Bagaimana Mendapatkan Visa Australia?


How to Get an Australian Visa | ApplyBoard

Setelah kamu diterima di Universitas Australia impian kamu, maka selanjutnya kamu harus mengajukan visa pelajar.

 

Pelajar internasional memerlukan student visa (Subclass 500) untuk studi di Australia. Aplikasi visa diajukan secara online setelah kamu mendaftar (dan membayar deposit pendaftaran) dalam program studi kamu di Australia

 

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk mengajukan visa Australia:

Dokumen Visa yang Diperlukan

Illustration of documents

 

 

Kamu perlu menyerahkan dokumen pendukung sebagai bagian dari aplikasi student visa online. Untuk mengetahui dokumen mana yang akan kamu butuhkan, periksa https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/web-evidentiary-tool

    Secara umum, kamu perlu menyertakan hal berikut ini:

    • Studi sebelumnya dan penjelasan di setiap celah studi
    • Konfirmasi Pendaftaran Elektronik / Electronic Confirmation of Enrolment (eCoE)
    • Bukti kemampuan finansial untuk menghidupi diri sendiri (dan keluarga mana pun yang bepergian dengan Anda)
    • Perlindungan Kesehatan Mahasiswa Asing / Overseas Student Health Cover (OSHC)
    • Skor tes bahasa untuk membuktikan kemahiran bahasa Inggris
    • Dokumen mitra / tanggungan (jika ada)

    Kamu dapat mengajukan permohonan visa Australia setelah kamu terdaftar dalam program studi di Australia dan memiliki Overseas Student Health Cover (OSHC) atau perlindungan kesehatan mahasiswa asing.

    Electronic Confirmation of Enrolment (eCoE)

     

    The Electronic Confirmation of Enrolment (eCoE) adalah surat yang dikeluarkan oleh universitas, sekolah atau institusi Vocational Education and Training (VET) atau pendidikan dan pelatihan kejuruan, untuk mengkonfirmasi bahwa kamu telah menerima tawaran masuk dan membayar deposit pendaftaran kamu. Surat tersebut berisi perincian seperti program studi, durasi studi dan nomor COE unik.

    Kamu tidak dapat mendaftarkan visa sebelum mendapatkan eCoE

    Bukti Kemampuan Finansial

      Kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk menutupi biaya dan pengeluaran perjalanan saat pergi dan tinggal di Australia. Biaya tersebut termasuk:

      • Biaya perjalanan
      • Setahun biaya kursus
      • Biaya hidup satu tahun
      • Biaya sekolah lainnya

       

      Biayanya diprorata jika kamu mempelajari program yang kurang dari 12 bulan.

      Jika kamu datang dengan pasangan atau keluarga, kamu juga harus memiliki cukup uang untuk menutupi pengeluaran mereka. Kamu dapat menunjukkan hal tersebut dengan memberikan salinan laporan bank, detail pinjaman yang kamu ambil, dan informasi tentang beasiswa apa pun yang telah kamu terima.

       

      Pada Oktober 2019, Pemerintah Australia menghitung biaya hidup selama 12 bulan menjadi:

      • Siswa atau wali: AU $ 21.041
      • Mitra datang dengan seorang siswa: AU $ 7,362
      • Anak yang datang dengan seorang siswa: AU $ 3,152


      Taksiran ini dapat berubah seiring waktu, jadi pastikan untuk memeriksa situs web Pemerintah Australia untuk perkiraan terbaru.

      Illustration of gold coin with dollar sign

      Overseas Student Health Cover (OSHC)

        Overseas Student Health Cover (OSHC) adalah asuransi kesehatan yang menanggung biaya pengobatan selama kamu berada di Australia, termasuk:

        • Kunjungan dokter
        • Tetap di rumah sakit
        • Ambulans darurat
        • Obat resep

        Agar visa kamu tetap berlaku, kamu harus memiliki perlindungan sejak hari kamu tiba, dan harus berlaku selama tinggal di Australia.

        Kamu dapat membeli OSHC melalui firma asuransi kesehatan swasta yang terdaftar di Australia, dan harus melakukannya sebelum mengajukan permohonan visa belajar. Sebagian besar sekolah akan memberi kamu daftar satu atau lebih penyedia OSHC untuk membantu pencarian. Beberapa penyedia OSHC terdaftar termasuk:

        Jika kamu bepergian dengan anggota keluarga mana pun, mereka juga harus memiliki perlindungan OSHC untuk mengajukan visa dan membuatnya tetap berlaku. Polis OSHC harus diterbitkan atas nama pelajar / anggota keluarga, dan nama pada polis harus sama dengan nama pada paspor.

        Illustration of female and male students applying for visas

        Bukti Kemahiran Bahasa Inggris

        Pemerintah Australia mensyaratkan tingkat kemahiran bahasa Inggris tertentu saat mengajukan permohonan visa pelajar. Visa pelajar Persyaratan bahasa Inggris dapat berbeda dari yang diperlukan untuk masuk ke program studi yang kamu inginkan. Skor tes bahasa yang dapat diterima dapat ditemukan di situs web visa pelajar.

        Dokumen Pendukung

        Kamu harus memberikan dokumentasi, seperti akta kelahiran dan akta nikah, untuk semua tanggungan dan pasangan yang bepergian bersama kamu, sebagai bagian dari aplikasi visa mereka.

        Persyaratan Visa Lainnya

        Sebagian besar keputusan visa pelajar didasarkan pada informasi dan dokumentasi yang kamu berikan bersama aplikasi visa. Pelamar dari beberapa negara, atau dalam kasus khusus mungkin perlu memberikan informasi tambahan, seperti pemeriksaan kesehatan, biometrik, atau wawancara.

        Pemeriksaan Kesehatan

        Beberapa siswa international mungkin perlu melakukan pemeriksaan medis atau radiologis untuk menunjukkan bahwa kamu dalam keadaan sehat. Jika kamu diminta untuk menyelesaikan pemeriksaan kesehatan, kamu harus menemui dokter yang telah disetujui oleh departemen imigrasi Australia. Ujian kesehatan merupakan persyaratan bagi pelajar dari sebagian besar negara Asia Selatan.

        Illustration of Sydney Opera House and Australian flag

        Biometrics

         

        Beberapa siswa mungkin perlu memberikan biometrik. Sebagian besar pelamar akan diberi tahu segera setelah mengajukan aplikasi jika mereka perlu memberikan biometrik. Pelamar akan menerima surat dan juga akan dapat melihat permintaan ini di aplikasi online.

        Siswa memiliki waktu 14 hari untuk memberikan biometrik, jadi penting untuk mengatur janji secara cepat dengan mengikuti petunjuk dalam surat permintaan.

        Interview

        Meskipun informasi yang kamu kirimkan biasanya cukup, wawancara mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.

        Pengaturan Kesejahteraan

          Jika kamu berusia di bawah 18 tahun, kamu harus memiliki wali siswa yang bepergian ke Australia bersama kamu atau sudah tinggal di Australia. Wali resmi harus salah satu dari berikut ini:

          • Orang tua
          • Kustodian hukum
          • Relatif di atas usia 21 tahun

           

          Wali harus memiliki cukup uang untuk mendukung kamu serta diri mereka sendiri, dan menyediakan akomodasi, kesejahteraan, dan dukungan lainnya. Jika wali bepergian bersama kamu ke Australia, mereka dapat mengajukan Student Guardian Visa (subclass 590) bersama dengan aplikasi visa kamu.

          Illustration of male student standing in front of school

          Berpergian bersama Keluarga

          Jika ada keluarga yang akan menemani kamu selama belajar di Australia, kamu dapat memasukkan mereka ke dalam aplikasi visa studi. Untuk visa pelajar, ini termasuk pasangan dan anak-anak yang menjadi tanggungan. Anggota keluarga harus diberitahukan pada aplikasi visa pelajar meskipun mereka tidak berencana untuk bepergian ke Australia bersama kamu, atau mereka tidak akan bisa mendapatkan visa di masa depan.

          Waktu Proses

            Waktu pemrosesan untuk aplikasi visa studi lengkap bervariasi menurut sektor pendidikan dan dapat berkisar dari 30 hari hingga tiga bulan:

            • Aplikasi sektor sekolah: 41–84 hari
            • Aplikasi VET: 43–77 hari
            • Aplikasi pendidikan tinggi: 29–42 hari

            Namun, waktu pemrosesan rata-rata dapat berfluktuasi karena volume dan perubahan peraturan lainnya. Untuk jadwal terkini, selalu tinjau situs web Pemerintah Australia.

            Keputusan Visa

            Illustration of passport, visa, and other travel documents

            Kamu akan diberitahu tentang keputusan visa secara tertulis setelah aplikasi diproses. Jika visa ditolak, komunikasi tertulis akan mencakup mengapa ditolak dan apakah kamu memiliki hak untuk meninjau kembali keputusan tersebut.

             

            Jika visa kamu disetujui, komunikasi akan mencakup:

            • Nomor pemberian visa
            • Tanggal visa berakhir
            • Persyaratan visa, yang harus Anda penuhi selama Anda tinggal di Australia

            Karena visa tidak dicap di paspor, kamu harus menyimpan surat keputusan ini saat bepergian ke dan dari Australia dan selama kamu tinggal.

             

            Sudah siap untuk kuliah di Australia? Segera hubungi SALAK ED!!!

            0 comments

            • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

            Leave a comment

            Please note, comments must be approved before they are published