Tips and Trick Mendapatkan Kerja di Kanada sebagai Internasional Student


 

Siapa yang tidak mengingikan berkerja di negara maju seperti Kanada. Pengalaman yang didapat dengan bekerja di negara maju sangatnya berharga. Tentunya, semua ini tidak bisa didapat dengan mudah. Butuh kemauan dan semangat dari diri sendiri untuk bisa meraih kesuksesan di negara orang. Sebagai international student atau imigran, tentunya membutuhkan usaha dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang sudah lahir atau besar di Kanada untuk dapat meraih kesuksesan. Berikut ini adalah beberapa pengalaman dari para student Indonesia yang berhasil mendapatkan pekerjaan di Kanada:

 

1. Volunteer

               Volunteer adalah langkah pertama yang dapat student lakukan untuk mendapatkan pengalaman bekerja di Kanada dan bersosialisasi dengan berbagai macam student dari berbagai negara. Volunteer juga merupakan suatu media untuk dapat mengetahui bidang yang kita minati. Sebagai internasional student, sangat penting untuk mempunyai “Canadian Experience”, karena ketika mencari kerja, employeer akan melihat dan mempertimbangkan “Canadian Experience” dalam proses seleksi. Dengan memperbanyak volunteer, secara langsung kita telah membangun Canadian Experience.

 

2. Membangun Relasi dengan Dosen

               Mengapa membangun relasi dengan dosen itu penting? Karena Dosen bisa membantu kita memberikan informasi mengenai volunteer dan peluang kerja di kampus. Menjadi mahasiswa yang pro-aktif sangatlah penting untuk menjadi unggul di antara murid lain dan menjadi perhatian para Dosen. Sebagai contohnya, jika dosen mengetahui dan mengenal kita lebih dekat, besar kemungkinan kita bisa bekerja dengan dosen tersebut sebagai researcher atau assisten dosen. Halini dapat menjadi pengalaman yang sangat penting.

 

3. Tidak malu untuk memulai dari Bawah

               Mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang kita minati merupakan impian semua orang. Akan tetapi kita harus mulai dari bawah untuk bisa mencapai sesuatu yang kita inginkan. Sebagai contoh, banyak internasional student yang memulai pengalamanannya dari bekerja part-time di kampus, restorant, perpustakaan, bahkan di supermarket. Sebagai internasional student di Kanada, diperbolehkan untuk bekerja 20 jam perminggu. Dengan berkerja part-time, tidak hanya pengalaman yang didapatkan tetapi juga tambahan uang saku.

 

4. Membuat resume dan  mengikutimock interview.

               Resume yang kita punya di Indonesia akan sangat berbeda dengan standar resume di Kanada. Dengan itu, perlulah untuk berkonsultasi dengan Career Advisor, untuk membantu dalam proses penyusunan resume until menonjolkan pengalaman dan kualifikasi yang diperlukan dalam pekerjaan. Career Advisor mempunyai banyak informasi mengenai pekerjaan yang tersedia di market dan membantu kita untuk memyesuaikan pengalaman kita dengan kualifikasi yang employer butuhkan. Selain itu, mock interview juga sangat penting untuk melatih kita mengetahui dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ketika interview pekerjaan. Hal ini juga sangat membantu kita untuk membangun percaya diri ketika interview dengan employer.

              

5.. Menghadiri  “Career Fair”

               Kampus di Kanada biasanya mengelar acara “Career Fair” dengan mendatangkan beberepa employer dari berbagai macam industry. Di ajang inilah kita dapat mengetahui pekerjaan yang tersedia di pasaran dan kualitas pengawai yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. Cobalah untuk menghadiri dan berbicara dengan employer tersebut untuk mengetahu lebih dalam kualifikasi yang mereka cari dan mencoba untuk merefleksikan kualifikasi tersebut kepada diri sendiri.

 

6. Memperkaya ilmu dan pengalaman dengan menghadiri Free Workshop

                Banyak sekali workshop gratis di Kanada yang dapat dihadiri untuk menambah soft skills dan hard skills. Biasanya acara ini diadakan oleh asosiasi program kuliah kamu. Sebagai contoh, kalau kamu di Engineering, akan banyak workshop di kampus kamu yang membahas mengenai topik di bidang ini. Lihat juga komunitas industri di kota kamu tinggal

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published