Panduan Proses Pendaftaran Studi USA


Apakah kamu akan ingin belajar di Amerika Serikat sebagai mahasiswa internasional? kamu akan bergabung dengan populasi siswa internasional terbesar di dunia. Pada tahun 2020, lebih dari satu juta siswa internasional melakukan perjalanan ke AS untuk pendidikan pasca SMA.

 

Mulai Lebih Awal

Pertimbangkan untuk memulai riset 24 bulan sebelum dimulainya perkuliahan kamu. Hal ini akan memberi kamu waktu untuk menyelesaikan kelas prasyarat atau prerequisite untuk beberapa kursus, jika diperlukan. Plus, beberapa dokumen mungkin perlu dikirimkan secara fisik. Meskipun kualifikasi pendaftaran itu bervariasi, kamu harus memenuhi skor pada tes kemahiran bahasa Inggris.

Tes yang paling dikenal di AS adalah Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS). Lihatlah persyaratan kampus impian kamu, apakah tes lain seperti Tes Pearson Test of English (PTE) atau Duolingo English Test diterima.

Sebagian besar pelamar mahasiswa sarjana membutuhkan salah satunya:

  • Skor IELTS antara 6.0 dan 7.5, dengan tidak ada band kurang dari 6.0
  • Skor TOEFL (internet-based test, iBT) antara 60,0 dan 100,0 secara keseluruhan

 

Persiapan Dokumen

Dengan 12 hingga 13 bulan lagi, mulailah menyusun dokumen. Berikut daftarnya:

An illustration of a light bulb. Untuk mendapatkan salinan resmi transkrip akademik/raport, hubungi sekolah SMA kamu. Ingat: Jika transkripnya tidak dalam bahasa Inggris, kamu harus menerjemahkannya ke penerjemah tersumpah.

An illustration of a light bulb. Jika diperlukan menulis ujian masuk, cari tahu tanggal ujian dan kapan batas penyerahannya.

An illustration of a light bulb. Sisihkan waktu untuk mengerjakan pernyataan atau esai pribadi jika itu menjadi persyaratan.

An illustration of a light bulb. Jika jurusan kamu meminta surat referensi, guru atau pemberi kerja sebelumnya adalah orang yang bisa ditanyakan kesediannya. Pastikan mereka dapat memberikan referensi yang kuat dan spesifik, karena referensi umum atau yang lemah dapat merusak peluang masuk.

An illustration of a light bulb. Kumpulkan portofolio, jika diperlukan. Jurusan design, seni, software engineering, dan arsitektur biasanya akan meminta portofolio.

An illustration of a light bulb. Jangan lupa untuk menyertakan informasi seperti salinan halaman pertama paspor, info kontak darurat, dan daftar referensi.

An illustration of a light bulb. Jika kamu telah mengambil cuti untuk bekerja atau berkeluarga, kamu mungkin akan diminta keterangan gap study. Bisa dalam bentuk surat referensi dari atasan, slip gaji, atau surat pernyataan. 

Setelah kamu memutuskan program mana yang didaftarkan, periksa halaman program individual untuk persyaratan tertentu.

 

Timeline dan Opsi Pendaftaran

Batas waktu pendaftaran itu bervariasi menurut jurusannya. Kebanyakan di AS memulai kelas pada bulan September dan dianggap sebagai awal tahun ajaran. Beberapa program juga ada yang dimulai pada bulan Januari atau Mei. Program dengan permintaan yang lebih tinggi sering kali memiliki tenggat waktu yang lebih cepat, sementara yang lain tetap buka sampai penuh.

Institusi di Amerika menawarkan kepada siswa salah satu opsi berikut saat mereka mendaftar:

  • Regular Decision (RD): Ideal untuk siswa yang tidak yakin di mana mereka ingin mendaftar. RD memungkinkan siswa mengambil lebih banyak waktu untuk menyelesaikan aplikasi mereka atau mengambil kembali ACT atau SAT mereka. Sebagian besar siswa mengirimkan aplikasi melalui RD yang dilakukan pada bulan Januari.
  • Early Action (EA): Berguna bagi siswa yang tidak yakin tentang menghadiri institusi tertentu. Siswa dapat mendaftar ke beberapa institusi melalui tindakan awal. Batas waktu aplikasi biasanya pada awal November.
  • Early Decision (ED): Terbaik untuk siswa yang tahu persis di mana mereka ingin belajar. Mungkin sulit untuk mundur dari ED, karena aplikasi adalah kontrak yang mengikat. Batas waktu aplikasi adalah pada awal November.
  • Rolling Admission (RA): Pilihan yang baik untuk siswa yang mendaftar ke satu institusi melalui EA, kemudian memutuskan ingin kuliah di kampus yang berbeda. Opsi ini juga tersedia jika siswa menyelesaikan aplikasi lebih awal. Tenggat waktu RA fleksibel; siswa dapat mengajukan aplikasi mereka mulai tahun masuk di bulan Autumn/Fall dan Spring.

 

Hasil Pendaftaran dan Info Visa Pelajar

Dengan empat atau lima bulan lagi, kamu akan mendapat kabar dari institusi tempat mendaftar. Saat mengajukan permohonan masuk ke Amerika, siswa internasional harus melengkapi Formulir I-20, yang akan dikirimkan kepada kamu setelah mendapat surat diterima masuk dari universitas. I-20 menyatakan kelayakan kamu untuk status siswa non-imigran.

Setelah I-20 selesai, kamu harus membayar biaya SEVIS I-901, dan mendaftar online untuk visa pelajar non-imigran (F-1), menggunakan Formulir DS-160. Sebagai bagian dari aplikasi, kamu juga perlu menjadwalkan wawancara visa.

Setelah mendapatkan visa F-1, mulailah mengatur keperluan saat menjadi siswa internasional. Buat penelitian tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan rencana penerbangan. Jangan lupa ada banyak hal yang bisa ditemukan di luar kampus juga. Sebulan sebelum kelas dimulai, kirimkan detail kedatangan kamu ke pihak mana pun yang membutuhkannya. Best of luck!

 


Apa kamu sudah siap untuk mendaftar ke universitas impian kamu? Mulai langkahmu, dari sini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published