penalaran Kuantitatif: literasi numerik dan matematika
  • Penalaran Verbal: mengedit dan membaca pemahaman

GMAT Scoring

Peserta tes menerima lima nilai. Ini termasuk skor bagian untuk masing-masing dari empat bagian di atas, ditambah skor total. Administrator GMAT mendasarkan skor total pada seberapa baik kamu melakukannya pada bagian verbal dan kuantitatif. Total skor GMAT berkisar antara 200-800, dan dilaporkan dalam interval 10 poin (310, 320, 330…). Dua pertiga peserta tes mendapat skor antara 400 dan 800.

Setiap skor kamu juga menyertakan peringkat persentil, yang memberi tahu seberapa baik skor dibandingkan dengan yang lain. (Dapat nilai 80? kamu melakukan lebih baik dari 80% siswa, dan 20% melakukannya dengan baik atau lebih baik darimu.) Perhatikan bahwa karena skor tes GMAT berlaku selama beberapa tahun, persentil dapat berubah seiring waktu, karena peringkat dihitung ulang setiap tahun.

Baik Anda memilih GRE atau GMAT, kami sarankan untuk mengikuti tes penerimaan 12 hingga 15 bulan sebelum tanggal masuk program yang kamu pilih. Tanggal tes yang lebih awal memudahkanmu untuk mengulang tes jika perlu, terutama jika itu adalah ujian Mata Pelajaran GRE. Baik GRE dan GMAT dapat diambil kembali, tetapi setiap upaya memerlukan biaya ujian. Saat kamu bersiap, gunakan tes dan sumber latihan online gratis sehingga dapat mengikuti ujian dengan percaya diri!

Tes ini hanyalah salah satu komponen dari aplikasimu. Perguruan tinggi dan universitas juga akan mempertimbangkan kinerja akademik dan pengalaman kerjamu sebelumnya. Namun, teliti setiap program yang dilamar sehingga kamu dapat memahami prioritasnya. Beberapa program mungkin lebih memperhatikan skor spesifik dalam hasil keseluruhan, jadi kamu akan tahu di mana perlu memusatkan perhatian ekstra. Program yang lebih kompetitif mungkin menimbang semua skor secara setara, membuat setiap angka diperhitungkan.

Sekarang setelah kamu tahu apa yang diharapkan, inilah saatnya untuk menyelesaikan ujianmu. Semoga berhasil!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published