Panduan Proses Pendaftaran Studi Australia


Apakah kamu mempertimbangkan untuk belajar di Australia? Dalam posting ini, kita akan epxlore langkah-langkah proses pendaftaran studi di Australia dan hal-hal yang tidak ingin kamu lupakan untuk dicentang dari daftar.

 

Get Ready

Pertimbangkan untuk memulai penelitian sedini mungkin, sekitar 24 bulan sebelum jadwal perkuliahan dimulai. Ingat, beberapa dokumen mungkin perlu dikirimkan secara fisik. Hal ini juga memberikan waktu saat kamu masih memiliki prasyarat atau prerequiresite mata pelajaran tertentu, jika diperlukan. Meskipun kualifikasi pendaftaran itu bervariasi, kamu harus memenuhi skor pada tes kemahiran bahasa Inggris 

Tes bahasa Inggris yang paling diakui di Australia adalah International English Language Testing System (IELTS), Test of English as a Foreign Language (TOEFL), Pearson PTE Academic (PTE), dan Cambridge Assessment English (CAE).

Biasanya, siswa yang mendaftar ke program sarjana membutuhkan salah satu dari yang berikut:

  • Skor IELTS antara 6.0 dan 6.5, dengan tidak ada band kurang dari 5.5 atau 6.0
  • Skor TOEFL (internet-based test, iBT) antara 60,0 dan 90,0 secara keseluruhan
  • Skor Akademik PTE antara 50 hingga 64 secara keseluruhan
  • Skor CAE antara 169 hingga 176 secara keseluruhan, tanpa skor kategori di bawah 169

Terkadang, siswa dapat mengikuti kelas bahasa Inggris tambahan sebelum perkuliahan dimulai dengan menyelesaikan kursus ELICOS (English Language Intensive Courses for Overseas Students).

 

Siapkan Dokumennya 

Dengan 12 hingga 13 bulan lagi, mulailah menyusun dokumen. Berikut dokumen yang harus diserahkan:

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Untuk mendapatkan salinan transkrip akademik yang disahkan, hubungi sekolah SMA kamu. Jika transkrip kamu tidak dalam bahasa Inggris, luangkan waktu untuk menerjemahkannya.

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Luangkan waktu untuk mengerjakan statement of purpose. Isi pernyataan ini dengan bagaimana pendidikan kamu telah dipersiapkan untuk jurusan yang didaftarkan, dan mengapa kamu memilihnya.

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Pertimbangkan untuk meminta surat referensi dari guru atau atasan sebelumnya. Seseorang yang dapat menawarkan referensi positif yang spesifik dari perspektif akademis atau profesional sangat ideal.

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Mulailah menyusun portofolio, jika mendaftar ke program seperti desain, seni, software engineering, dan arsitektur.

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Ingatlah untuk menyertakan informasi seperti salinan halaman pertama paspor, info kontak darurat, dan daftar referensi (jika diperlukan.)

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Jika kamu telah mengambil cuti dari studi, kamu mungkin diminta untuk menjelaskan study gap kamu. Bisa dalam bentuk surat referensi, slip gaji, atau surat pernyataan.

An illustration of a purple ribbon with a white check mark on it. Apakah kamu perlu menulis entrance exam untuk program studi atau universitas kamu? Jika demikian, cari tahu kapan, dan kapan harus diserahkan.

 

 

 

Timeline Pendaftaran

Siswa internasional yang tertarik untuk belajar di Australia dapat mendaftar sepanjang tahun. Sebagian besar lembaga akademik memiliki dua semester atau lebih per tahun, dan menerima siswa baru setiap semester.

Batas waktu pendaftaran bervariasi berdasarkan kampus dan jurusan. Jurusan dengan permintaan yang lebih tinggi sering kali memiliki tenggat waktu yang lebih cepat, sementara jurusan lain tetap buka sampai kelas terisi penuh. Secara umum, tenggat waktu akhir kira-kira dua bulan sebelum dimulainya setiap semester akademik.

 

Penilaian Genuine Temporary Entrant

Saat melamar masuk ke Australia, siswa internasional harus menyelesaikan penilaian Genuine Temporary Entrant (GTE). Ini digunakan untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut datang ke Australia untuk belajar, dan kemungkinan akan kembali ke negaranya setelah lulus.

Siswa harus melengkapi pertanyaan GTE sebelum menerima tawaran masuk universitas. Beberapa kampus akan mengirimkan tautan kepada siswa untuk melengkapi kuesioner setelah mendaftar.

Siswa harus menyerahkan Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) bersama dengan kuesioner GTE. SOP menguraikan tujuan karir, rencana studi, dan latar belakang. Setelah mengirimkan kuesioner dan SOP, universitas juga dapat mengundang siswa untuk wawancara.

 

Hasil Pendaftaran dan Rencana Perjalanan

 

Dengan empat atau lima bulan lagi, kamu akan mulai mendengar kabar dari institusi tempat kamu mendaftar. Sekarang, bersama Salak Edu, kamu bisa menentukan pilihan program apa yang akan kamu ambil jika mendaftar ke lebih dari 1 kampus, dan membayar uang sekolah.

Kemudian, mulailah merencanakan kehidupan kamu sebagai siswa internasional! Mengatur tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan pengaturan perjalanan. Ada banyak hal yang bisa ditemukan di luar kampus juga. Lihatlah area tersebut untuk mengetahui apa yang membuatnya istimewa, sebagai pembelajaran yang dapat membantu lingkungan baru yang akan menjadi seperti rumah. Sebulan sebelum kelas dimulai, kirimkan detail kedatangan kamu

Apa kamu sudah siap untuk mendaftar ke universitas impian kamu? Mulai langkahmu, dari sini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published