FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Mengapa Belajar Ilmu Kesehatan di Australia

Mengapa Belajar Ilmu Kesehatan di Australia

Ilmu kesehatan adalah bidang studi yang bermanfaat, dan selalu diminati. Karena sektor ilmu hayati Australia telah tumbuh 43% antara tahun 2019-2022, kebutuhan akan pekerja baru di bidang ini juga meningkat. Ini adalah sektor yang sangat dihormati dan efektif: Peringkat kesehatan Australia berada di urutan kedua di antara negara-negara OECD. Jika Anda ingin belajar di luar negeri dalam bidang ini, ada banyak program yang bagus untuk dipilih. Salah satu pertanyaan pertama yang harus Anda jawab adalah: di mana belajar ilmu kesehatan? Di sini, kita akan melihat mengapa belajar ilmu kesehatan di Australia bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

sains, tablet, dan potret ilmuwan pria yang melakukan penelitian dengan teknologi di laboratorium medis. selamat, tersenyum dan pria ahli kimia atau ahli biologi bekerja pada perangkat seluler di laboratorium farmasi. - ilmu kesehatan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

 

Sejarah Inovasi dalam Ilmu Kesehatan

Institusi pendidikan tersier Australia telah memberikan banyak kontribusi penting dalam penelitian ilmu kesehatan. Menurut Pemerintah Australia, penelitian universitas di Australia sangat terkenal dalam bidang "onkologi, neurologi, pengobatan regeneratif, peralatan medis, penyakit tropis, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan diagnostik." Jika Anda tertarik pada salah satu bidang ini, belajar di Australia mungkin merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, Anda dapat belajar bersama para peneliti terbaik.

Penelitian universitas di Australia telah menghasilkan penemuan-penemuan penting seperti:
  • Vaksin kanker serviks pertama di dunia. Vaksin ini ditemukan oleh peneliti Universitas Queensland, Profesor Ian Frazer dan Dr.
  • Spray-on skin (menggunakan teknologi rekayasa jaringan untuk mengobati luka bakar), yang diciptakan oleh Profesor Fiona Wood.

Selain itu, pada tahun 2022, sebuah tim di Griffith University memulai uji klinis fase I untuk vaksin malaria yang dapat dikeringkan menjadi bubuk atau dibekukan. Hal ini meningkatkan portabilitasnya ke negara-negara di mana malaria tersebar luas.

Banyak penemuan ilmu kesehatan lainnya yang juga berasal dari Australia. Penemuan penting termasuk ultrasound medis, alat pacu jantung elektronik, dan telinga bionik (implan rumah siput). Bahkan kulkas pun berasal dari Negeri Kanguru! Mesin pembuat es komersial pertama ditemukan oleh James Harrison, yang berimigrasi ke Australia dari Inggris.

 

Pilihan Program Studi Ilmu Kesehatan yang Beragam

Fokus program-program ilmu kesehatan berkisar dari perawatan lansia hingga manajemen uji klinis. Program-programnya tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan jenis. Di tingkat tersier (atau pasca sekolah menengah), lembaga-lembaga di Australia terbagi menjadi dua jenis utama. Salah satunya adalah Pelatihan Kejuruan dan Pendidikan (VET). Yang lainnya adalah pendidikan tinggi, termasuk universitas.


Kursus VET (Sertifikat dan Diploma)

Program-program ini mengajarkan siswa keterampilan praktis dan teknis, atau mempersiapkan mereka untuk pendidikan di masa depan. Siswa mendapatkan kualifikasi seperti sertifikat (dengan tingkat I, II, III, atau IV), atau diploma. Semua program VET sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Australia (AQF) level 1-5.

Kursus VET dapat memakan waktu mulai dari enam bulan hingga dua tahun. Mereka menjadi lebih teknis di tingkat yang lebih tinggi. Sebagai contoh, kursus Sertifikat III (AQF level 3) dapat mengarah pada pekerjaan yang terampil atau pendidikan yang lebih tinggi. Banyak program magang di Australia yang mengarah ke Sertifikat III. Di sisi lain, siswa yang mengambil program diploma (AQF level 5) dapat langsung bekerja. Atau, mereka dapat menggunakan hingga satu tahun kredit kuliah mereka untuk mendapatkan gelar sarjana terkait.

Catatan: Level AQF menunjukkan seberapa kompleksnya suatu program studi, termasuk berapa tahun studi penuh waktu yang dibutuhkan. Levelnya sama di seluruh Australia, sehingga siswa dapat berpindah antar institusi dan berpindah dari satu tingkat studi ke tingkat berikutnya dengan lebih mudah.

 

Pendidikan Tinggi (Diploma dan Gelar Lanjutan)

Universitas-universitas di Australia menekankan pada penelitian dan pengetahuan teoretis. Mereka memberikan gelar associate, sarjana, master, dan doktor, yang mencakup AQF Level 6-10.

Di tingkat sarjana, program diploma dan gelar associate tingkat lanjut di universitas-universitas Australia sering kali setara dengan satu hingga dua tahun studi tingkat sarjana. Program-program ini masuk ke dalam AQF di Level 6, dan membutuhkan waktu satu hingga tiga tahun untuk menyelesaikannya.

Gelar sarjana mencakup dua tingkat AQF. Gelar sarjana standar, yang memakan waktu tiga hingga empat tahun, adalah kualifikasi Level 7. Mahasiswa mendapatkan gelar sarjana kehormatan setelah satu tahun studi tambahan atau untuk nilai tertinggi. Gelar ini masuk ke dalam AQF di Level 8. Di masa lalu, gelar hanya diberikan oleh universitas. Sekarang, beberapa perguruan tinggi swasta dan institusi TAFE juga menawarkan gelar. Apapun itu, gelar-gelar ini diakui secara global. Ini berarti lulusan dapat bekerja di bidang ilmu kesehatan di manapun di dunia.

Gelar sarjana ilmu kesehatan yang populer meliputi:

  • Bachelor of Health Sciences di Deakin University
  • Bachelor of Science - Ilmu Paramedis di Edith Cowan University
  • Bachelor of Nursing (Honours) di Griffith University

Di Australia, mahasiswa internasional pascasarjana dapat memilih di antara tiga jalur untuk gelar master mereka: Penelitian, Kursus, atau Perpanjangan. Gelar Extended membutuhkan waktu lebih lama daripada dua jenis lainnya (tiga hingga empat tahun, dibandingkan satu hingga dua tahun). Program ini sering kali melibatkan penelitian independen dan kolaborasi dengan organisasi profesional.

Program gelar master yang populer meliputi:

  • Master Psikologi Klinis di LaTrobe University
  • Magister Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Kesehatan di Murdoch University
  • Magister Kesehatan Masyarakat di Federation University

 

Bentuk Karir Anda dengan Pengalaman Kerja di Australia

Program studi Anda mungkin mencakup peluang pengalaman kerja. Misalnya, Anda mungkin akan ditempatkan di fasilitas perawatan kesehatan Australia. Ini sering kali merupakan bagian wajib dari program studi, dan mungkin dibayar atau tidak dibayar. Jika magang atau penempatan Anda tidak dibayar, pastikan untuk menganggarkan uang ekstra untuk bagian studi Anda. (Magang tidak berbayar lebih umum terjadi pada program studi kesehatan yang bermitra dengan tempat kerja nirlaba, seperti rumah sakit).

Saat Anda memasuki program magang, ingatlah bahwa sebagai siswa internasional, Anda memiliki hak-hak di tempat kerja. Jadi, jika Anda memiliki kekhawatiran, ada baiknya Anda berbicara dengan koordinator kerja atau kantor mahasiswa internasional di institusi Anda.

Pengalaman kerja dapat menjadi cara yang baik untuk "menjajal" lingkungan kerja yang berbeda. Mungkin Anda akan mengetahui bahwa Anda lebih suka bekerja di klinik, daripada di rumah sakit besar. Atau, Anda akan menemukan bahwa peran di garis depan lebih memberi energi, dibandingkan bekerja di bidang penelitian kesehatan. Anda bahkan mungkin bekerja dengan seseorang yang menginspirasi Anda untuk mengejar studi lebih lanjut. Selain itu, Anda akan membangun jaringan profesional Anda.

Jadi, mengapa belajar ilmu kesehatan di Australia? Ini bisa menjadi bidang yang sangat bermanfaat, baik untuk dampak yang akan Anda berikan kepada masyarakat dan pertumbuhan profesional yang akan Anda alami. Kredensial Anda akan diakui di seluruh dunia, sehingga Anda dapat mengejar karier internasional. Dan Anda akan memiliki akses ke fasilitas pembelajaran terbaik saat Anda belajar.

... Selain itu, Anda mungkin akan bertemu dengan beberapa kanguru di kampus, sesuatu yang tidak dapat Anda temui di tempat lain di dunia!

Pada catatan yang lebih serius, di sektor yang berkembang pesat ini, ada beragam peluang kerja untuk lulusan baru. Faktanya, Statista memprediksi lebih dari 200.000 pekerjaan baru di bidang perawatan kesehatan dan bantuan sosial di Australia pada awal tahun 2025. Belajar di luar negeri di Australia dapat membawa Anda selangkah lebih dekat ke tujuan karier Anda. Kami berharap yang terbaik untuk Anda dalam perjalanan ke depan!