IELTS Reading: 10 Tips Belajar untuk Membantu Meningkatkan Skor Anda


Reading section adalah bagian kedua dari tes IELTS dan dikerjakan segera setelah bagian Listening. Kamu akan memiliki waktu 60 menit untuk membaca tiga bagian panjang dan menjawab 40 pertanyaan. Kedengarannya cukup mudah, bukan?

Nah, itu lebih sulit dari kedengarannya!

Kesulitan bagian Reading berasal dari keharusan memahami teks dalam jumlah besar dan menjawab pertanyaan secara akurat tentang apa yang kamu baca dalam waktu singkat. Ini terutama berlaku untuk Academic-Reading, karena kamu akan diberikan teks yang lebih sulit. Hari ini, kami membagikan 10 kiat penting belajar untuk membantu kamu mendapatkan skor tinggi di bagian Reading IELTS!

 

Bacalah Teks Bahasa Inggris yang Berbeda Sebanyak Mungkin

man reading book on beach near lake during daytime

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan membaca kamu adalah… yah, baca! Cobalah dan tunjukkan diri kamu pada sebanyak mungkin bahan bacaan bahasa Inggris - buku, artikel surat kabar, publikasi online, materi akademis, bahkan media sosial. Dipaparkan pada berbagai konten tertulis akan membantu meningkatkan keterampilan membaca dan memperluas kosakatamu.

Kecepatan membaca kamu juga akan meningkat, yang akan memberi kamu keunggulan saat mengikuti tes yang sebenarnya. Ingat, waktu kamu akan terbatas, jadi kemampuan membaca pertanyaan dengan cepat akan menghemat detik-detik berharga dalam ujian!

person holding book sitting on brown surface

… Tapi Jangan Jadikan Ini Satu-Satunya Taktik Belajar

Menjadi pembaca yang rajin itu bagus. Sayangnya, membaca banyak buku hanya membantu mempersiapkan kamu untuk tes IELTS. Bagian Reading disiapkan untuk menguji kemampuan identifikasi informasi penting dalam ujian. Jadi, kecuali kamu menganalisis dengan cermat semua yang Kamu baca, Kamu tidak akan sepenuhnya siap untuk bagian membaca.

Salah satu latihan yang bermanfaat adalah membuat pertanyaan untuk diri sendiri. Temukan artikel yang menarik minat dan bacalah. Saat melakukannya, catatlah apa yang menurut kamu merupakan informasi paling penting. Setelah itu, tanyakan satu atau dua pertanyaan (dalam format membaca IELTS!) tentang artikel yang dibaca. Ini akan membantu dalam pola pikir yang akan mengarah pada kesuksesan.

 

man sitting on chair while using laptop on his lap near sofa inside room 

Pelajari Kata Tak Dikenal

Saat kamu membaca teks yang berbeda, biasakan untuk menyorot kata atau frasa yang membingungkan. Kemudian pastikan untuk mempelajari apa artinya. Ini akan membantu menghindari tersandung kata yang tidak dikenali selama tes sebenarnya.

 

woman reading book

Cobalah Membaca Pertanyaannya Terlebih Dahulu

Sebelum membaca petikan-petikan di bagian Reading, lihat dulu pertanyaannya. Karena secara langsung berhubungan dengan bagian-bagiannya, mengetahui pertanyaan-pertanyaan sebelumnya akan membantu kamu mengetahui apa yang harus diperhatikan saat kamu membaca.

Setelah membaca bagian tersebut untuk pertama kalinya, kembalilah ke pertanyaan dan bacalah kembali. Ini akan membantu kamu menentukan bagian mana yang perlu diperhatikan dengan cermat.

 

Read More

Ingat, Jumlah Ejaan!

Jika jawaban kamu salah dieja, itu akan ditandai salah. Tetapi jangan kehilangan poin untuk jawaban yang salah, jadi jika kamu benar-benar tidak yakin bagaimana mengeja kata tertentu, tetap berikan yang terbaik. Kamu mungkin bisa melakukannya dengan benar!

 

woman whispering on woman's ear while hands on lips

Waspadai Jebakan

Seperti disebutkan di atas, bagian Reading adalah tentang membaca teks dan menemukan informasi paling penting. Seperti 'menemukan jarum di tumpukan jerami'. Katakanlah kamu telah mengikuti saran kami dan membaca pertanyaan sebelum membaca teks. Kamu kemudian melihat sebuah kata dalam teks yang dilihat di salah satu pertanyaan. Itu pasti jawabannya, bukan?

Bagian Reading disiapkan untuk menguji pemahaman bacaan dan bagian dari ini berarti memastikan bahwa kamu memperhatikan semua tulisannya. Beberapa pertanyaan dirancang untuk menyesatkan, agar kamu berpikir bahwa mereka memiliki jawaban yang jelas. Selalu baca ulang jawabanmu untuk memastikan pertanyaan apa yang ditanyakan. Jangan jatuh ke dalam jebakan!

 

white printer paper and assorted-color markers

Labelling Diagram

Selama tes Reading, kamu mungkin diminta memberi label pada diagram. Kamu akan menemukan kata-kata yang kamu butuhkan dalam teks. Seperti disebutkan di atas, ejaan itu penting, jadi pastikan untuk menyalin kata apa pun yang dibutuhkan dengan akurat.

 

white book page on top of table

Sorot Informasi Penting

Bagian Reading memintamu memproses banyak informasi dalam waktu singkat. Untuk membuat segalanya lebih mudah bagi kamu sendiri, lakukan garis bawahi, lingkari kata dan kalimat penting yang kamu butuhkan.

 

person clicking Apple Watch smartwatch

Bagilah Waktu Kamu Secara Merata 

Tes Reading meminta kamu menjawab pertanyaan tentang tiga bagian yang berbeda. Rekomendasinya adalah menghabiskan 20 menit untuk setiap bagian dan itu sangat masuk akal. 20 menit mungkin bukan waktu yang banyak untuk dicurahkan untuk satu bagian, tetapi ingat: Kamu hanya memiliki satu jam untuk menyelesaikan bagian Reading.

Dengan membagi waktu Kamu secara merata di antara ketiga bagian, kamu akan memberi diri kamu peluang terbaik untuk sukses secara keseluruhan. Ingatlah untuk tetap memperhatikan waktu, karena tidak ingin menghabiskan hanya 10 menit untuk dihabiskan pada bagian ketiga!

 

Beberapa Tips Lain yang Perlu Diingat:

  • Kamu tidak akan kehilangan poin untuk jawaban yang salah - jadi jangan pernah meninggalkan ruang kosong!
  • Buatlah catatan di kertas pertanyaan, tetapi ingatlah bahwa hanya lembar jawaban kamu yang akan ditandai.
  • Kamu akan menulis dengan pensil, jadi ingatlah untuk membawa penghapus.
  • Untuk pertanyaan Benar / Salah, kamu dapat menulis “T” (true) atau “F” (false), bukan Benar atau Salah.
  • Pertanyaan tidak selalu linier.

Kami harap tips ini bermanfaat bagi kamu dan semoga sukses di bagian IELTS Reading!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published