FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

IELTS Writing: 7 Tips Belajar untuk Meningkatkan Skor Anda

IELTS Writing: 7 Tips Belajar untuk Meningkatkan Skor Anda

 Writing section adalah tugas ketiga yang harus kamu selesaikan dalam tes IELTS. Secara teknis itu dibagi menjadi dua tugas yang terpisah, tetapi hampir mirip. Seperti Reading, Writing section juga berbeda tergantung pada jenis tes apa yang akan kamu ambil diantara IELTS Academic atau General.

Bagian Writing cukup menjadi tantangan bagi banyak orang yang mengikuti tes IELTS. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri. Untuk membantu memulai pembelajaran IELTS Writing kamu, kami membagikan 7 tips untuk membantu mendapatkan skor tinggi.

Namun sebelum kita membahasnya, mari kita uraikan perbedaan antara tes Writing Academic dan General. 

Academic:

  1. Topik minat umum bagi peserta tes yang memasuki studi sarjana atau pascasarjana atau pendaftaran profesional.
  2. Jawaban harus dalam gaya formal
  3. Tugas Writing 1: Menjelaskan dan menganalisis data dalam salah satu dari berikut ini:
    • Bar chart
    • Line graph
    • Pie chart
    • Table
    • Diagram

General:

  1. Topik minat umum
  2. Jawaban bisa sangat informal
  3. Tugas Writing 1 - Menulis surat dengan salah satu gaya berikut:
    • Formal (kepada seseorang yang tidak dikenal):
    • Semi-formal (kepada seseorang yang dikenal secara formal)
    • Informal (kepada teman atau keluarga)

 

Berikut Tips Belajar Meningkatkan Skor:

person writing on white paper

Kerjakan Soal Bagian Dua Terlebih Dahulu

Karena Task 2 memliki kesamaan pada test Academic dan General, banyak yang merasa lebih mudah daripada soal bagian satu (terutama penulis tes Akademik). Keuntungan utama lainnya yang dimiliki Task 2 adalah nilainya lebih tinggi daripada Task 1. Tentu saja, ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan. Karena alasan ini, sebaiknya kamu tidak hanya mencurahkan sebagian besar waktu kamu untuk Task 2, tetapi menyelesaikannya terlebih dahulu.

Kamu tidak ingin terjebak pada Task 1 dan hanya menyisakan waktu 20 menit untuk menulis sesuatu untuk Task 2. IELTS merekomendasikan menghabiskan 40 menit untuk Task 2 dan sekitar 20 menit untuk Task 1. Ini adalah pedoman yang baik, tetapi tentu saja, pengalaman kamu sendiri mungkin berbeda. Jangan terlalu stres karena harus mematuhi batas waktu yang tepat ini - pastikan saja kamu tidak mencurahkan lebih banyak waktu untuk soal bagian satu daripada yang diperlukan.

 

fountain pen on spiral book

Hindari Penulisan Informal

Ini berlaku terutama untuk tes Academic, tetapi penting juga untuk diingat untuk tes IELTS General. Meskipun jawaban kamu tidak harus dalam gaya formal pada tes General, sebaiknya hindari praktik penulisan informal tertentu. Misalnya, hindari penggunaan singkatan. Selain itu, cobalah untuk tidak menulis sebagai orang pertama atau kedua (I, Me, You) kecuali diperintahkan untuk melakukannya.

 

silver MacBook showing application

Perhatikan Jumlah Kata

Salah satu hal yang paling menantang tentang tes IELTS Writing adalah tetap menghitung kata. Sebenarnya lebih sulit untuk mencapai jumlah kata kecil daripada yang besar. Jumlah kata yang besar memberimu ruang untuk menyempurnakan pikiran kamu, tetapi tes IELTS hanya meminta 150 kata untuk Task 1 dan 250 kata untuk Task 2.

Meskipun tidak banyak kata, tetap penting untuk memastikan kamu menulis cukup banyak. Jika menulis terlalu sedikit, skor kamu mungkin berkurang. Namun, kamu dapat membahas sedikit jumlah kata tanpa dikenai sanksi. Tentu saja, tidak realistis menghitung kata-kata dengan tangan, karena kamu tidak akan punya waktu. Sebaliknya, dapatkan gambaran tentang berapa banyak kata yang biasanya kamu tulis dalam satu baris. Dengan cara ini, kamu akan mengetahui kira-kira berapa banyak baris teks yang kamu perlukan untuk mencapai 150 dan 250 kata.

Pada akhirnya, IELTS menggunakan jumlah kata untuk menguji apakah kamu dapat menjelaskan pikiran kamu dengan jelas dan ringkas. Ingatlah ini tentang kualitas daripada kuantitas dan kamu akan baik-baik saja.

 

person holding pencil and stick note beside table

Pahami Kriteria Penandaan

Writing merupakan section yang cukup sulit dinilai karena seringkali subjektif. Dengan demikian, tes IELTS Writing tidak dinilai berdasarkan jawaban benar dan salah. Sebaliknya, kriteria penandaan dirinci sebagai berikut:

  • Task Response (25%) - Mengukur seberapa tepat, akurat, dan relevan respons kamu untuk memenuhi persyaratan tugas.
  • Coherence & Cohesion (25%) - Menilai kejelasan dan kelancaran respons kamu secara keseluruhan. Pencetak nilai ujian mencari seberapa baik tanggapan kamu mengatur dan menghubungkan informasi, ide, dan bahasa.
  • Vocabulary (25%) - Melihat kisaran kosakata dan seberapa baik penggunaan kata kamu sesuai dengan tugas tertentu.
  • Grammar (25%) - Melihat jangkauan dan akurasi tata bahasa kamu.

 

woman in blue and white polka dot shirt writing on white paper

Latihan, Latihan, Latihan!

Satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik dalam menulis adalah terus melakukannya. Ambil tes latihan sebanyak yang kamu bisa sebelum tes yang sebenarnya. Dapatkan seseorang yang kamu kenal dengan keterampilan menulis bahasa Inggris yang kuat untuk memeriksa jawabanmu dan meminta masukan atas latihanmu.

Pertimbangkan untuk mengambil beberapa buku tes latihan juga. Buku tes Cambridge IELTS Practice adalah sumber belajar yang bagus, karena berisi tes IELTS lengkap dari ujian sebelumnya. Ini akan membantu kamu mengetahui dengan tepat pertanyaan seperti apa yang dapat kamu harapkan pada tes yang sebenarnya.

 

man in green crew neck t-shirt holding silver fork

Paraphrase, Jangan Menyalin

Kamu tidak boleh menyalin bagian mana pun dari pertanyaan ke jawaban kamu baik untuk Task 1 atau 2. Sebaliknya, pelajari cara memparafrasekan. Kamu mungkin perlu menggunakan sebagian dari pertanyaan dalam jawaban kamu untuk mengilustrasikan suatu poin tetapi jika kamu melakukannya, pastikan kamu memasukkannya ke dalam kata-kata kamu sendiri.

 

man writing on paper near book on table

Pastikan Tanggapan Kamu Benar-benar Menjawab Pertanyaan

Ketika berada di bawah batas waktu yang ketat, terlalu mudah untuk membiarkan tulisan kamu keluar jalur dan berubah menjadi kekacauan yang bertele-tele. Mengatur pemikiran kamu sebelum mulai menulis akan membantu mencegah hal ini tetapi bahkan jawaban yang disatukan dengan baik mungkin gagal menjawab pertanyaan yang sebenarnya. Pastikan kamu tahu persis apa yang ditanyakan kepada kamu dan bahwa tanggapanmu memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Kami harap ini bermanfaat dan kamu sekarang memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja tes IELTS Writing!