FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

10 Tips Sukses Beradaptasi Saat Kuliah di Luar Negeri

10 Tips Sukses Beradaptasi Saat Kuliah di Luar Negeri

Banyak hal yang kamu perlu persiapkan sebelum kamu kuliah di luar negeri. Berikut adalah tips-tips sukses untuk beradaptasi:

1. Belajar Hidup Mandiri Sejak Dini

Pastikan kamu sudah mandiri sejak kamu sebelum berangkat karena kamu akan melakukan semuanya sendiri. Ini dimulai dari cuci baju, menyiapkan dan memasak makanan, berangkat kuliah, pergi ke dokter ketika kamu sakit, sampai mengganti ban sendiri jika ban kamu pecah.

Ini akan membantu kamu menjadi mahasiswa mandiri dan juga mengurangi biaya kamu hidup di luar negeri. Sebagai contoh jika kamu memasak, ongkos makanan biasanya hanya sampai sekitar $3 per meal, tapi kalau kamu mesan makanan di restoran, bisa mahal hinggal $20 per meal.

Sama juga dengan ganti ban, ongkos ganti ban dan ganti oli di Kanada sebagai contoh adalah sekitar $100.

2. Jangan hanya bergaul dengan orang Indonesia saja

Salah satu kesalahan terbesar mahasiswa internasional adalah mereka terlalu banyak bergaul dengan orang Indonesia saja. Yang terjadi adalah ketika mahasiswa-nya lulus, bukannya bisa Bahasa inggris lancer, malah bisanya Bahasa sunda.

Walaupun penting menjaga silahturami, pastikan kamu juga aktif di kegiatan lokal yang memaksa kamu untuk bergaul dengan orang lokal. Ini juga akan membantu kamu mencari network yang potentially bisa membantu kamu mencari kerja setelah lulus.

3. Aktif volunteer

Walaupun volunteer tidak dibayar, ini sangat penting karena ini adalah kegiatan yang kamu bisa masukkan ke CV/Resume sehingga menunjukkan ke calon employer kamu bahwa kamu orang yang enak untuk diajak kerja sama.

Agar tidak bosan, pastikan juga kamu volunteer kegiatan yang kamu minati atau berkaitan dengan tujuan karir kamu. Jika kamu di sekolah bisnis, ya aktif di kegiatan bisnis. Jika kamu di nutrisi, jadilah aktif di kegiatan non-profit bidang nutrisi.

4. Jangan ragu gunakan resource kampus

Pastikan kamu tahu semua resources yang available untuk kamu sebelum kamu mulai kuliah. Secara umum biasanya ada program mentorship, writing tutor, ataupun academic tutor yang siap untuk membantu kamu sukses di tempat kuliahmu. Jangan ragu gunakan service ini karena sudah termasuk biaya kuliah kamu.

5. Cari kerja part-time dan magang/internship

Banyak mahasiswa Indonesia yang merasa tidak butuh kerja part-time karena akan mengurangi waktu untuk belajar.

Walaupun benar, tapi kerja part-time menunjukkan bahwa kamu mampu untuk manage waktu kamu secara efektif dan mampu bertanggung jawab sehingga di mata employer kamu jauh lebih dewasa dibanding orang yang tidak pernah bekerja.

Sepengalaman saya, semua mahasiswa Indonesia yang sukses berkarir, pasti pernah kerja part-time sebelum lulus.

Kalau ada program magang, itu juga penting untuk bisa ikut, karena itu akan membantu kamu untuk mengisi resume kamu sehingga bisa jauh lebih impresif dibandingkan pelamar kerja lainnya.

6. Ikuti tata karma di luar negeri

Pastikan kamu belajar tata karma dan mengaplikasikan-nya dalam kehidupan kamu.

Sebagai contoh-nya adalah menahan pintu kalau kamu lihat ada orang dibelakang kamu, meminta maaf jika kamu bikin salah atau menggangu kenyamanan orang lain.

Jika ada teman orang lokal disekitar kamu pastikan kamu selalu berbicara Bahasa inggris walaupun kamu sedang ngobrol dengan orang Indonesia lainnya. Ini penting karena kamu tidak mau, teman kamu yang tidak bisa berbahasa inggris mengira kamu ngomongin mereka. 

Respect dan hormati orang lain sebagaimana kamu menghormati orang tua kamu. Sebagai contoh di Kanada, orang orang kanada sangat bangga atas diversity sehingga kamu akan mendapatkan masalah besar (bahkan masalah hokum) jika kamu rasis atau meledek orang yang berbeda dengan kamu, baik itu agama-nya, ras-nya, ataupun orientasi seksualnya.

7. Tidur cukup

Kuliah membutuhkan kamu untuk selalu sehat dan fokus. Karena itu pastikan kamu selalu dapat tidur cukup minimal 8 jam sehari. Banyak orang mengira bahwa minum kopi saja cukup, tapi itu tidak benar. Banyak riset yang mengatakan bahwa keitka kamu kurang tidur, kemampuan otakmu untuk belajar akan menurun drastis.

8.Jaga kesehatan dan aktif olahraga

Sama pentingnya dengan tidur, pastikan kamu selalu menjaga kesehatan kamu dan aktif olahraga. Ini akan memberi kamu tenaga tembahan untuk selalu bisa mencapai tujuan kamu, seperti part-time setelah kuliah atau volunteer sebelum kegiatan kuliah. Jangan sampai sakit karena di luar negeri akan jauh lebih report karena kamu tidak ada bantuan dari orang-tua yang bisa menjaga kamu.

9. Persiapkan baju winter

Pastikan kamu punya baju winter yang tepat ketika kamu kuliah di Kanada. Generally, saya rekomendasikan untuk belanja baju winter ketika sampai karena kamu ingin jaket yang sama dengan yang dipakai orang di sini. Walaupun winter memang dingin, dengan baju yang tepat kamu akan tetap bisa aktif outdoor di Kanada.

10. Catat semua pengeluaran kamu

Karena hidup di luar negeri cukup mahal, pastikan kamu selalu catat pengeluaran kamu. Ini akan membantu kamu untuk memastikan bahwa kamu tidak akan kekurangan uang yang akan menjadi masalah besar, apalagi ketika kamu tinggal sendirian di luar-negeri.

Kalau kamu perlu konsultasi dan bimbingan selama berkuliah di luar negeri, Salak Education siap membantumu. Yuk, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!