Institution of The Week: University of Waterloo, Canada


Didirikan pada tahun 1957. University of Waterloo, adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di jantung pusat teknologi Kanada, Waterloo, Ontario, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 33.600+, dan 7.200+Internasional.

Wilayah Waterloo di Ontario telah berdiri sebagai pusat teknologi terkemuka Kanada. Sebagai salah satu institusi penelitian terkemuka Kanada, UW memiliki fasilitas kelas dunia dalam sains, teknik, dan banyak lagi disiplin ilmu lainnya. Mahasiswa dari seluruh dunia menyebut University of Waterloo sebagai rumah.

University of Waterloo adalah rumah bagi penelitian dan pengajaran lanjutan dalam bidang sains dan teknik, matematika dan ilmu komputer, kesehatan, lingkungan, seni, dan ilmu sosial. Berdasarkan komputasi kuantum dan nanoteknologi hingga penelitian psikologi klinis dan ilmu kesehatan, University of Waterloo menyatukan ide dan pemikiran brilian, menginspirasi dan berinovasi dengan dampak yang nyata pada masa kini dan di masa depan.

Mungkin kamu berfikir mengapa harus memilih University of Waterloo, sedangkan banyak pilihan lain yang tersedia. Secara umum, inilah alasan mengapa memilih University of Waterloo:             

  • Lokasi: Waterloo adalah sebuah kota yang dinamis dan multikultural yang sempurna untuk mahasiswa; daerah Uptown memiliki segalanya mulai dari restoran dan bar hingga berbagai toko butik, taman, dan jalur hiking untuk dinikmati.
  • Penelitian: University of Waterloo merupakan lembaga penelitian terkemuka dunia dalam berbagai bidang dan disiplin ilmu, di semua tingkat studi. Waterloo adalah tempat di mana ide-ide diinovasi, diuji, dan dibuktikan.
  • Kesempatan Co-op: Sebagai rumah bagi program pendidikan pasca SMA terbesar di dunia, Univeristy of Waterloo menjalin hubungan dengan dunia dan mendorong kemitraan dengan giat dalam pembelajaran, penelitian, dan komersialisasi.
  • Community Outreach: Pada tingkat lokal, regional, provinsi dan nasional, Universitas dianggap sebagai lembaga dengan beragam keahlian dan sumber daya yang membantu memberikan kontribusi yang kuat dan bersemangat.

 

 

Untuk itu, maka inilah 7 alasan mengapa University of Waterloo adalah tempat yang tepat bagi siswa internasional untuk belajar!

Ranking Top 10 di Kanada

University of Waterloo Building

University of Waterloo secara konsisten menempati peringkat tinggi di antara institusi Kanada lainnya. Secara Keseluruhan UW menempati peringkat ke-10 dalam Times Higher Education’s annual rankings, mengalahkan universitas universitas seperti Dalhousie dan Universitas York. University of Waterloo mendapatkan nilai tinggi berdasarkan pandangan internasional, reputasi, teknik & teknologi, ilmu fisik, dan ilmu sosial.

 

Besarnya Jumlah Siswa International

Student listening to music

University of Waterloo sangat terbuka bagi mahasiswa internasional. Universitas telah menarik banyak mahasiswa dari seluruh dunia. Faktanya, 20% mahasiswa sarjana dan 40% mahasiswa pascasarjana adalah mahasiswa internasional! Pada tahun 2018, ada lebih dari 203.000 alumni UW dari 152 negara.

 

Lulusannya Cepat Mendapat Pekerjaan

person walking holding brown leather bag

Salah satu alasan utama mengapa mahasiswa dari seluruh dunia memilih University of Waterloo adalah pekerjaan setelah lulus. Lulusan UW sangat dicari karena pendidikan universitas yang berkualitas tinggi dan kemitraan yang erat dengan banyak perusahaan yang sukses. UW berada di peringkat ke-25 di dunia dalam QS Graduate Employability Rankings, dan peringkat ke-2 di Kanada setelah University of Toronto. Karena alasan ini, tidak mengherankan jika tingkat pekerjaan siswa internasional UW sebesar 98,9%!

Program Co-Op Photo of Blackberry sign

Alasan utama lainnya mengapa mahasiswa lulusan dari UW siap bekerja adalah co-op/internship program. Sebagian besar program di UW memiliki persyaratan co-op untuk membantu para mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja. Dari peluang kerja sama ini akan mendapatkan koneksi pertemanan yang lebih luas dan jika beruntung, beberapa dari kalian akan mendapatkan bayaran. Tentunya finansial merupakan daftar terakhir dari tujuan co-op kalian. Pengalaman selama co-op lah yang akan menjadikan siswa siap bekerja dan mendapatkan gaji yang berlipat.

 

Program Computer yang Berstandar Internasional

Cheriton School of Computer Science

University of Waterloo memiliki banyak program yang luar biasa, sebagian besar reputasi internasionalnya berasal dari ilmu komputer dan teknik. Sehingga diijuluki "MIT of the North", UW telah menghasilkan banyak lulusan yang mendapatkan pekerjaan di Silicon Valley. Lulusan ini juga berperan penting dalam membangun kawasan Waterloo sebagai pusat teknologi. 

 

Pusat Teknologi KanadaCommunitech building at night

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kampus utama University of Waterloo terletak di jantung pusat teknologi Kanada. Lebih dari 1.570 bisnis terkait teknologi, berlokasi di dalam dan sekitar wilayah Waterloo, termasuk juga BlackBerry, OpenText, D2L, dan lainnya. UW telah memainkan peran integral dalam mengembangkan pusat teknologi ini. Velocity University of Waterloo adalah inkubator startup paling produktif di Kanada, dengan tingkat kelangsungan hidup perusahaan selama tiga tahun sebesar 69%. Secara keseluruhan, pengusaha University of Waterloo telah mengumpulkan lebih dari $ 7,4 miliar dalam pendanaan!

 

Lokasi Kampus yang StrategisUptown Waterloo at night

Meskipun Waterloo tidak semenarik kota-kota besar seperti Toronto atau Vancouver, namun Waterloo masih merupakan tempat yang bagus untuk tinggal dan belajar. Kota kembar Kitchener-Waterloo bukan hanya rumah bagi UW, tetapi juga Universitas Wilfrid Laurier dan Conestoga College. Dengan begitu, kawasan Waterloo dibangun dengan mempertimbangkan banyaknya siswa. Ada banyak pilihan makanan, transit, dan hiburan yang sangat menarik. Ditambah lagi, wilayahnya masih cukup dekat dengan Toronto sehingga kamu bisa dengan mudah mengunjunginya di akhir pekan!

Siap untuk studi di University of Waterloo? Get in touch with our counselor, here 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published