FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Mengapa Belajar Ilmu Komputer?

Mengapa Belajar Ilmu Komputer?

Ilmu Komputer, atau CS, adalah salah satu bidang studi yang paling populer bagi siswa internasional. Faktanya, pada tahun ajaran 2019/20, 14,7% siswa internasional di Amerika Serikat mengambil program informasi atau ilmu komputer, menjadikannya bidang studi terpopuler ketiga di negara ini. Dan Amerika Serikat tidak sendirian; Kanada, Inggris, dan Australia juga mengalami peningkatan minat dalam bidang ini.  Jadi, kami akan membahas lebih dalam tentang apa itu ilmu komputer, dan mengapa bidang ini menarik begitu banyak siswa. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa belajar ilmu komputer, atau apakah gelar CS layak untuk Anda? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

 ilmuwan data. programmer pria menggunakan laptop menganalisis dan mengembangkan berbagai informasi tentang layar antarmuka virtual futuristik. algoritma. pemasaran dan pembelajaran mendalam kecerdasan buatan - ilmu komputer potret stok, foto, & gambar bebas royalti

 

Apa itu Ilmu Komputer?

Sederhananya, ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari cara kerja komputer. Namun, ilmu komputer bukan hanya tentang komputer dan sistem komputasi. Bidang ini memiliki fokus teoretis dan matematis, dan melibatkan proses eksplorasi seperti algoritme untuk memecahkan masalah. Saat mempelajari ilmu komputer, Anda melihat perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Anda mungkin mengambil kelas tentang topik mulai dari kecerdasan buatan hingga analisis data; keamanan hingga interaksi manusia-komputer. Pada saat Anda lulus, Anda akan memperoleh pemahaman tentang bagaimana kinerja komputer (perangkat keras) dan bahasa pemrogramannya (perangkat lunak).

 

Apa Saja Persyaratan Masuk untuk Program Ilmu Komputer?

Meskipun persyaratan masuk program akan bervariasi, gelar ilmu komputer sering kali menekankan pentingnya keterampilan matematika yang kuat. Program-program ini dapat mencakup kelas-kelas tentang fungsi-fungsi tingkat lanjut, kalkulus, dan vektor. Beberapa institusi juga mencari siswa yang memiliki dasar dalam fisika.

Berpartisipasi dalam kompetisi bidang studi biasanya tidak menjadi persyaratan. Namun, bergabung dengan acara-acara ini dapat membedakan Anda dari pelamar siswa lainnya. Ini menunjukkan minat pribadi Anda pada CS dan penggunaan praktisnya, yang dapat membantu aplikasi program Anda naik ke posisi teratas. Persaingan bisa sangat ketat: data internal kami dari tahun 2022 menemukan bahwa "komputer" dan "ilmu komputer" adalah istilah pencarian terpopuler keempat dan kelima di platform kami, ketika melihat pencarian dari 17 negara dengan populasi siswa internasional dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dengan meningkatnya minat pada bidang STEM yang populer ini, membuat aplikasi Anda menonjol menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Selain itu, memiliki latar belakang pemula dalam satu (atau lebih) bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau C++ bisa sangat membantu. (Jangan khawatir: Anda akan mendapatkan lebih banyak keterampilan pemrograman di kelas. Tetapi, pengetahuan awal dapat membantu Anda memutuskan pilihan atau bahasa pemrograman mana yang akan dipelajari lebih lanjut!)

 

Apa yang Dapat Anda Lakukan dengan Gelar dalam Ilmu Komputer?

Anda akan mendapatkan berbagai macam keterampilan. Keterampilan teknis seperti analisis data dan pemrograman, dan keterampilan interpersonal, seperti pemecahan masalah dan kepemimpinan, adalah beberapa di antaranya. Gelar dalam ilmu komputer dapat mempersiapkan Anda untuk berkarir di berbagai industri termasuk komunikasi, keuangan, perangkat lunak, perawatan kesehatan, dan pemerintahan. Teknologi memainkan peran penting dalam banyak aspek kehidupan, sehingga keterampilan yang diajarkan kepada mahasiswa CS sangat diminati. Namun, banyak lulusan yang memilih untuk tetap bekerja di industri teknologi yang sedang berkembang pesat.

Karier populer untuk lulusan ilmu komputer:

  1. Information Technology Consultant
  2. Data Analyst
  3. Game Developer
  4. Business Analyst
  5. Web Developer
  6. Product Manager
  7. Software Developer
  8. Cybersecurity Consultant
  9. Finance Programmer

Ingat, daftar ini hanyalah permulaan. Masih banyak lagi peluang kerja yang terbuka bagi lulusan ilmu komputer!

Ditambah lagi, banyak peran yang diisi oleh lulusan ilmu komputer yang diperkirakan akan banyak direkrut selama dekade berikutnya. Faktanya, di Amerika Serikat, Biro Statistik Tenaga Kerja AS memprediksi bahwa "pekerjaan ilmuwan riset komputer dan informasi diproyeksikan akan tumbuh 23 persen dari 2022-2032, jauh lebih cepat daripada rata-rata semua pekerjaan" (penekanan dari kami).

 

Jadi, Mengapa Belajar Ilmu Komputer?

Ilmu komputer dapat membuka banyak pintu untuk berkarir di bidang STEM dan non-STEM. Memiliki minat di bidang medis? Anda dapat bekerja di sana. Pendidikan? Apakah Anda memilih untuk menjadi Dekan Ilmu Komputer di perguruan tinggi, atau arsitek jaringan untuk dewan sekolah, ada peran untuk Anda. Apakah Anda suka bermain game? Perusahaan game, baik besar maupun kecil, hampir selalu mencari lulusan CS.

Kita hidup di Era Digital. Banyak bagian dari pasar kerja yang secara aktif mencari lulusan ilmu komputer, dan sebagian besar peran menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif. Selain itu, karena sebagian besar pekerjaan Anda dilakukan secara online, Anda mungkin mendapati pekerjaan Anda fleksibel, apakah Anda bekerja di kantor atau jarak jauh. Ini dapat berarti Anda akan memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda menyelesaikan gelar di bidang ilmu komputer, Anda juga akan diakui karena telah menyelesaikan program yang sulit. Hal ini menunjukkan dedikasi dan ketangguhan Anda, karakteristik pribadi yang dihargai oleh pemberi kerja.