Sudah Punya O- dan A-Level? Bisa Digunakan untuk Kuliah di Kanada


Jika Anda telah memiliki GCSE O-Level dan A-Level, Anda dapat menggunakan keuntungan akreditasi ini untuk mendaftar kuliah di Kanada. Beberapa sekolah International di Indonesia pun sudah cukup mengenal dengan sistem akreditasi ini. Berikut istilah yang akan digunakan dalam artikel ini:

GCSE General Certificate of Secondary Education
GCE General Certificate of Education
O-Level Ordinary Level
A-Level Advanced Level
GPA

Grade Point Average

 

Sebelum membahas pendaftaran kuliah dengan GCSE lebih jauh, Anda bisa menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu:

1. Apakah Anda telah memiliki Ijazah SMA?

2. Dalam Raport atau transcript Anda, apa Anda mengambil kelas atau kursus yang spesifik?

Jika Anda menjawab "ya" untuk kedua pertanyaan itu, Anda memiliki reputasi baik untuk diterima di universitas atau perguruan tinggi di Kanada. Sekolah yang Anda pilih untuk mendaftar akan meninjau transkrip Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah menyelesaikan kursus tertentu. Kursus-kursus ini adalah mata pelajaran yang dapat diuji secara provinsional dan skor yang Anda raih akan digunakan untuk menentukan IPK atau rata-rata nilai Anda. Perlu diingat bahwa University atau College akan memerlukan IPK tertentu sebagai bagian dari persyaratan penerimaan mereka. Anda bisa sebutkan atau berikan bukti persyaratannya kepa konselor kami pada saat sesi konsultasi.

Sebagai bagian dari persyaratan untuk masuk langsung ke perguruan tinggi atau universitas Kanada, Anda harus menyelesaikan GCE dengan setidaknya lima mata pelajaran O-Level dan dua mata pelajaran A-Level. Jika Anda seorang siswa dengan Level AS, kampus-kampus Kanada membutuhkan minimal empat mata pelajaran Level AS sebagai pengganti dua A-Level.

Perlu diperhatikan bahwa sistem sekolah menengah Kanada itu akan selesai pada tingkat 12 atau kelas 12, sama seperti di Indonesia. O-Level saja tidak akan membuat Anda memenuhi syarat untuk masuk ke University atau College Kanada karena mereka setara dengan Kelas 11 Kanada.

Jika Anda berada dalam posisi ini tanpa subjek A-Level, tak perlu khawatir, masih ada pilihan lainnya. Anda tak perlu tinggal di negara asal untuk menyelesaikan siklus A-Level dua tahun penuh. Dengan mata pelajaran O-Level Anda, Anda dapat menerima kredit untuk Kelas 11 dan menyelesaikan satu tahun studi setara yang tersisa sebelum Anda memulai program akademik di University atau College Kanada. Selain itu, beberapa lembaga menawarkan program penyelesaian sekolah menengah yang dipercepat.

Setelah Anda menyelesaikan mata pelajaran A-Level Anda, Anda berada di tingkat akademik yang lebih tinggi. Anda bahkan dapat diberikan kredit transfer untuk tahun pertama universitas Anda, tergantung pada institusi masing-masing. Hal ini akan menghemat waktu dan uang Anda, juga tak perlu mengulang kursus jika telah mengambil yang setara.

Ingin memeriksa eligibility Anda dan menerima bantuan dengan aplikasi Anda? Silahkan konsultasi disini, gratis!

 

Informasi artikel ini bersumber dari CIC News.

 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published