FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

IELTS Speaking: 10 Tips untuk Membantu Meningkatkan Skor Anda

IELTS Speaking: 10 Tips untuk Membantu Meningkatkan Skor Anda

Bagian IELTS Speaking adalah komponen keempat dari tes IELTS. Namun, tidak seperti bagian Mendengarkan, Membaca, dan Menulis, bagian ini dapat diselesaikan hingga seminggu sebelum atau setelah Anda mengikuti tes lainnya. Baca terus untuk mengetahui beberapa topik umum IELTS Speaking, seperti apa pertanyaan-pertanyaan dalam IELTS Speaking, dan beberapa tips untuk bagian tes secara keseluruhan.

 

Tentang Bagian IELTS Speaking

Tes IELTS Speaking berdurasi 11 hingga 14 menit, dan terdiri dari tiga bagian:

Bagian 1 - Perkenalan dan Wawancara (4 hingga 5 menit)

Penguji akan mengajukan pertanyaan tentang diri Anda, dan pertanyaan umum tentang hal-hal seperti keluarga Anda, apa yang Anda lakukan, seperti apa rumah Anda, dan hobi, studi, dan minat Anda. Jika penguji mencari informasi lebih lanjut, mereka akan mengajukan pertanyaan “mengapa?” atau “mengapa tidak?”.

Bagian 2 - Giliran Panjang (3 sampai 4 menit, termasuk waktu persiapan)

Penguji akan memberikan kartu tugas yang meminta Anda untuk mendiskusikan topik tertentu. Anda akan memiliki waktu satu menit untuk mempersiapkan pemikiran Anda (Anda juga dapat membuat catatan), dan kemudian hingga dua menit untuk berbicara. Setelah Anda selesai, penguji akan mengajukan satu atau dua pertanyaan lanjutan. Topiknya bersifat umum, dan sering kali akan meminta Anda untuk bercerita tentang diri Anda atau suatu waktu dalam hidup Anda.

Bagian 3 - Diskusi (4 sampai 5 menit)

Penguji akan mengajukan lebih banyak pertanyaan tentang topik dari Bagian 2. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengembangkan pemikiran Anda, berbagi pendapat, dan memperkenalkan ide-ide yang lebih abstrak ke dalam percakapan.

Karena tes ini terstruktur seperti wawancara, tes Speaking bisa membuat stres. Untungnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres dan mendapatkan skor yang tinggi. Ikuti 10 tips IELTS Speaking di bawah ini, dan Anda akan siap untuk unggul.


10 Tips IELTS Speaking Terbaik Kami

1. Pilihlah Teman Belajar yang Baik

Ketika Anda mengikuti tes IELTS Speaking, kemungkinan besar penguji Anda akan memiliki pemahaman bahasa Inggris yang lebih kuat daripada Anda. Jadi, merupakan ide yang bagus untuk berlatih untuk tes dengan seseorang yang juga berbicara bahasa Inggris pada tingkat yang lebih tinggi. Hal ini akan mendorong Anda untuk mengasah kemampuan berbicara Anda.

Pastikan Anda tidak berpasangan dengan orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya jauh lebih tinggi dari Anda. Hal ini dapat membuat Anda merasa kecil hati dan meragukan kemampuan Anda.

2. Berbicara Lebih Banyak daripada Penguji

Meskipun IELTS membingkai tes Speaking sebagai percakapan antara Anda dan penguji, sebenarnya tidak demikian. Cara yang lebih baik untuk memikirkannya adalah Anda sedang diwawancarai. Penguji ada di sana untuk memberikan pertanyaan kepada Anda, dan kemudian mendengarkan jawaban Anda dengan seksama.

Jadi, bagaimana Anda memastikan bahwa Anda berbicara lebih banyak daripada penguji Anda?

3. Jelaskan!

Jangan menjawab pertanyaan dengan satu kalimat pendek. Kembangkan jawaban Anda. Gunakan struktur tata bahasa yang berbeda untuk menjaga agar pemikiran Anda tetap mengalir, seperti:

  • Conditional clauses: Ini biasanya dimulai dengan jika atau kecuali: “Jika kita tidak pergi sekarang, kita akan terlambat.”
  • Time clauses: Anda akan menggunakan ini saat mendiskusikan masa depan: “Saya akan menjadi dokter bedah setelah saya menyelesaikan pendidikan saya.”
  • Modal verbs: Ini adalah kata kerja bantu yang menyatakan keharusan atau kemungkinan: “Anda dapat meminjam mobil saya.”
  • Reported speech: Ketika Anda berbicara tentang apa yang dikatakan orang lain, bentuk, urutan kata, dan kata ganti mungkin berbeda dari kalimat aslinya, seperti: “Dia mengatakan bahwa dia menyukai es krim.”

Pada akhirnya, lebih baik menggunakan kata-kata yang lebih kompleks dan membuat beberapa kesalahan daripada hanya menggunakan kalimat pendek dan sederhana.

4. Ini Seperti Menceritakan Sebuah Cerita

Bayangkan ini: salah satu pertanyaan dalam tes berbicara IELTS Anda adalah: “Olahraga apa yang Anda sukai?” Namun, Anda tidak bermain olahraga apa pun. Jadi, bagaimana Anda dapat berbicara tentang sesuatu yang tidak Anda kuasai atau tidak Anda sukai?

Salah satu tips berbicara dalam IELTS yang paling membantu adalah mengubah sesuatu menjadi sebuah cerita. Meskipun berguna untuk menarik dari pengalaman Anda sendiri dalam jawaban Anda, tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda harus mengatakan yang sebenarnya. Anda hanya diminta untuk menceritakan sebuah cerita. Salah satu pilihannya adalah mengarang cerita. Atau, ceritakan mengapa Anda tidak berolahraga; mungkin ada cerita yang sangat menarik di sana! Topik pembicaraan umum IELTS bisa tentang apa saja. Gunakan ini untuk keuntungan Anda dengan mengubahnya menjadi cerita yang menyenangkan.

5. Ini Bukanlah Tes Tentang Apa yang Anda Ketahui

Salah satu hal tersulit dari tes ini adalah Anda tidak akan mengetahui topik-topik berbicara umum IELTS sebelumnya. Meskipun benar bahwa Anda dapat mempersiapkan diri untuk topik-topik umum, Anda tidak akan mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang tepat sampai Anda mengikuti tes.

Ada kemungkinan Anda akan ditanyai pertanyaan tentang topik yang tidak Anda ketahui atau tidak Anda alami. Meskipun hal ini dapat mengintimidasi, kabar baiknya adalah apa yang Anda ketahui tentang satu topik tidak terlalu penting dalam tes IELTS Speaking.

Para penguji lebih tertarik pada bagaimana Anda menjawab pertanyaan daripada apa yang Anda ketahui. Mengapa? Karena hal ini menunjukkan bahwa Anda banyak akal dan masih dapat menjawab, meskipun Anda tidak memiliki banyak pengetahuan tentang topik tersebut.

6. Dorong Batasan Anda (Tapi Ketahui Kata-Katanya)

Poin ini dikembangkan dari poin sebelumnya tentang pentingnya cara Anda berbicara selama tes. Meskipun Anda mengetahui semua hal yang perlu diketahui tentang suatu topik, Anda tidak akan mendapatkan nilai tinggi jika Anda hanya menggunakan bahasa yang sederhana. Jangan takut untuk menggunakan kosakata yang lebih kompleks. Meskipun demikian, pastikan Anda memahami kata-kata yang Anda gunakan, karena penguji mungkin akan meminta Anda untuk menjelaskannya.

7. Kumpulkan Pikiran Anda

Seperti dalam wawancara kerja, tidak masalah untuk meluangkan waktu untuk memikirkan sebuah pertanyaan sebelum Anda menjawab. Hal ini dapat membantu Anda menghindari jawaban yang bertele-tele. Jika Anda khawatir akan meninggalkan keheningan yang canggung, Anda bisa memberi tahu pewawancara bahwa Anda butuh waktu untuk mengumpulkan pikiran.

Beberapa contoh frasa yang dapat Anda gunakan:

  • “Sejujurnya, ini bukan topik yang sering saya bicarakan. Izinkan saya meluangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan pertanyaan Anda.”
  • “Saya merasa sedikit gugup hari ini. Dapatkah Anda memberi saya waktu sejenak untuk mengumpulkan pikiran saya?”
  • “Maaf, saya tidak menangkapnya. Dapatkah Anda mengulangi pertanyaannya?”

Catatan: Anda dapat meminta penguji untuk mengulang pertanyaan jika Anda tidak memahaminya atau ingin mengulur waktu. Namun, pastikan Anda tidak melakukan hal ini untuk setiap pertanyaan atau penguji Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak memahami sebagian besar dari apa yang mereka katakan.

8. Sekali Lagi, Dengan Perasaan

Meskipun kami tidak menyarankan untuk menjawab pertanyaan berbicara dalam IELTS dengan air mata yang mengalir di wajah Anda, namun penting untuk memberikan sedikit emosi dalam suara Anda. Berbicara dengan suara yang monoton dapat membuat Anda terlihat tidak berpengalaman, dan dapat merusak skor Anda.

Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda akan mengekspresikan diri Anda jika Anda menjawab dalam bahasa pertama Anda dan terapkan perasaan tersebut pada jawaban Anda. Anda juga dapat menonton TV dan film berbahasa Inggris untuk mendapatkan gambaran seperti apa suara penutur bahasa Inggris yang berbeda, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berbicara IELTS dengan baik. (Namun, hindari terdengar seperti seseorang di reality show. Mereka sering kali lebih dramatis dan emosional daripada kebanyakan penutur bahasa Inggris).

9. Tampil Percaya Diri

Anda mungkin akan merasa gugup sebelum dan selama tes berbicara IELTS. Ini adalah hal yang normal. Namun, meskipun Anda merasa cemas, penting untuk menunjukkan sikap percaya diri kepada penguji.

Kesan pertama yang kuat dapat membantu membangun hubungan baik dengan penguji Anda, jadi pastikan Anda berpakaian rapi, datang tepat waktu, dan menyapa penguji Anda dengan senyuman dan jabat tangan yang kuat. Jika Anda tidak sengaja mengucapkan “Selamat pagi” dan bukannya “Selamat siang,” jangan khawatir. Penguji IELTS akan sering mengabaikan kesalahan sederhana karena gugup.

10. Tetapkan Kecepatan yang Baik

Kita cenderung mengasosiasikan kecepatan dengan keterampilan saat berbicara bahasa. Semakin fasih Anda, semakin cepat Anda dapat berbicara, bukan? Meskipun ada benarnya, sebaiknya jangan terjebak dalam jebakan kecepatan selama tes IELTS Speaking. Jika Anda berbicara terlalu cepat, Anda mungkin akan terdengar tidak jelas. Di sisi lain, berbicara terlalu lambat dapat menyebabkan instruktur Anda kehilangan minat pada apa yang Anda katakan. Pendekatan terbaik adalah menjaga kecepatan yang stabil dan konsisten.


Kami harap tips IELTS Speaking ini bermanfaat, dan semoga Anda mendapatkan yang terbaik dalam tes IELTS!

Untuk tips belajar lainnya, lihat daftar 5 Buku Persiapan IELTS Terbaik untuk Siswa Internasional, dan panduan kami tentang Mendengarkan, Membaca, dan Menulis IELTS.