FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Apa Saja Perbedaan IELTS General vs Academic?

Apa Saja Perbedaan IELTS General vs Academic?

Kamu telah memutuskan untuk mengikuti tes IELTS dan siap untuk mendaftarkannya. Sebelum mendaftar, kamu perlu mengetahui format tes mana yang akan diambil.

Ada dua jenis tes IELTS: Academic dan General Training. Mengapa ada dua tes berbeda? Nah, tes Akademik dan General Training digunakan untuk tujuan yang berbeda dan penting untuk mengetahui bagaimana masing-masing tes tersebut digunakan. Ada juga perbedaan dalam format antara kedua pengujian tersebut.

Bagian Listening dan Speaking sama untuk kedua tes, tetapi kamu akan menemukan materi pelajaran yang berbeda di bagian Reading dan Writing. Di bawah ini, kami telah merinci perbedaan antara IELTS Umum dan Akademik untuk membantu kamu mengetahui format tes mana yang tepat!

IELTS Academic

Everyday English book

Sesuai dengan namanya, IELTS Akademik terutama ditujukan bagi siswa yang ingin diterima di studi pasca sekolah menengah dengan bahasa Inggris sebagai pengantar. Misalnya, jika kamu ingin belajar di luar negeri di perguruan tinggi atau universitas Kanada, kamu harus menyerahkan skor tes IELTS Akademik sebagai persyaratan dari pendaftaran.

Namun, tes Akademik tidak hanya untuk siswa. Banyak profesional luar negeri dan pelamar kerja mungkin juga diminta untuk menyerahkan skor IELTS Akademik. Hal ini terutama berlaku di bidang medis, karena dokter, perawat, apoteker, dan profesional terkait lainnya perlu menulis versi ujian ini agar dapat bekerja seperti di Kanada atau Australia.

Tes Akademik menunjukkan bahwa kamu memiliki pemahaman bahasa Inggris tingkat lanjut. Secara khusus, format ini menguji keterampilan membaca dan menulis yang tidak selalu menjadi bagian dari komunikasi sehari-hari di antara penutur bahasa Inggris.

Anggap saja ini sebagai pengantar kecil untuk jenis bahasa yang akan ditemui di universitas dan pengalaman kuliah saat belajar di negara berbahasa Inggris.

Kita akan membahas apa yang dapat diharapkan dari segi konten Tes Akademik nanti tapi sebelum kita melakukannya, mari kita lihat tes Pelatihan Umum.

Baca juga: 5 Jurusan Bisnis di Luar Negeri yang Banyak Peminatnya!

IELTS General Training

woman carrying white and green textbook

Jika kamu mendaftar untuk imigrasi umum di negara-negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Australia, dan Inggris, tes IELTS General Training adalah pilihan yang tepat!

Beberapa perusahaan multinasional menggunakan skor IELTS General untuk menentukan kemampuan bahasa Inggris karyawan asing. Tes ini mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris kamu dalam lebih banyak situasi sehari-hari, seperti di lingkungan sosial atau kerja.

Oke, setelah kami menjelaskan perbedaan utama antara tes Akademik dan General, mari kita lihat bagaimana setiap tes disusun.

Baca juga: 6 Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Akuntansi di Australia!

Perbedaan IELTS Academic vs General

Format Pengujian

Seperti yang disebutkan di bagian pendahuluan, kedua versi tes IELTS memiliki bagian Listening dan Speaking yang sama. Kamu akan menemukan topik dan jenis pertanyaan yang sama. Jadi, apakah kamu berencana mengambil tes Akademik atau General, persiapanmu akan sama untuk dua bagian ini.

Bagian Reading dan Writing adalah cerita yang berbeda. Meskipun format bagian ini serupa - kedua versi Reading meminta kamu menjawab 40 pertanyaan dan kedua versi Writing berisi dua tugas menulis - isinya sangat berbeda.

Inilah yang akan kamu dapatkan:

Academic Reading

  • Menilai keterampilan pemahaman membaca bahasa Inggris tingkat lanjut.
  • Menggunakan bagian-bagian dari jurnal profesional dan akademis, seperti buku, majalah, dan koran.

General Reading:

  • Menilai keterampilan pemahaman membaca bahasa Inggris umum.
  • Menggunakan bagian-bagian dari buku panduan, iklan, majalah, dan bahan tertulis serupa.

Academic Writing:

  • Tugas menulis berdasarkan topik yang ditemukan dalam pengaturan akademis dan profesional.
  • Jawaban harus ditulis dengan gaya formal.

General Writing:

  • Tugas menulis seperti esai dasar dan penulisan surat.

Sistem Penilaian

Ada satu perbedaan yang sangat penting tentang bagaimana kedua format IELTS dinilai.

Sementara Listening, Speaking, dan Writing dinilai dengan cara yang sama pada format Akademik dan Umum, namun tidak untuk Reading. Kedua versi dinilai pada skala yang sama (dari 40). Namun, karena tes Reading Akademik mengandung kosakata dan konten yang lebih sulit, jawaban yang benar diberi bobot lebih tinggi.

Misalnya, skor 30/40 pada Academic-Reading diterjemahkan menjadi skor band 7. Tetapi pada General-Reading, 30/40 menghasilkan skor band 6. Dengan kata lain, kamu memerlukan jumlah jawaban benar yang lebih tinggi pada tes General-Reading untuk mendapatkan band score yang lebih tinggi.

Baca juga: Program 1 Tahun Blockchain Development di George Brown College

Apakah IELTS General Lebih Mudah Daripada IELTS Academic?

Memiliki kinerja yang baik pada tes Akademik membutuhkan keterampilan Reading dan Writing bahasa Inggris yang lebih maju, jadi dari perspektif ini… ya, tes Umum IELTS lebih mudah.

Namun, perbedaan ini sebenarnya tidak terlalu berarti. Mengapa? kamu mungkin tidak punya pilihan format mana yang akan digunakan.

Jika kamu mendaftar ke universitas dan perlu menyerahkan skor IELTS Academic, bukan berarti kamu dapat mengikuti tes General. Oleh karena itu, lebih penting untuk mengetahui format tes mana yang akan diikuti dan memahami apa yang menjadi tujuan kamu.

Baik mengambil Academic atau General, memiliki rencana studi yang tepat pada akhirnya akan membawa kesuksesan!

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Kamu bisa mengandalkan Salak Ed. Kami adalah agen pendidikan luar negeri yang akan membantumu mempersiapkan diri untuk kuliah di kampus impian!

Kami memberikan layanan berupa konsultasi minat, persiapan dokumen pendaftaran kuliah, hingga kepindahan ke negara tujuan. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut!