FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Visa Siswa Internasional ke UK

Visa Siswa Internasional ke UK

Inggris adalah salah satu tujuan teratas di dunia untuk siswa internasional, yang diakui karena reputasi akademik dan kualitas hidup yang tinggi. Sekitar 1 dari 5 siswa di Inggris adalah siswa internasional, dan wilayah ini memiliki siswa internasional terbanyak kedua di dunia.

Jika berminat untuk belajar di Inggris, Anda akan memerlukan visa, jadi kami merinci semua yang perlu diketahui untuk memulai proses itu.

 

 

Cara Mendaftar untuk Visa Pelajar UK

Pelajar yang berusia di atas 16 tahun memerlukan visa pelajar Umum (Tier 4), sedangkan pelajar yang lebih muda memerlukan visa pelajar Anak (Tier 4). Aplikasi visa ini diajukan secara online.

Siswa tidak dapat mengajukan permohonan visa lebih dari tiga bulan sebelum dimulainya program. Anda juga harus telah menerima tawaran masuk tanpa syarat dari sponsor Tier 4 berlisensi sebelum mendaftar.

Di UK, visa pelajar disponsori oleh institusi berlisensi tempat siswa akan belajar.

 

 

Kriteria Visa Pelajar UK

Visa pelajar umum hanya dikeluarkan untuk program atau kursus yang memenuhi salah satu kriteria berikut:

  • Full time yang mengarah ke kualifikasi yang setidaknya level 6 pada daftar Ofqual
  • Part time yang mengarah ke kualifikasi yang setidaknya level 7 pada daftar Ofqual
  • Kursus studi tingkat sarjana di luar negeri yang setara dengan kursus pendidikan tinggi Inggris dan dijalankan oleh lembaga pendidikan tinggi di luar negeri
  • Full time, dengan setidaknya 15 jam per minggu belajar siang hari yang terorganisir, yang mengarah ke kualifikasi yang setidaknya level 3 pada daftar Ofqual
  • Program foundation yang diakui sebagai pascasarjana dokter atau dokter gigi
  • Kursus bahasa Inggris di level B2 atau lebih tinggi pada Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa

     

     

     

     

    Dokumen yang Diperlukan untuk Visa Pelajar

    Pelajar internasional perlu menyerahkan beberapa dokumen pendukung sebagai bagian dari aplikasi visa pelajar online mereka. Anda dapat menggunakan situs web pemerintah UK untuk mengetahui dokumen mana yang perlu diberikan.

    Secara umum, siswa internasional memerlukan dokumen-dokumen berikut:

    • Paspor yang masih berlaku atau dokumen perjalanan lain yang sah
    • Konfirmasi Penerimaan Studi (Confirmation of Acceptance for Studies/CAS)
    • Informasi biometrik
    • Bukti kemampuan bahasa Inggris
    • Bukti bahwa Anda dapat membayar uang sekolah dan menghidupi diri sendiri (dan anggota keluarga lainnya yang bepergian bersama)
    • Bukti persetujuan orang tua atau wali sah lainnya dan hubungan mereka dengan Anda jika Anda seorang pelajar di bawah 18 tahun
    • Hasil tes tuberkulosis jika berasal dari negara tempat Anda harus mengikuti tes untuk masuk ke Inggris

       

      1. Konfirmasi Penerimaan Studi (CAS)

      Anda perlu meminta Konfirmasi Penerimaan Studi dari sekolah Anda setelah menerima tawaran tanpa syarat. Ini akan memberi Anda nomor referensi yang dapat dikutip saat mengajukan permohonan visa pelajar Inggris.

       

      2. Informasi Biometrik

      Saat Anda mengajukan aplikasi visa, akan diminta untuk membuat janji temu di pusat aplikasi visa untuk memberikan informasi biometrik Anda (sidik jari dan foto).

      Setelah tiba di Inggris, Anda akan dapat memperoleh Biometric Residence Permit (BRP). BRP adalah dokumen hukum yang merinci nama, tanggal, dan tempat lahir; informasi biometrik; status keimigrasian dan kondisi tinggal; dan apakah Anda memiliki akses ke layanan atau manfaat publik, seperti layanan kesehatan.

      Surat keputusan visa Anda akan menunjukkan di mana Anda dapat mengambil BRP, dan kapan harus diambil.

       

      3. Kemampuan Bahasa Inggris

      Pemerintah Inggris mengharuskan siswa untuk memiliki tingkat pengetahuan bahasa Inggris tertentu ketika mereka mengajukan permohonan visa pelajar. Persyaratan visa pelajar bahasa Inggris dapat berbeda dari yang dibutuhkan untuk masuk ke kursus yang diinginkan.

      Sponsor Tier 4 Anda akan menilai tingkat kompetensi bahasa Inggris Anda. Salah satu cara Anda dapat menunjukkan pengetahuan Anda tentang bahasa Inggris adalah dengan lulus tes bahasa Inggris Secure English language test (SELT) yang disetujui pemerintah, tetapi ini tidak selalu diperlukan. Institusi Pendidikan Tinggi (HEIs) seringkali dapat membuat penilaian bahasa mereka sendiri berdasarkan kualifikasi yang diajukan selama proses penerimaan dan mengabaikan persyaratan SELT.

       

      4. Kapasitas Finansial

      Siswa internasional harus menunjukkan bahwa mereka akan memiliki cukup uang untuk menutupi biaya dan pengeluaran perjalanan mereka dan tinggal di Inggris. Ini termasuk biaya perjalanan, biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya sekolah lainnya.

      Biaya hidup bulanan yang perlu ditunjukkan tergantung di mana Anda akan belajar di Inggris, karena biaya hidup jauh lebih tinggi di London. Pada Oktober 2019, pemerintah Inggris menetapkan biaya hidup menjadi:

      • £1,265 per bulan untuk siswa yang belajar di London untuk sebagian besar studi Anda (lebih dari 50% dari waktu belajar Anda)
      • £1,015 per bulan untuk siswa yang belajar di luar London atau di mana pun di Inggris untuk sebagian besar studi Anda (lebih dari 50% waktu belajar Anda)

        Anda harus memiliki dana yang cukup untuk tahun pertama studi, atau untuk seluruh kuliah jika kurang dari satu tahun. Jika datang dengan pasangan dan/atau tanggungan, Anda juga harus memiliki cukup uang untuk menutupi pengeluaran keluarga Anda.

        Anda dapat menunjukkan kapasitas keuangan ini dengan memberikan salinan laporan bank, perincian pinjaman apa pun yang Anda ambil, dan informasi tentang beasiswa apa pun yang telah diberikan kepada Anda.

        Biaya dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi Anda dapat memeriksa situs web Pemerintah Inggris untuk visa pelajar umum sebelum mendaftar.

         

         

        5. Biaya Tambahan Kesehatan

        Sebagai bagian dari biaya aplikasi visa, pelajar internasional diminta untuk membayar Immigration Health Surcharge (IHS) untuk diri mereka sendiri, dan siapa pun yang bepergian bersama mereka. IHS membantu mendanai sistem perawatan kesehatan Inggris, dan memberi siswa akses ke perawatan kesehatan gratis selama tinggal di Inggris.

        Ini berarti bahwa siswa tidak perlu membayar saat mengunjungi dokter, pusat kesehatan, atau rumah sakit selama di sekolah. Anda mungkin perlu membayar untuk perawatan gigi dan optik, dan obat apa pun yang diresepkan oleh dokter untuk Anda.

         

        6. Lama Tinggal 

        Visa pelajar T4 biasanya dikeluarkan selama masa studi Anda. Untuk studi yang berlangsung lebih dari enam bulan, siswa internasional dapat tiba di Inggris hingga satu bulan sebelumnya.

        Pada tahun 2020, Inggris meluncurkan visa kerja pasca-studi baru. Visa ini memungkinkan siswa internasional untuk tinggal di dalam negeri hingga dua tahun setelah lulus untuk mencari pekerjaan. Siswa yang memulai studi mereka pada musim gugur 2020 atau lebih baru akan memenuhi syarat.

        Visa kerja pasca-studi tersedia untuk lulusan program sarjana dan pascasarjana. Ini memungkinkan lulusan untuk bekerja dalam peran apa pun hingga dua tahun setelah lulus, di mana mereka harus mengajukan permohonan untuk pindah ke visa Tier 2, atau pekerjaan umum.

         

        7. Berpergian Bersama Keluarga 

        Siswa internasional yang disponsori oleh institusi pendidikan tinggi pada kursus di level 7 atau lebih tinggi, yang berlangsung selama sembilan bulan atau lebih, dapat mendaftar untuk membawa anggota keluarga tanggungan mereka ke Inggris. Sebuah tanggungan adalah:

        • Suami, istri, atau pasangan sipil siswa
        • Pasangan siswa yang belum menikah atau sesama jenis
        • Anak siswa di bawah 18 tahun – termasuk jika mereka lahir di Inggris selama Anda tinggal

           

          Waktu Pemrosesan Visa

          Keputusan visa umumnya dibuat dalam waktu tiga minggu setelah penunjukan biometrik di pusat aplikasi visa, meskipun waktu pemrosesan ini dapat berbeda di setiap negara.