Masih Bingung Studi Dimana? Ini 5 Alasan Terbaik Pilih Studi Luar Negeri


Jika kamu berpikir untuk menjadi siswa internasional, kamu akan menemukan banyak informasi di blog kami tentang cara belajar di luar negeri. Ke mana harus bepergian untuk belajar. Kapan mendaftar kuliah. Tetapi sebelum membaca semua itu, pertanyaan terpenting yang perlu dijawab adalah: Mengapa belajar di luar negeri? Apa alasan terbaik untuk belajar di luar negeri?

Inilah lima alasan terbaik untuk belajar di luar negeri!

 

mcgill campus - state research university dalam bahasa inggris. sebuah keluarga muda berjalan di halaman universitas - world-class education  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

1. Potensi Pendidikan Berkelas Dunia

Jika pendidikan penting bagimu (dan jika kamu membaca artikel ini, kemungkinan besar demikian), maka mungkin ingin menjelajahi lebih dari sekadar pilihan lokal. Kamu mungkin sudah bermimpi belajar di kampus yang diakui secara internasional di luar negeri. Mungkin kamu bahkan pernah melihat beberapa universitas dan perguruan tinggi di negara-negara seperti Inggris, Kanada, Amerika Serikat dan Australia.

Setiap negara memiliki sistem pendidikannya sendiri, menawarkan perspektif, gaya mengajar, dan kesempatan belajar yang berbeda. Dengan memilih untuk belajar di luar negeri, pilihanmu menjadi hampir tidak terbatas.

Perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia menyediakan pendidikan kelas dunia yang diakui secara internasional. Banyak dari mereka menyediakan:

  • Tingkat kepuasan siswa yang tinggi
  • Perhatian yang lebih personal (ukuran kelas dan rasio mahasiswa-fakultas yang lebih kecil)
  • Internship dan co-op, atau pengalaman kerja
  • Peluang melakukan penelitian yang unik

Belajar di luar negeri memungkinkanmu mempelajari hal-hal yang tidak akan pernah kamu alami sebelumnya. Itu saja membuat belajar di luar negeri menjadi pilihan berharga bagi siapa saja yang ingin memperluas potensi pendidikannya.

 

konferensi yang baik memaksa anda untuk tumbuh dan menantang diri sendiri - forces you to grow  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

2. Belajar di Luar Negeri Memaksamu untuk Berkembang

Pertumbuhan pribadi adalah hal yang sulit untuk didefinisikan. Namun seringkali, ketika orang berbicara tentang apa yang membantu mendefinisikan mereka dan memajukan hidup mereka, mereka menggambarkan pengalaman seperti ini:

  • Memperoleh perspektif baru
  • Mencoba hal baru
  • Bepergian ke tempat baru
  • Tinggal di negara baru
  • Belajar bahasa baru

Kata kuncinya di sini adalah "baru". Tumbuh dengan mengambil tantangan baru dan melangkah keluar dari zona nyamanmu. Dan cara apa yang lebih baik untuk mengalami semua itu selain dengan belajar di luar negeri?

Inilah kebenarannya: belajar di luar negeri itu intens, menuntut, dan menantang dalam banyak hal. Kamu harus memahami hal itu, dan bersiap untuk naik ke kesempatan itu. Menjadi siswa internasional adalah cara luar biasa untuk "memilih tantangan".

Kemungkinannya adalah, kamu akan mempelajari tingkat kemandirian dan kepercayaan diri yang tidak pernah diketahui dapat kamu capai. Kamu akan dapat mengatakan “Saya melakukan itu. Saya memilih untuk melakukan itu.”

 

berkumpul untuk memulai kampanye - kickstart your career potret stok, foto, & gambar bebas royalti

3. Untuk Memulai Karirmu

Selanjutnya, mari kita kembalikan ke alasan yang lebih membumi. Pertumbuhan pribadi itu luar biasa, tetapi tidak dapat membayar tagihan! Pertanyaan utama bagi sebagian besar siswa saat memilih apa yang akan dipelajari adalah: “Bagaimana ini akan membuat saya mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan nanti?”

Untungnya, banyak tujuan belajar di luar negeri memberikan peluang kerja yang bagus bagi siswa internasional. Dunia membutuhkan tenaga kerja terampil. Bergantung pada apa yang direncanakan untuk dipelajari, keterampilanmu mungkin sangat diminati!

Kamu sering dapat menemukan dan bekerja paruh waktu sambil belajar untuk membantu menutupi biaya hidupmu dan membangun resume. Kamu bahkan dapat bekerja di bidangmu (atau di bidang terkait). Apa pun itu, bekerja sambil belajar membantumu membangun soft skill dan network untuk peluang karier di masa depan.

Mengenai tinggal di negara tersebut dan bekerja di sana setelah lulus, banyak negara menawarkan pilihan visa kerja pasca-studi yang bagus, seperti:

  • Izin Kerja Pasca Kelulusan Kanada
  • Visa Pascasarjana Inggris
  • Visa Lulusan Sementara Australia (subclass 485)
  • OPT Amerika Serikat (Optional Practic Training)

Di mana pun kamu bekerja, pemberi kerja menyukai orang-orang yang telah bekerja di sana, mempelajari keterampilan baru, dan menunjukkan dedikasi pada perusahaan.

Belajar di luar negeri mengajarkan kualitas yang sama yang sering dibutuhkan untuk berhasil dalam lingkungan kerja yang serba cepat. Kualitas tersebut meliputi improvisasi, kolaborasi, keterbukaan pikiran, kemauan untuk belajar, dan fleksibilitas dengan peran yang berubah-ubah.

Tidak ada yang namanya pekerjaan yang dijamin. Namun, jika kamu meneliti pilihanmu dan mempersiapkan diri untuk sukses, pendidikan dan pengalamanmu dari belajar di luar negeri dapat menempatkanmu pada posisi yang bagus untuk memulai karirmu.

 

zona comfot anda - changes your life potret stok, foto, & gambar bebas royalti

4. Belajar di Luar Negeri Mengubah Hidupmu

Siapa pun bisa bepergian, tetapi bepergian seringkali menyenangkan dan bersifat sementara. Itu tidak akan mengubah kehidupan sehari-harimu. Ketika kamu kembali ke rumah, kamu akan kembali ke tempat tidur yang aman dan rutinitasmu yang biasa.

Dengan pindah ke tempat baru, kamu mendapatkan pengalaman bepergian dan membenamkan diri dalam budaya baru. Memiliki tujuan dan tanggung jawab tambahan untuk menyelesaikan pendidikanmu meningkatkan taruhannya.

Alih-alih bertemu dengan pelancong lain yang lewat dan melupakan mereka seminggu kemudian, kamu akan bertemu siswa lain sepertimu. Orang-orang yang kamu temui saat belajar di luar negeri akan menjadi support, dan seringkali, teman seumur hidup.

Alih-alih mendengar penduduk setempat berbicara bahasa Inggris dan mungkin belajar beberapa kata biasa, kamu akan dididik secara mendalam! Sungguh menakjubkan seberapa cepat kamu dapat mempelajari bahasa baru saat kamu membaca, menulis, dan berbicara sepanjang hari, setiap hari.

Alih-alih menghabiskan seminggu di kota baru dan bertanya-tanya bagaimana rasanya tinggal di sana, kamu akan tinggal di sana. Itu akan menjadi hidupmu, dan tempat baru itu, setidaknya untuk sementara waktu, akan menjadi rumahmu.

Jadi apa artinya itu? Ke mana pun kamu pergi, atau apa yang kamu pilih untuk dipelajari, pengalaman ini akan mengubahmu. Jika siap mempelajari hal-hal baru dan memulai babak baru dalam hidupmu, sulit menemukan cara yang lebih baik untuk melakukannya daripada belajar di luar negeri.

 

wanita muda jepang melakukan keuangannya di rumah - for your self potret stok, foto, & gambar bebas royalti

5. Untuk Diri Sendiri

Dari semua alasan untuk belajar di luar negeri, alasan yang paling penting adalah untuk melakukannya sendiri. Siapa pun yang kamu ajak bicara akan memberikan pendapat mereka tentangmu belajar di negara baru; orang tua, guru, teman.  

Tetapi pada akhirnya, ini adalah keputusan yang harus dibuat sendiri. Tidak ada yang mengenalmu lebih baik darimu jadi hanya kamu yang dapat memilih untuk belajar di luar negeri.

Lakukan riset, pertimbangkan pilihanmu, dan buat panggilan yang tepat untukmu. Jika kamu memilih untuk melakukan lompatan, tim kami ada di sini untuk mendukungmu.

 

 

 

 

Tips: Kamu akan melihat kami tidak mencantumkan "Untuk berimigrasi ke negara baru" sebagai salah satu alasan di daftar ini. Itu seharusnya tidak menjadi alasanmu untuk belajar di luar negeri! Setiap negara memiliki prosesnya sendiri, dan imigrasi tidak pernah dijamin. Kamu tidak pernah ingin pemerintah suatu negara berpikirmu hanya belajar di luar negeri sehingga kamu dapat tinggal di sana secara permanen.

Ada banyak yang pembahasan mengenai jalur menuju permanent residence untuk lulusan siswa internasional. Lakukan penelitianmu, pelajari lebih lanjut dari sumber tepercaya seperti pengacara imigrasi, dan mungkin tinggal di negara baru bisa menjadi masa depanmu!

Belajar di luar negeri membutuhkan proses untuk memulai dari awal, menjauh dari semua yang diketahui, dan merangkul pengalaman baru. Jalan mahasiswa internasional sulit, dengan tantangan di setiap sudut. Tetapi dengan tantangan baru, datanglah pengalaman baru. Kesempatan untuk belajar dan berkembang. Dan seperti yang akan dikatakan banyak siswa di seluruh dunia kepadamu itu sepadan.

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published