Study Suppy Chain Management di Conestoga College


Conestoga College adalah salah satu Public College (Perguruan Tinggi Negeri) yang memiliki reputasi baik, dan banyak siswa internasional yang studi disana. Memiliki 3 kampus yang berlokasi di Waterloo, Kitchener dan Cambridge. Bergabung bersama kami, Irka Dewi Vitirani, student's of Conestoga College dalam Webinar Series Salak Education Consulting dengan tema "Student's Sharing Experience". Disesi ini Irka akan berbagi pengalaman mengapa pilih Canada, mengapa pilih program Supply Chain dan alasannya memilih Conestoga College. Hal ini akan sangat menarik untuk kalian tonton recordingnya! 

 

Why Study in Canada

Dari segi Culture: Banyak sekali pelajar dari negara lain dan menerima imigran dari manapun dan tidak membeda-bedakan. Sejak 2011, ada lebih dari 20% minioritas di Kanada yang tiap tahunnya akan terus naik. High women workforce participation rate, sangat mensupport setiap wanita yang ingin bekerja.

Dari segi Language: Bahasa dasar dari mereka adalah bahasa Inggris dan french. Jadi kita tidak perlu belajar bahasa lain untuk datang ke Kanada karena bahasa dasar mereka bisa menggunakan bahasa Inggris. 

Dari segi Opportunity: Kanada memasuki nominasi Top 10 Ekonomi terbaik. Ekonomi Kanada besar dan meningkat sehingga negaranya berkembang dan aman. Jika kita merupakan pendatang baru, kita tidak akan merasa diasingkan dan akan tetap merasa aman. Work permit dapat diporoleh setelah datang kesini, bukan sejak setelah kuliah dan didapatkan dengan waktu yang singkat. Sangat banyak pekerjaan dan area yang harus diisi, area yang sangat luas sehingga pemerintah membutuhkan banyak imigran. Jadi proses kita untuk menjadi warga Kanada akan sangat dimudahkan. 

Living in Kitchener

Kitchener, memiliki daerah tidak terlalu besar, tenang, nyaman untuk ditinggali dan strategis, kamu dapat memilih daerah yang bisa ditinggali. Banyak toko toko dan tempat untuk bersantai. Memiliki  beberapa tempat yang lengkap, sehingga kita tidak perlu kesusahan jika ingin membeli suatu barang atau kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa university disekitar, jadi biasa disebut student friendly city. 

Why Conestoga College

Conestoga College milik pemerintah, namun kampusnya memiliki fasiltas besar dan baik. Daerah yang sangat luas dan tertata dengan bersih. Banyak tempat-tempat untuk support student yang dapat membantu student saat disana. Conestoga memiliki banyak sekali program, dari mulai bidang kesehatan, kuliner dan lainnya. Conestoga dekat dengan beberapa tempat kerja sehingga memudahkan para student yang ingin bekerja sambil kuliah. Setelah lulus dalam 2-3 bulan, 90% student akan dapat bekerja disini. Daerahnya sangat tenang dan lengkap, terbuka luas, jadi jika bekerja tidak perlu jauh ke kota lain.

Experience Studying Supply Chain Management

Function yang menghubungkan development dan commercial. Bagian yang meneliti kandungan produk yang akan diproduksi. Ada juga dibagian memasarkan (Marketing). Diantara mereka pasti ada bagian mengirimkan barang (Supply Chain) identik dengan logistik atau distribusi, tidak hanya mengirimkan barang tapi harus murah, cepat dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Sub-Function, bagian customer services, demand (menghitung berapa banyak barang yang akan dikirim), procurment (pembelian) itu juga termasuk bagian dari supply chain. 

COVID-19 Quarantine Story

Keberangkatan: Dari jakarta berangkat jam 6 pagi sampai di Ontario jam 5 sore. Ada proses imigrasi & visa yang memakan 2 jam dan mengambil student permit. Mengambil koper dan mengharuskan swab (saat 2020 covid-19 sedang memuncak). Sebelum tiba, sebaiknya sudah mendownload beberapa aplikasi yang nantinya akan memudahkan kita saat sudah tiba di Kanada walaupun belum diisi segala persyaratannya. Saat telah tiba di Kanada, akan dibantu oleh guide untuk pengisian persyaratan aplikasinya. 

Karantina di hotel 3 hari: Mengalami jetlag yang membuat tubuh tidak enak. disediakan sarapan, makan siang, dan makan malam namun dalam porsi yang sangt banyak (untuk orang indonesia). Sangat membosankan, namun waktunya bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lenih banyak dan berolahraga di sekitar kamar. 

Karantina di hotel 11 hari: Pada hari ke 8, melakukan self swab untuk mengecek apakah terpapar covid-19 atau tidak. Karantina 11 hari ini sudah tidak terlalu membosankan lagi, jetleg yang mulai mereda, mulai merencanakan apa saja yang akan dilakukan setelah keluar dari karantina. 

Self PCR: Saat melakukan PCR sendiri, bagian panduan kan tertera pada aplikasi yang telah di download saat swab pertama dibandara. Lalu ada video cara penggunaan, dan aturan2 yang harus dilakukan setelahnya. 

Tuition dan Cost

Tuition: 18.000 CAD sudah mencakup course fee, e-text, mandatory health insurance (bersifat wajib), sudah termasuk biaya fasilitas, konsultasi selama dikampus, bantuan mencari kerja, barang2 seperi tumbler, kaos kaki dan lainnya. Untuk biaya untuk naik bus tidak termasuk kedalam 18.000 CAD, setiap naik bus harus membayar 2,5 CAD sedangkan untuk 300 CAD/4 bulan sudah termasuk murah. 

Living Cost : 1,100 CAD sudah termasuk penyewaan kamar+utility (700), pembelian makanan dan snack menyesuaikan kebutuhan masing-masing (120). pembelian kaos jaket skincare (150), skincare dari indonesia tidak cocok untuk di Kanada karna perbedaan cuaca. Kebutuhan internet menyesuaikan penggunaan (40), bisa saja dikampusmu memiiki fasilitas wifi bahkan di apartement tempatmu tinggal juga menyediakan sehingga biaya pengeluaran internetmu ringan.

Tips and trick

  • Jika bingung untuk menentukan tempat belajar dimana, itu tergantung pada priorotas masing-masing. Jika kamu fresh graduate dan ingin fokus kuliah, berarti cari kampus dan program yang diinginkan, tetap fokus pada kampusnya. Kampus bagus belum tentu ada di kota bagus. Jika kamu selesai S1 dan ingin fokus bekerja, bisa memilih kota yang memiliki tempat bekerja lebih banyak. Jika kamu ingin menghabiskan waktu pensiun dan bersantai, memilih kota yang lebih tenang namun aman.
  • Harus bisa lancar berkomunikasi, memasak (karena makanannya belum friendly terhadap lidah orang Indonesia), harus bisa membaca peta, dan selalu menjaga kesehatan.
  • Memiliki uang cash Kanada dan kartu kredit akan memudahkan kita untuk bertransaksi. Tidak harus banyak, namun cukup untuk membeli makanan, menyewa hotel atau membeli perlengkapan yang dibutuhkan.
  • Jika perlu, kita memiliki checklist barang barang yang akan dibawa agar memudahkan kita jika ditanya saat tiba dibandara.
  • Mencari basic needs, jika kamu butuh kendaraan, SIN number, dan aplikasi yang bisa digunakan saat di Kanada.
  • Bergabung dengan club yang berasal dari negara yang sama seperti kita.
  • Kamu dapat meneliti kebiasaan-kebiasaan orang sana agar kita terbiasa dengan kebiasaan mereka, seperti bagaimana mereka mengantri, mereka melakukan tarnsaksi, dan lainnya. 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published