FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Apa Itu IELTS dan Bagaimana Saya Mempersiapkannya?

Apa Itu IELTS dan Bagaimana Saya Mempersiapkannya?

International English Language Testing System (IELTS) adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang didasarkan pada kemampuan mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis yang dirancang untuk penutur bahasa Inggris non-penutur asli. Individu mungkin harus menyelesaikan tes IELTS untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris mereka jika mereka berencana untuk bekerja, berimigrasi, atau belajar di luar negeri. Pada artikel ini, kami akan membahas cara-cara untuk mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS. Perlu diingat bahwa target skor bervariasi berdasarkan persyaratan visa dan tempat Anda akan belajar atau bekerja. Untuk mengetahui skor yang dibutuhkan untuk Kanada, klik di sini.


Bagian IELTS Reading

Jika Anda belum melakukannya, pastikan Anda membaca buku, koran, majalah, dan artikel online berbahasa Inggris di waktu luang Anda. Saat membaca, pastikan Anda memahami poin-poin utama dan pesan keseluruhan yang ingin disampaikan oleh cerita tersebut. Anda harus bisa melakukan hal ini agar dapat berbagi dan mendiskusikan ide-ide ini dengan orang lain.

Anda dapat memilih untuk melatih kemampuan menulis bahasa Inggris Anda saat membaca dengan membuat catatan tentang detail-detail penting. Hal ini juga akan membantu Anda mengingat hal-hal yang penting sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dalam tulisan tersebut.

 

Bagian IELTS Speaking

Cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi IELTS adalah dengan membenamkan diri Anda dalam bahasa Inggris. Lakukan yang terbaik untuk terlibat dalam percakapan dengan orang lain sesering mungkin. Jika Anda tidak memiliki teman untuk melatih kemampuan bahasa Anda, bacalah buku atau majalah dengan keras.

Hal ini akan mendorong Anda untuk melatih pengucapan berbagai kata. Anda mungkin merasa konyol berbicara pada diri sendiri, tetapi hal ini terbukti membantu.

Semakin percaya diri Anda berbicara bahasa Inggris dengan suara keras pada diri sendiri, semakin baik Anda berbicara bahasa Inggris dengan orang lain dan terlibat dalam percakapan. Hal terburuk yang bisa Anda lakukan adalah ragu karena Anda tidak fasih. Anda akan fasih jika Anda berkomitmen dan berlatih secara konsisten.

Setelah Anda mulai merasa nyaman dengan kata-kata, cobalah mempelajari kata-kata gaul untuk membuat kalimat Anda terdengar lebih alami.

 

Bagian IELTS Listening

Sama halnya dengan persiapan bagian berbicara, pastikan untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Anda dapat mendengarkan acara televisi, lagu-lagu berbahasa Inggris, atau podcast.

Untuk mempersiapkan tes IELTS, pertama-tama dengarkan isinya, lalu ulangi apa yang diucapkan dengan suara keras. Penting juga untuk mendengarkan dan terlibat dalam diskusi kelompok. Dengan cara ini, Anda akan terbiasa dan nyaman mendengarkan berbagai hal yang berasal dari banyak orang.

 

Bagian IELTS Writing

Menulis bisa menjadi sebuah tantangan. Ini adalah keterampilan yang akan Anda kembangkan dan perkuat seiring berjalannya waktu. Faktanya, bahkan beberapa penutur asli bahasa Inggris bukanlah penulis yang kuat, meskipun mereka belajar menulis di sekolah.

Ketika menulis esai, berhati-hatilah. Mengikuti sebuah struktur itu penting. Struktur membantu aliran informasi yang disampaikan kepada pembaca.

Selain membaca koran dan majalah, pastikan untuk membaca contoh esai. Anda dapat menemukannya secara online. Biasakan diri Anda dengan berbagai struktur yang digunakan untuk membuat esai, seperti poin-poin yang dibuat dalam setiap paragraf dan topik esai. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri dan teruslah berlatih.

Ingat, Anda sedang diuji kemampuan komunikasi Anda, bukan pengetahuan umum Anda. Semoga berhasil!