Dapatkah Diterima Jika Menunjukkan Emosi di Tempat Umum


Berbeda Negara, berbeda pula kultur atau budaya juga. Sering kita lihat di beberapa Negara ada yang secara terang-terangan menunjukkan rasa kasih sayang, kemarahan ataupun emosi lainnya. Namun, di beberapa Negara lainnya ada yang merasa bahwa hal tersebut sangatlah tidak nyaman karena bisa saja mengganggu public dan merasa hal tersebut merupakan hal pribadi.

Bisa saja kalian dicaci karena berpelukan di tempat umum untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Di Kanada sendiri, tidak lazim melihat orang menunjukkan rasa kasih sayangnya karena kebanyakan orang Kanada konsisten dengan privasi masing-masing orang. Tetapi ada penerimaan secara implisit dari kasih sayang yang ‘positif namun netral’, seperti misalnya teman lama yang bertemu dijalan setelah waktu yang lama, atau ucapan selamat untuk pencapaian karir atau pendidikan mereka.

Berteriak di depan umum adalah hal yang tidak umum, kecuali orang yang mabuk atau sedang marah. Jika ada aksi seperti kekerasan atau seseorang sedang diserang, baik secara verbal maupun fisik, Polisi bisa saja datang untuk menyelesaikan tingkah laku seperti ini. Secara umum, di Kanada sendiri masyarakatnya sangat menghindari konflik dan konfrontasi.

Aturan untuk bereaksi dan menunjukkan kasih sayang dan emosi sangat mirip saat di Kantor.  Kesopanan sangat dihargai dan ini menunjukkan batasan pada jenis tampilan kasih sayang. Salam dalam bentuk jabat tangan, terlepas dari pangkat atau jenis kelamin, membuktikan bahwa orang Kanada sangat toleran. Rekan-rekan yang sudah mengenal baik mungkin akan mengizinkan diri mereka untuk mengekspresikan kasih sayang secara lebih terbuka, termasuk ciuman di pipi. Biasanya orang Kanada akan memberikan dua ciuman di setiap pipi jika dan ketika mereka mencium.

Warga Kanada cukup tidak menghargai perilaku agresif atau mengatur dan memiliki sikap toleransi yang rendah untuk berteriak dan menunjukkan kasih sayang. Di Quebec atau di banyak komunitas imigra, emosi mungkin lebih bebas diungkapkan. Tapi banyak Kanada Anglophone merasa tidak nyaman dengan demonstrasi yang membuat kericuhan yang kuat, terutama jika itu dengan seseorang yang mereka kenal dengan baik.

Jadi, sebelum menunjukkan bagaimana sebaiknya kita berprilaku, identifikasi dan lihat dulu bagaimana cara mereka bertingkah laku. Bagaimanapun juga, kita ini pendatang di Kanada dan harus bisa mengikuti budaya yang biasa mereka lakukan. Dan yang pasti, jangan sebebas dan semau kalian yaa. Apalagi jika kebiasaan negative kalian saat berada di Indonesia, diterapkan di Kanada. Akan sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu warga Kanada.

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published