FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Tips Aman Tinggal di Luar Negeri Sebagai Siswa Internasional

Tips Aman Tinggal di Luar Negeri Sebagai Siswa Internasional

Studi di luar negeri adalah pengalaman yang menyenangkan bagi siswa internasional. Dengan bepergian ke negara lain dapat memberi kamu akses yang lebih baik bagi pendidikan dan karier.

Namun, studi di luar negeri pun bisa menakutkan. Pindah ke negara baru dengan bahasa dan kebiasaan berbeda mungkin membuat kamu kewalahan.

Ketika kamu berada di tempat baru dan asing, keamanan sering kali menjadi prioritas utama. Dari tindakan pencegahannya, kamu harus sudah merasa siap sebelum pergi. Berikut beberapa cara agar kamu sebagai siswa internasional tetap aman di luar negeri:

Two students walking down a path

Bersikap Waspada

Salah satu hal yang paling sederhana yang dapat kamu lakukan sebagai siswa internasional untuk menjaga keselamatan diri adalah tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Biasakan diri kamu dengan rute dan lingkungan sekitar sebaik mungkin.

Periksa kembali sekolah tempat kamu akan studi sebelum memutuskan untuk pergi, kemungkinan besar sekolah memiliki sistem keamanan agar para siswa tetap aman ketika berada di lingkungan sekolah. Sebagai siswa internasional, kamu juga harus memiliki lebih banyak informasi tentang mempelajari lingkungan sekitar.

Ketika hendak berjalan kaki, sebaiknya jangan menggunakan headphone agar tetap aman. Hindari area yang belum kamu ketahui atau kurang penerangan di malam hari, dan sebisa mungkin jangan berjalan sendiri, ajaklah teman kamu.

Mintalah rekomendasi tentang rute teraman kepada teman, keluarga angkat atau kepada orang yang tahu akan wilayah yang akan kamu tuju. Sehingga kamu tetap dapat mengabari teman atau keluarga angkat mengenai lokasi dimana kamu berada.

Menghindari Penipuan

Maraknya penipuan yang memanfaatkan komunitas yang rentan seperti pelajar internasional adalah hal biasa, maka kamu tetap harus selalu berhati-hati terhadap orang sekitar, dan jangan sembarangan memberikan informasi pribadi kepada orang lain.

Saat berada di restoran atau toko, sebaiknya gunakan uang cash untuk membayar, simpanlah kartu kredit atau debit dengan sebaik mungkin, jangan berikan kartu kredit atau debit kepada siapa pun, dan hindari memberikan informasi perbankan atau kartu kredit kepada siapa pun yang menelepon dari orang yang tidak di kenal.

Penipuan melalui telepon cukup umum. Berhati-hatilah terhadap siapa pun yang menelepon kamu, misalnya telepon dari Canada Revenue Agency, yang biasa nya mengancam atau meminta pembayaran segera melalui transfer elektronik, bitcoin, atau gift cards. Jika perlu, sebaiknya tutup saja teleponnya dan hubungi organisasi yang asli melalui situs web yang valid.

Berhati-hatilah saat memilih universitas atau perguruan tinggi, agar terhidar dari organisasi "diploma mills". Organisasi tersebut mengklaim bahwa mereka menawarkan gelar nyata, tanpa memerlukan prestasi atau studi akademis. Carilah perekrut dengan reputasi yang baik, itu dapat membantu kamu menghindari penipuan akademis dan memilih institusi yang terakreditasi.

Dengan meningkatnya laporan penipuan perumahan siswa, mungkin cukup sulit untuk menemukan perumahan siswa yang layak dan terjangkau, maka penting bagi kamu untuk berhati-hati saat mencari tempat tinggal.

Jika kamu mencari persewaan secara online, Google Reverse Image Search akan memberitahu kamu jika beberapa gambar didapat dari beberapa postingan atau website lain. Sebaiknya kamu meminta seseorang yang kamu percaya untuk melihat apartemen secara langsung, seperti agen persewaan yang memiliki reputasi yang baik.

Ada beberapa tanda bahaya yang harus diperhatikan oleh siswa internasional. Misalnya, ketika kamu akan membeli suatu barang dengan harga di bawah harga barang yang serupa, kemungkinan besar itu adalah penipuan. Jika penjual tanah meminta uang sebelum perjanjian apapun ditandatangani, kemungkinan itu pun termasuk penipuan.

Sebagai siswa internasional, penting untuk mengetahui hak-hak kamu sebagai penyewa. Hak-hak tersebut dapat bervariasi, jadi lihat peraturan setempat untuk mengetahui informasi dan simpanan apa yang boleh diminta oleh pemilik sewa. Misalnya, di Ontario, pemilik sewa tidak boleh meminta uang jaminan kerusakan.

Students socializing outside

Keamanan Saat di Acara Sosial/Festival

Perguruan tinggi adalah tempat untuk bertemu dengan orang baru dan membuat kenangan. Banyak kesempatan untuk kamu sebagai siswa internasional untuk bersosialisasi. Namun tetap harus berhati-hati, karena acara sosial pun memiliki kesempatan memasuki situasi yang membahayakan.

Sebelum kamu memutuskan untuk minum atau pergi ke bar setempat, konfirmasikan usia legal untuk minum, karena setiap wilayah berbeda-beda. Kamu akan diminta untuk menunjukkan setidaknya satu identitas, namun di tempat yang berbeda mungkin akan diminta menunjukan dua identitas.

Kamu harus merencanakan terlebih dahulu bagaimana akan pulang. Apapun yang sedang kamu lakukan, jangan minum minuman beralkohol saat mengemudi. Juga tidak aman untuk menerima tumpangan dari orang asing, kecuali untuk taksi dan aplikasi berbagi tumpangan terkemuka.

Penting bagi semua siswa untuk mematuhi peraturan, terlebih lagi bagi siswa internasional. Menggunakan obat-obatan terlarang atau minum di tempat umum dapat mengakibatkan deportasi.

Transportasi yang Aman

Transportasi dapat sedikit berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Pelajar internasional dapat tetap aman dengan meninjau jadwal bus atau kereta lokal.

Banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa jadwal lokal dan mencari rute. Aplikasi Transit adalah contoh bagus dari aplikasi yang menawarkan informasi angkutan umum yang mudah untuk lebih dari 200 kota. Banyak sistem angkutan umum juga akan menawarkan aplikasi atau situsnya sendiri.

Dengan duduk di dekat pengemudi dapat memberikan keamanan kepada siswa jika terjadi insiden. Banyak sistem transit juga yang menawarkan layanan khusus untuk orang yang bepergian pada malam hari. Jangan takut dan sungkan untuk bertanya kepada supir bus, apakah dapat berhenti tepat pada tempat tujuan kamu saat malam hari

Taksi juga merupakan salah satu alat transportasi yang aman, meskipun biaya nya lebih mahal. Kamu dapat menyimpan nomor telepon perusahaan taksi lokal.

Aplikasi berbagi tumpangan seperti Uber dan Lyft adalah alternatif taksi yang populer dan lebih terjangkau di banyak kota. Perusahaan tersebut memiliki beberapa fitur keamanan. Saat kamu menggunakan aplikasi berbagi tumpangan, selalu pastikan untuk memeriksa nomor plat kendaraan, dan tunggu sampai pengemudi mengkonfirmasi nama kamu sebelum masuk.

Banyak perguruan tinggi dan universitas yang menerapkan program perjalanan atau jalan kaki yang aman di kampus. Mencatat lokasi penjemputan dan nomor telepon program apa pun akan memungkinkan untuk kamu menggunakan layanan ini saat berada di kampus pada malam hari.

 

Student working at kitchen table

Tetap Aman di Rumah

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan siswa internasional untuk tetap aman di tempat tinggal kamu.

Pertama, jangan biarkan orang yang tidak kamu kenal masuk ke asrama atau apartemen tempat kamu tinggal. Kunci pintu dan jendela setiap saat meskipun kamu berada dalam asrama atau apartemen.

Dengan mengenal tetangga asrama atau apartemen, dapat membantu kamu  mengetahui tamu yang tidak dikenal, dan setidaknya ada seseorang untuk dihubungi jika terjadi sesuatu.

Yang Perlu Diketahui Tentang Human Trafficking

    Human Trafficking adalah masalah keamanan yang dimiliki oleh banyak siswa internasional. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh siswa internasional dalam kontak pribadi atau profesional:

    • Menawarkan kesempatan yang terasa tidak realistis, seperti gaji yang sangat tinggi untuk pekerjaan mudah.
    • Menuntut tanggapan atas tawaran mereka segera, atau menekan kamu untuk mengambil keputusan.
    • Menyangkal kontak kamu dengan keluarga atau teman.
    • Mencoba memotong kamu dari sumber keuangan kamu.
    • Meminta kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai.
    • Mengancam kekerasan atau merespons secara agresif.

    Jika kamu merasa berada dalam bahaya, sebaiknya tinggalkan tempat tersebut atau beri tahu kontak terpercaya sesegera mungkin, meskipun rasanya tidak sopan. Sebagai tindakan pencegahan, kamu mungkin ingin mengembangkan kata pengaman yang dapat kamu komunikasikan melalui telepon untuk menunjukkan bahwa kamu sedang dalam keadaan tidak aman.

    Simpan semua dokumentasi dan identifikasi penting. Pengusaha dan mitra tidak berhak menuntut kepemilikan barang-barang tersebut. Buat salinan dokumen atau berikan salinan identifikasi apa pun dan berikan kepada anggota keluarga.

    Mahasiswa internasional harus memastikan bahwa mereka selalu memiliki akses ke uang dan jalur komunikasi. Membawa kartu panggil prabayar bisa menjadi rencana cadangan yang bagus.

    Students taking notes at seminar

    Mengakses Sistem Keamanan Darurat.

    Sebelum kamu berangkat ke tempat tujuan, pastikan untuk mencari nomor darurat untuk wilayah itu. Nomor darurat di Kanada dan Amerika Serikat yaitu 911, sedangkan di UK 999.

    Memanggil nomor darurat lokal akan memberi kamu akses ke polisi, layanan pemadam kebakaran, dan layanan ambulans. Di banyak wilayah, translate mungkin tersedia dalam bahasa yang kamu mengerti jika kamu kurang lancar berbahasa inggris..

    Universitas dan kampus sering kali memiliki banyak layanan yang tersedia untuk siswa internasional. Dari konseling hingga klinik medis, sekolah kamu kemungkinan besar memiliki sumber daya yang dapat kamu manfaatkan.

    Percaya pada Firasatmu

    Belajar di luar negeri adalah pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. Karena sekolah di seluruh dunia membuka peluang pendidikan dan karier yang tak terhitung jumlahnya.

    Perjalanan seorang diri dan tinggal di tempat baru selalu memiliki potensi risiko. Kamu dapat menjaga diri sendiri agar tetap aman di luar negeri dengan mempersiapkan diri, memercayai naluri, dan menggunakan sumber daya yang tersedia.


    Dengan merencanakan ke depan, kamu dapat merasa aman dalam keputusan kamu untuk belajar secara internasional, dan memberikan lebih banyak waktu untuk pengalaman baru.

     

    Looking for your opportunity to study abroad? Get started with Salak Education.