Panduan Proses Pendaftaran Studi Canada


Apakah kamu ingin belajar di luar negeri sebagai mahasiswa internasional sarjana di Kanada? Ada banyak langkah dalam proses pendaftarannya, tetapi jika kamu punya cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya, kamu bisa menyiapkan diri lebih awal.

 

 

Mulai Lebih Awal

Buat penelitian sedini mungkin. Bisa mulai dari 24 bulan sebelum pendaftaran. Ingat, beberapa dokumen mungkin perlu dikirimkan secara fisik. Juga, pastikan untuk memperhitungkan beberapa minggu yang dibutuhkan banyak institusi untuk memproses aplikasi siswa yang masuk.

Untuk mulai belajar tentang seperti apa belajar di luar negeri, bicarakan dengan orang-orang yang pernah bekerja atau belajar di Kanada. Tanyakan tentang pengalaman mereka, dan apa yang mereka ingin ketahui sebelum tiba.

Dengan 20 bulan lagi, lanjutkan penelitian bersama Salak Edu untuk membuat target pendaftaran. Tergantung pada programnya, kamu harus memenuhi atau melampaui skor pada tes bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS. Biasanya, siswa diminta skor IELTS minimal 6,0 atau skor TOEFL antara 70,0 dan 90,0.

 

 

Menyiapkan Dokumen

Dengan 12 hingga 13 bulan lagi, mulailah menyusun dokumen. Berikut daftarnya:

An illustration of a light bulb.Untuk mendapatkan salinan transkrip akademik yang disahkan, hubungi SMA kamu. Waktu pemrosesan transkrip bervariasi, jadi sebaiknya minta ini sesegera mungkin.

Pro Tip: Jika transkrip Anda tidak dalam bahasa Inggris, pertimbangkan waktu untuk menerjemahkannya.

An illustration of a light bulb.Beberapa institusi akan meminta kamu untuk mengisi formulir otorisasi third-party. Ini memberikan izin kepada universitas untuk mencari informasi tentang kamu, atau melakukan informasi yang berkaitan dengan pendidikan.

An illustration of a light bulb.Mulailah menyusun portofolio pekerjaan, jika mendaftar ke program seperti  desain, seni, software engineering, atau program arsitektur.

An illustration of a light bulb.Jika kamu telah mengambil cuti untuk bekerja atau mengurus keluarga, kamu mungkin akan dimintai dokumen study-gap. Dokumentasi dapat mencakup surat referensi dari perusahaan, slip gaji, atau surat pernyataan.

An illustration of a light bulb.Jangan lupa untuk menyertakan informasi seperti salinan halaman pertama passport, info kontak darurat, dan daftar referensi (jika diperlukan).

An illustration of a light bulb.Jika kampus meminta surat referensi, guru/dosen dan juga atasan kamu di tempat kerja sebelumnya bisa ditanyakan untuk kamu jadikan sebagai referensi. Selalu minta referensi dari orang yang akan memberi rekomendasi kuat.

An illustration of a light bulb.Sisihkan waktu untuk mengerjakan pernyataan atau esai pribadi, jika diminta. Ini adalah cara yang bagus untuk membagikan bagaimana kamu telah mempersiapkan diri untuk studi.

 

Timeline Pendaftaran

Ini juga merupakan saran yang baik untuk mempelajari kapan jadwal pendaftaran akan segera tutup. Banyak program studi yang menerima mahasiswa baru pada bulan September saja.

Jadwal Intake untuk studi di Kanada tersedia pada:

  • Fall: Batas waktu pendaftaran adalah antara Januari dan Maret. Perkuliahan dimulai pada bulan September.
  • Summer: Batas waktu aplikasi berkisar antara Desember dan Februari, dengan perkuliahan dimulai pada bulan Mei.
  • Winter: Batas waktu aplikasi berkisar antara Juli dan Oktober. Semester dimulai pada bulan Januari.

Mulailah proses pendaftaran segera setelah dokumennya siap. Idealnya, memulai pendaftaran sembilan bulan sebelum memulai studi. Ini memberi kamu cukup waktu untuk mengajukan visa pelajar. Sebenarnya, untuk mengajukan izin belajar Kanada, kamu memerlukan Letter of Acceptance atau surat penerimaan dari institusi tempat kamu akan belajar. 

 

Timeline Visa Pelajar

Dibutuhkan beberapa bulan untuk memproses visa pelajar, jadi faktor penundaan itu harus masuk kedalam timeline kamu. Per April 2022, Pemerintah Kanada memperkirakan bahwa izin belajar akan memakan waktu 13 minggu untuk diproses. Kamu dapat menggunakan kalkulator pemerintah untuk melihat perkiraan waktu pemrosesan.

Sebagai bagian dari aplikasi izin belajar, kamu akan membuat rencana studi yang menguraikan bagaimana studi kamu akan berdampak pada karirmu kedepannya.

 

Hasil Pendaftaran dan Rencana Perjalanan

Dengan empat atau lima bulan lagi, kamu akan mulai mendengar kabar dari institusi tempat kamu mendaftar. Sekarang, bersama Salak Edu, kamu bisa menentukan pilihan program apa yang akan kamu ambil jika mendaftar ke lebih dari 1 kampus, dan membayar uang sekolah.

Kemudian, mulailah merencanakan kehidupan kamu sebagai siswa internasional! Mengatur tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan pengaturan perjalanan. Ada banyak hal yang bisa ditemukan di luar kampus juga. Lihatlah area tersebut untuk mengetahui apa yang membuatnya istimewa, sebagai pembelajaran yang dapat membantu lingkungan baru yang akan menjadi seperti rumah.

Apa kamu sudah siap untuk mendaftar ke universitas impian kamu? Mulai langkahmu, dari sini!

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published