Kuliah dan Menetap di Kanada 300 juta rupiah saja, bagaimana caranya? Simak di artikel ini


Kuliah di Kanada sangat terjangkau, 2 tahun diploma hanya butuh kurang lebih 30.000 CAD. Bayar 30.000 CAD untuk kebutuhan kuliah di Kanada, sesampainya di sana dan memulai tahun ajaran pertama Anda dapat mengikuti program-program kerja yang disediakan oleh pemerintah Kanada. Program kerja tersebut seperti internship selama 4 bulan dengan gaji yang didapat kurang lebih sebesar 10,080 CAD. Program lain yang diperbolehkan untuk pelajar adalah memulai kerja paruh waktu (part time) dengan bayaran per-jam hampir sama dengan gaji minimum internship sekitar 14 CAD / jam. Maksimum waktu pelajar bisa bekerja paruh waktu di Kanada adalah 20 jam per-minggu, Anda dapat memiliki gaji total kurang lebih 20.160 CAD - belum termasuk gaji saat kerja pada break musim panas (summer break). Cerita ini adalah pendapatan Anda ketika sedang berkuliah atau studi di Kanda.
Apabila Anda telah selesai masa kuliahnya dan Anda memilih program kuliah seperti Kulinari atau Event Management, program kuliah ini memiliki tingkat penerimaan kerja di perusahaan Kanada mulai dari 89%-92% diterima kerja, 6 bulan setelah selesai kuliah. Hal ini mempermudah pelajar yang studi di Kanada untuk melanjutkan kerja dan tinggal di Kanada. Berapa gaji fresh graduate di Kanada? Gaji per-tahunnya kurang lebih 45.000 CAD. Untuk memperjelasnya, mari kita mulai berhitung dengan perkiraan gaji yang mungkin Anda dapat dan biaya total yang perlu Anda keluarkan untuk kuliah di Kanada.           

Program Diploma            : 60.000 CAD

Internship Salary              : 10.080 CAD

Part time Salary               : 20.160 CAD

Salary Full time                 : 45.000 CAD

Net Income after Education Expense                           : 15.240 CAD

Periode waktu dana kembali : 1 tahun setelah lulus

Dari perhitungan di atas, terlihat diakhir perhitungan bahwa dana kuliah kamu bisa kembali kurang dalam 1 tahun jika Anda memilih kuliah di Kanada. Dengan bekerja selama Anda mengambil kuliah di Kanada, Anda bisa membayarkan seluruh biaya kuliah Anda dan masih mendapat keuntungan kurang lebih sekitar 15.240 CAD dari hasil bekerja di tahun pertama. Hal lain pendukung lain untuk berkuliah di Kanada adalah pemerintah Kanada memiliki kebijakan negara yang mempermudah pendatang / immigrant untuk belajar dan tinggal di Kanada. Semakin cepat Anda mendaftar untuk studi, semakin mudah juga Anda mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan tinggal di Kanada.

Perhitungan di atas merupakan sebuah ilustrasi dan tidak memperhitungkan pajak. Tidak ada jaminan untuk internship dan part time job bagi seluruh pelajar yang berkuliah di Kanada. Akan tetapi, setiap sekolah atau tempat kuliah memberikan fasilitas atau bantuan untuk para siswa-nya agar mudah ditempatkan internship atau part time job di perusahan-perusahan rekanan / partner mereka. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengisi informasi Anda disini. 

1 comment

  • Markus Himawan

    Yang mau lebih pasti bisa kayak di artikel, kuliah di Conestoga college Kitchener aja kayak saya, nanti saya bantu dapetin kerjaan 👍

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published