Perbedaan Tipe Tes Bahasa Inggris


Jika kamu adalah siswa internasional yang berfikir untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, baik di Canada atau USA, kemungkinan besar kamu harus menyelesaikan tes kemampuan berbahasa Inggris terlebih dahulu. Sebagian besar universitas mengharuskan siswa internasional menyelesaikan beberapa jenis tes untuk mendaftar studi, dimana hasilnya untuk menunjukan bahwa kamu mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris, sehingga tidak akan menghadapi terlalu banyak kesulitas selama masa studi.

 

Ada beberapa tes kecakapan bahasa inggris yang dapat diambil, dan penting juga untuk melihat universitas mana yang menerima tes tersebut. Berikut ini, 3 tes kecakapan bahasa inggris yang banyak digunakan oleh Universitas di luar negeri:

 

Tipe-tipe Tes

Sebelum kita melihat perbedaannya, berikut adalah informasi singkat dari tiga tes bahasa Inggris yang diterima secara luas.

1. International English Language Testing System (IELTS)

IELTS sering dibawa oleh pelajar internasional untuk masuk ke negara commonwealth, seperti negara Australia, UK dan beberapa negara Eropa juga Canada!

 

2. Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

TOEFL relatif mirip dengan tes IELTS. Namun, sekolah S2 dan berbagai program MBA biasanya membutuhkan TOEFL.

 

3. Pearson Test of English (PTE)

Tes PTE dibuat oleh Pearson, yaitu perusahaan penerbitan pendidikan yang terkenal di USA. Dari ketiga tes, PTE merupakan tes terbaru dalam daftar.

 

 

 

 

Detail Tes

1. Durasi

 

Masing-masing dari tes bahasa inggris diatas memiliki durasi yang berbeda. Tes IELTS adalah tes yang terpendek dari tes lainnya dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 45 menit untuk menyelesaikannya. Tes PTE adalah tes yang biasanya membutuhkan waktu 3 jam untuk menyelesaikannya, tes PTE dapat kerjakan di komputer. TOEFL merupakan tes terpanjang yang membutuhkan waktu hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, TOEFL dapat dikerjakan diatas kertas atau di komputer.

 

2. Scoring

 

Setiap tes bahasa inggris, memiliki sistem skor yang berbeda. Skor IELTS diukur pada skala 0-9, skor PTE menggunakan skala 10-90 sedangkan TOEFL diukur pada skala 0-120. Khusus TOEFL, setiap bagian mendapatkan skor antara 0-30. Sebagian besar program studi membutuhkan skor keseluruhan minimal 90-95. 

Untuk siswa internasional yang mungkin melamar di Ivy League School, skor 113 biasanya merupakan nilai minimum. Dalam semua kasus, penting untuk mempertimbangkan persyaratan skor minimum masing-masing sekolah.

Selain sistem skor, setiap tes bahasa inggris memiliki penilaian berbeda-beda. Tes IELTS dinilai secara manual oleh penilai, sedangkan tes PTE dinilai sepenuhnya secara otomatis oleh sistem. Dan TOEFL, sebagian dinilai oleh manusia, dan bagian yang lain dinilai oleh sistem penilaian otomatis.

 

3. Content

 

Ketiga tes bahasa inggris tersebut mencakup: Reading, Writing, Speaking dan Listening. Namun, setiap tes memiliki cara berbeda untuk menilai bagian-bagian tersebut. TOEFL dan IELTS memiliki format yang serupa, mengikuti tes standar gaya Amerika seperti esai, pertanyaan lisan singkat, pilihan ganda dan pertanyaan isian. Untuk PTE, disisi lain menghindari format tes standar. Satu pertanyaan esai dan berbagai jenis pertanyaan membentuk konten ujian.

4. Biaya 

Biaya tes dapat bervariasi tergantung pada lokasi yang kamu pilih untuk mengikuti tes. Biaya untuk mengikuti ujian IELTS di Indonesia adalah sebesar Rp. 3.000.000. Biaya tes PTE antara Rp. 3.300.000 sampai Rp. 4.200.000. Dan terakhir, biaya untuk mengikuti tes TOEFL sebesar Rp. 2.500.000.

 

5. Penerimaan

 

Beberapa hal yang sering dilupakan oleh siswa internasional, yaitu tes bahasa inggris mana yang dapat diterima oleh sekolah pilihan kamu? dan tes apa yang tersedia di lokasi kamu?

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa setiap negara mungkin memerlukan pengiriman tes yang berbeda. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar kamu melakukan penelitian yang tepat.

 

Salak Edu menerima ketiga tes bahasa inggris diatas, loh!

Temukan informasi selanjutnya, disini!

 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published