Keuntungan Studi di Luar Negeri


Kalian mungkin pernah mendengarnya sebelumnya: belajar di luar negeri menjadi salah satu pengalaman paling bermanfaat bagi seorang mahasiswa. Bagi banyak siswa, ini adalah satu-satunya pengalaman paling berkesan dalam karir perguruan tinggi mereka. Dengan belajar di luar negeri, siswa memiliki kesempatan untuk belajar di negara asing dan menikmati daya pikat dan budaya dari negara baru. 

Apakah kalian ragu-ragu untuk belajar di luar negeri atau kalian sedang mencoba meyakinkan orang tua agar bisa studi di luar negeri?  Apa pun program studi di luar negeri yang kalian pilih, program tersebut kemungkinan besar akan meningkatkan kehidupan kalian dalam berbagai cara di luar kelas yang mungkin belum pernah kalian pikirkan. Penting untuk memahami manfaat konkret dari tinggal dan belajar di negara asing, dari gaji yang lebih tinggi hingga persahabatan seumur hidup, inilah manfaat nyata belajar di luar negeri.

  • Career Opportunities

man sitting on chair beside laptop computer and teacup

Source: Unsplash

Salah satu motivasi terbesar dalam memilih universitas adalah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah masa pembelajaran selesai. Ketika kalian lulus dan kembali ke rumah, kalian akan kembali dengan perspektif baru tentang budaya, keterampilan bahasa, pendidikan yang bagus, dan kemauan untuk belajar. Semua ini sangat menarik bagi calon pemberi kerja.

Banyak siswa yang mengatakan mereka sangat mencintai negara tuan rumah sehingga memutuskan untuk mencari pekerjaan di sana. Dengan meningkatnya jumlah siswa yang memilih untuk belajar di luar negeri, ternyata banyak pula yang berniat untuk bekerja di negara yang sama ketika mereka lulus.

 

  • Experience Different Culture

close shot of woman's face

Source: Unsplash

Banyak siswa yang memilih belajar di luar negeri meninggalkan kampung halamannya untuk pertama kalinya. Ketika mereka tiba di lingkungan yang baru, mereka terpesona oleh perspektif budaya yang berbeda dan lebih luas. Ketika kalian belajar di luar negeri, kalian akan menemukan makanan baru, adat istiadat, tradisi, dan suasana sosial yang luar biasa.

Di dunia luar sana, orang hidup dan berperilaku secara berbeda. Saat kalian tinggal di negara lain, kalian membuka mata terhadap keyakinan dan nilai orang lain serta pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari. Kalian akan menemukan norma dan gaya hidup sosial baru. Kalian akan menemukan bahwa kalian memiliki pemahaman dan menghargai orang-orang dan sejarah bangsa. Kalian akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan cara hidup yang benar-benar baru.

 

  • Learn a New Language

person holding bible on road with people walking on sidewalk beside buildings during nighttime

Source: Unsplash

Mempelajari bahasa asing dapat sangat meningkatkan prospek pekerjaan kalian. Belajar di luar negeri merupakan cara paling efektif untuk belajar bahasa dengan cepat. Memberi kesempatan untuk benar-benar membenamkan diri dalam bahasa baru, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar selain langsung terjun. Kalian  akan belajar banyak tentang cara kerja bahasa dan komunikasi secara umum, dan berbicara bahasa lokal juga memungkinkan kalian berinteraksi dengan budaya lain pada tingkat yang lebih dalam.

Selain itu, mempelajari bahasa lain memang menantang, namun juga sangat memuaskan saat kalian akhirnya dapat mengekspresikan diri dengan cara yang dipahami penduduk setempat. Praktik bahasa akan kalian dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa universitas juga menawarkan kursus bahasa untuk memberi pendidikan yang lebih formal.

 

  • Expand Network

A group of friends at a coffee shop

Source: Unsplash

Salah satu manfaat terbesar belajar di luar negeri adalah kesempatan untuk bertemu teman dari berbagai latar belakang. Kalian mungkin khawatir akan sulit mendapatkan teman saat belajar di luar negeri di tempat asing yang dikelilingi oleh orang baru. Bersekolah dan tinggal bersama siswa dari negara lain, memberi kesempatan untuk benar-benar mengenal dan menciptakan hubungan yang baik dengan sesama siswa. Melalui pengalaman belajar di luar negeri, orang-orang cenderung menemukan bahwa teman yang mereka buat selama belajar di luar negeri tetap menjadi teman terdekat seumur hidup mereka.

Banyak program yang memiliki acara dan aktivitas sosial, bahkan mungkin mendapat kesempatan untuk bertemu dengan beberapa teman sekelas kamu sebelum program dimulai. Setelah lulus, upayakan untuk tetap berhubungan dengan teman-teman internasional kalian. Selain menghargai hubungan pribadi, teman-teman ini juga bisa menjadi alat jaringan yang penting di kemudian hari. 

 

  • Gain Independence

woman standing on middle of road

Source: Unsplash

Tinggal di negara asing sendirian akan memunculkan sifat mandiri, bahkan jika kalian terbiasa belajar jauh dari rumah. Siswa yang belajar di luar negeri, akan menjelajah negara baru dan menemukan pengetahuan dan kegembiraan yang baru. Proses mencari cara untuk tinggal di luar negeri - dari belajar menggunakan transportasi umum hingga memesan makanan dalam bahasa lokal - adalah proses yang penuh dengan penemuan diri.

Proses itu membantu menyadari seberapa mandirinya kalian. Manfaat belajar di luar negeri adalah kesempatan untuk menemukan diri kalian sendiri sambil memahami tentang budaya yang berbeda. Berada di tempat baru sendirian terkadang melelahkan, dan itu menguji kemampuan kalian untuk beradaptasi dengan berbagai situasi sekaligus mampu memecahkan masalah.

 

  • Travel the World

assorted-color hot air balloons during daytime

Source: Unsplash

Tinggal di negara asing membuka pikiran kalian pada perspektif dan gaya hidup baru dengan cara yang tidak dapat dilakukan hanya dengan berkunjung selama satu atau dua minggu. Cara kalian memandang dunia akan menjadi sangat luas. Alasan terbesar kalian harus mempertimbangkan studi di luar negeri adalah kesempatan untuk melihat dunia. Dengan belajar di luar negeri, kalian akan mengalami negara baru dengan pandangan, kebiasaan, dan aktivitas baru yang luar biasa. Manfaat belajar di luar negeri termasuk kesempatan untuk melihat medan baru, keajaiban alam, museum, dan landmark.

Selain itu, ketika kalian berada di luar negeri, kalian tidak akan dibatasi untuk bepergian hanya di negara tempat kamu belajar - kalian juga dapat melihat negara-negara tetangga! Misalnya, jika kalian belajar di UK, kalian akan memiliki opsi untuk bepergian ke berbagai belahan Eropa termasuk Paris, Barcelona, dan Roma.

 

  • Find New Interest

hockey players in hockey field playing

Source: Unsplash

Jika masih bertanya-tanya mengapa harus belajar di luar negeri, kalian harus tahu bahwa belajar di negara lain menawarkan banyak kegiatan dan minat baru yang mungkin tidak akan pernah kalian temukan jika tinggal di rumah. Kalian mungkin menemukan bakat yang belum ditemukan seperti hiking, olahraga air, snow skiing, golf, atau berbagai olahraga baru lainnya yang mungkin belum pernah kalian coba di rumah.

Kalian juga akan memiliki kesempatan untuk menemukan bentuk hiburan baru dan menarik lainnya. Drama, film, festival, dancing, dan konser hanyalah beberapa aktivitas yang dapat kalian nikmati.

 

  • Enjoy Coming Home

shallow focus photography of people inside of passenger plane

Source: Unsplash

Hidup dan tinggal jauh dari rumah juga membuat kalian kangen dengan kampung halaman kalian. Terlebih, makanan ibu kalian yang tidak dapat dilupakan dan tidak bisa kalian duplikat akan menambah keinginan kalian untuk segera pulang. Eits, namun pulang ke rumah jika tidak dapat dilakukan setiap saat. Mengingat kalian juga masih memiliki beberapa kelas, dan ternyata biaya pesawat cukup mahal. Ah, tapi tak apa. Ini membuat kalian untuk dapat menikmati momen kalian pada saat mendapatkan kesempatan untuk bisa pulang ke rumah. 

0 comments

  • There are no comments yet. Be the first one to post a comment on this article!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published