Seberapa Penting Kegiatan Ekstrakurikuler?


Pengalaman belajar bisa dalam bentuk apapun dan kapanpun, tidak harus selalu dengan membaca buku di sekolah. Dengan adanya penambahan kegiatan ekstrakurikuler akan mengarah pada pengembangan karakter kepribadian yang positif. Pelajar internasional harus memanfaatkan kesempatan tersebut, karena akan mendorong kamu untuk mengambil tantangan di luar tanggung jawab akademis.

Discovering Extracurricular Activities in College - University Language  Services

Penjelasan

Pada dasarnya, kegiatan ekstrakurikuler adalah aktivitas yang dapat kamu pilih untuk mengembangkan minat. Kamu dapat mengubah banyak minat kamu menjadi kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini dapat berupa semua hal yang berada di luar kurikulum sekolah. Misalnya, jika kamu menyukai olahraga, maka kamu bisa bergabung dengan tim sepak bola, Jika kamu memiliki minat membaca buku komik atau wisata, kamu dapat bergabung dengan klub dan bagikan pengalaman kamu kepada orang lain. Jika kamu suka makan, maka kamu dapat ikut serta dalam kelas memasak. Kamu pun bisa menjadi seorang pemimpin untuk aktivitas ekstrakurikuler baru yang kamu minati dan dapat diikuti orang lain.

Keuntungan

    Menurut Kaitlin Ramby dari World Education Service (WES), ekstrakurikuler memiliki empat keuntungan:

    1. Lebih mudah memahami budaya lokal
    2. Kamu dapat menciptakan peluang bersosialisasi
    3. Kesempatan mendapatkan banyak masukan untuk resume kamu
    4. Bisa untuk memfokuskan hobi kamu

     

    Meskipun sebagian besar aktivitas ekstrakurikuler berlangsung di dalam kampus universitas, namun beberapa aktivitas dapat dilakukan di luar kampus. Misalnya seperti University of Idaho yang melakukan kegiatan di alam liar. Kegiatan tersebut menempatkan siswa di luar zona nyaman mereka untuk mempelajari pengelolaan hutan belantara dan kepemimpinan luar ruangan di tengah-tengah hutan belantara University of Idaho yang indah.

    How Extracurricular Activities Keep Kids out of Trouble and Get Into College

     

    Selanjutnya mari kita bahas mengenai empat manfaat kegiatan ekstrakurikuler. Dengan melakukan jenis kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa internasional untuk berbaur dengan komunitas lokal. Selain itu, kegiatan eksrakurikuler juga dapat menarik siswa internasional lainnya, sehingga bisa mendapatkan kesempatan yang lebih luas lagi untuk belajar dan terhubung dengan budaya yang berbeda. Selain itu, resume yang baik dapat memperlihatkan kemajuan dalam hal pencapaian, keahlian, dan sifat. Dengan mengambil peran kepemimpinan dalam komite mahasiswa, klub universitas dan asrama akan meningkatkan resume sarjanamu. Dan jika berhasil menyelesaikan peran tersebut, memungkinkan bagi banyak perusahaan untuk mempertimbangkan nilai kelayakan kerja kamu.

    Nilai Akhir 

    Meskipun memperoleh nilai A itu penting, namun jangan lupa meluangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan lain di luar tanggung jawab akademis. Kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga intramural, kompetisi, dan kelas seni yang memungkinkan kamu untuk bersantai dan mengidentifikasi hobi baru. Universitas akan mendukung kegiatan ekstrakurikuler, karena pihak universitas ingin mahasiswanya mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal. Secara keseluruhan, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler akan mengarah pada pengalaman yang akademis yang memuaskan.

    Ingin tahu kegiatan kampus mana saja yang dapat menunjang karir kamu di luar negeri? Segara hubungi Konselor Kami!

    0 comments

    • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published