FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

5 Strategi yang Harus Diikuti Jika Anda Serius Ingin Belajar di Luar Negeri

5 Strategi yang Harus Diikuti Jika Anda Serius Ingin Belajar di Luar Negeri

Memutuskan untuk belajar di luar negeri adalah keputusan yang mengubah hidup dan membutuhkan perencanaan yang matang. Dengan penelitian yang cermat, kami telah menyusun daftar strategi jangka panjang untuk diikuti. Jika Anda benar-benar serius ingin belajar di luar negeri, pastikan untuk membaca sampai akhir! Anda akan mendapatkan beberapa tips dan saran kami yang paling berharga dan memaksimalkan perjalanan studi Anda di luar negeri!

 

Strategi 1: Pilih Kota yang Terjangkau

Belajar di luar negeri di kota-kota besar seperti Toronto, London, atau New York bisa jadi mahal. Kota-kota ini biasanya juga memiliki biaya hidup yang lebih tinggi. Sangat penting untuk melakukan penelitian sendiri sejak dini. Anda mungkin ingin memilih kota yang masih menawarkan pendidikan berkualitas tinggi namun dengan biaya yang lebih hemat.

Saat melakukan riset, ingatlah untuk memperhitungkan biaya-biaya seperti:

  • Biaya kuliah
  • Perumahan
  • Transportasi
  • Pengeluaran harian

Semua faktor ini bertambah dan masing-masing berperan dalam berkontribusi pada pengeluaran Anda. Apakah Anda ingin belajar di Australia, Kanada, Irlandia, Inggris, atau Amerika Serikat, gunakan sumber daya di blog kami untuk membantu Anda menyusun anggaran yang sesuai.

Jika Anda memilih untuk belajar di kota atau komunitas yang lebih kecil, ini bisa memberi Anda peluang yang lebih baik setelah lulus. Anda akan memiliki lebih sedikit persaingan dalam mencari tempat tinggal atau pekerjaan setelah menyelesaikan studi Anda. Jika Anda serius ingin belajar di luar negeri, hal ini patut dipertimbangkan!

Tips: Jika Anda menyukai kehidupan kota, tetapi tidak suka dengan harganya yang mahal, ada baiknya Anda tinggal di tempat yang dekat dengan kota. Dengan begitu, Anda dapat memangkas biaya namun tetap dekat dengan fasilitas kota besar.

 

Strategi 2: Pertimbangkan Semua Pilihan Anda

Universitas, perguruan tinggi, dan sekolah kejuruan masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Pertimbangkan dengan saksama mana yang paling cocok untuk Anda, tergantung pada tujuan akademis dan karier Anda. Di bawah ini, kami telah menguraikan manfaat yang dapat ditawarkan oleh setiap jenis institusi pendidikan tinggi kepada siswa internasional:

 

Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi adalah pilihan pendidikan pasca sekolah menengah yang populer bagi banyak siswa internasional karena banyak program perguruan tinggi menawarkan jalur yang efisien untuk berkarir di beberapa bidang yang paling banyak diminati. Di negara tujuan seperti Kanada, program-program perguruan tinggi biasanya lebih singkat dan lebih murah daripada gelar universitas dan sering kali memiliki ukuran kelas yang lebih kecil.


Sekolah Kejuruan

Juga dikenal sebagai sekolah karir, teknik, atau perdagangan, lembaga-lembaga ini mengajarkan siswa internasional keterampilan terapan untuk digunakan dalam bidang khusus pilihan mereka. Jika Anda memilih untuk mempelajari disiplin ilmu yang banyak diminati di sekolah kejuruan, Anda akan siap bekerja di bidang tersebut, dan dibekali dengan keterampilan yang dapat digunakan langsung setelah lulus.


Universitas

Program universitas adalah pilihan pendidikan pasca sekolah menengah yang terkenal bagi siswa internasional. Universitas menawarkan berbagai macam gelar yang dapat diterapkan pada berbagai macam karir yang berbeda. Banyak kredensial universitas yang sangat dihormati dan diakui di seluruh dunia.

 

Lebih dari segalanya, tetaplah berpikiran terbuka dan jangan takut untuk mengubah ekspektasi Anda tentang tingkat studi yang akan Anda kejar. Seringkali, siswa merasa tertekan untuk mengejar pendidikan di universitas, padahal perguruan tinggi atau sekolah kejuruan mungkin lebih sesuai dengan tujuan mereka. Di sisi lain, beberapa siswa puas dengan perguruan tinggi atau universitas pertama yang mereka lihat, tanpa meneliti atau mempertimbangkan alternatif dengan benar. Penting untuk jujur pada diri sendiri dan mengeksplorasi setiap pilihan saat Anda mempertimbangkan cara belajar di luar negeri!

 

Strategi 3: Rencanakan Akomodasi Jauh-jauh Hari

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar dunia sedang mengalami krisis perumahan, sehingga sulit untuk menemukan tempat tinggal yang terjangkau, terutama bagi pelajar di kota-kota besar. Merencanakan akomodasi Anda lebih awal dapat menghemat banyak waktu dan uang dalam jangka panjang.

Ada banyak pilihan tempat tinggal yang tersedia untuk Anda, jadi sebaiknya buatlah pilihan yang paling sesuai dengan tujuan dan keuangan Anda. Di bawah ini, kami telah menguraikan beberapa pilihan akomodasi, serta beberapa informasi penting tentang masing-masing.

  • Akomodasi di dalam kampus: Terletak di dalam atau di dekat kampus, dan dilengkapi dengan paket makan. Biasanya direkomendasikan, dan terkadang wajib, untuk mahasiswa tahun pertama.
  • Akomodasi di luar kampus: Apartemen atau rumah yang mungkin atau mungkin tidak digunakan bersama dengan teman sekamar atau siswa lain.
  • Homestay: Tinggal bersama keluarga angkat, di mana Anda akan dapat belajar secara langsung tentang suatu budaya, berlatih bahasa Inggris, dan mendapatkan teman baru.

Ingatlah tips bermanfaat berikut ini saat mencari tempat tinggal:

  • Baca perjanjian sewa Anda dengan cermat, dan mintalah teman atau anggota keluarga yang tepercaya untuk membacanya sebelum menandatanganinya. Selain itu, jika Anda memiliki kesempatan, cobalah untuk mengunjungi tempat tinggal untuk memastikannya sesuai dengan yang diiklankan.
  • Bersiaplah untuk menyerahkan uang sewa bulan pertama dan terakhir sebelum pindah.
  • Beberapa tempat tinggal di luar kampus tidak termasuk utilitas sebagai bagian dari biaya sewa, jadi pastikan Anda menganggarkannya jika tinggal di luar kampus.
  • Rencanakan metode transportasi Anda jika Anda tinggal lebih jauh dari institusi Anda.

Lebih dari segalanya, mulailah mencari sedini mungkin. Mencari akomodasi seminggu sebelum kelas Anda dimulai biasanya tidak realistis atau tidak memungkinkan!

 

Strategi 4: Pelajari Bahasa Terlebih Dahulu

Apakah kelas Anda diajarkan dalam bahasa Inggris, Prancis, atau bahasa lainnya, memahami dan mempraktikkan bahasa resmi suatu negara adalah kunci untuk transisi yang lebih mudah. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara belajar di luar negeri, salah satu langkah tersulit dan terpenting adalah memahami, membaca, dan berbicara dalam bahasa tersebut secara akademis dan sosial.

Lulus tes kemampuan bahasa (seperti TOEFL atau IELTS) bukanlah satu-satunya alasan untuk belajar bahasa. Tidak ada jalan pintas yang bisa diambil di sini; untuk mendapatkan hasil maksimal dari pendidikan Anda, Anda harus fasih berbahasa Inggris atau bahasa yang Anda pelajari. Kenyataannya, jika Anda tidak dapat memahami atau berkomunikasi dengan profesor dan teman sekelas Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan dalam studi Anda.

Jadi, lakukanlah pembelajaran bahasa sejak dini, dan curahkan waktu dan upaya yang signifikan untuk itu. Beberapa cara untuk memasukkan pembelajaran bahasa baru ke dalam kehidupan sehari-hari Anda meliputi:

  • Mengunduh aplikasi pembelajaran bahasa, dan membiasakan diri untuk menggunakannya
  • Membaca novel, berita, atau buku panduan
  • Menulis jurnal atau cerita pendek
  • Menyimpan buku catatan berisi kata-kata yang berguna untuk menambah kosakata Anda
  • Bercakap-cakap dengan orang lain yang berbicara bahasa tersebut
  • Menempelkan catatan di sekitar rumah Anda dengan nama-nama benda rumah tangga dalam bahasa yang Anda pelajari

 

Strategi 5: Rangkullah Budaya Baru

Gunakan waktu yang Anda miliki sebelum memulai studi di luar negeri dengan mempelajari budaya, adat istiadat, dan perilaku di negara tujuan Anda. Anggaplah ini sebagai cara untuk mengatasi potensi gegar budaya atau rindu kampung halaman, sehingga Anda siap dan tahu apa yang diharapkan jika Anda serius ingin belajar di luar negeri.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Cuaca: Periksa kondisi cuaca dan iklim negara tujuan Anda, dan rencanakan pakaian yang ingin Anda bawa.
  • Hari libur dan festival: Cari tahu hari libur atau festival besar apa saja yang dirayakan, dan pelajari maknanya.
  • Frasa kunci dan bahasa gaul: Menonton film atau acara televisi dalam bahasa negara tujuan Anda dapat membantu dalam mempelajari frasa sehari-hari dan kata-kata gaul.
  • Makanan: Cari tahu tentang makanan populer di negara tempat Anda belajar, termasuk makanan cepat saji dan makanan rumahan.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk tujuan studi Anda, semakin nyaman Anda akan merasa ketika Anda tiba di sana. Kami berjanji!

Belajar di luar negeri disertai dengan serangkaian keputusan sulit yang harus diambil, yang bisa terasa membebani. Mungkin terasa banyak, tetapi jika Anda serius ingin belajar di luar negeri, adalah bijaksana untuk menganggap serius tujuan-tujuan ini dan mulai mengusahakannya, satu per satu.