FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Persiapan IELTS Reading: 10 Tips Terbaik untuk Meningkatkan Skor Anda

Persiapan IELTS Reading: 10 Tips Terbaik untuk Meningkatkan Skor Anda

Bagian IELTS Reading adalah bagian kedua dari tes IELTS, baik Anda mengambil opsi tes Akademik atau Pelatihan Umum. Anda akan menyelesaikannya segera setelah bagian Mendengarkan. Untuk menyelesaikan bagian ini, Anda harus membaca tiga bacaan dan menjawab 40 pertanyaan dalam waktu 60 menit. Anda mungkin bertanya-tanya, "apakah tes membaca dalam tes IELTS itu sulit?" Bagi banyak orang, tantangan terbesar dari bagian Reading IELTS adalah harus membaca banyak bacaan, dan menjawab pertanyaan tentang apa yang Anda baca dalam waktu yang singkat. Hal ini terutama berlaku jika Anda mengambil tes IELTS Academic: bagian Academic Reading dapat memiliki teks yang lebih kompleks, mirip dengan konten yang mungkin Anda lihat di kelas pasca-sekolah menengah. Namun, dengan strategi persiapan yang baik dan banyak latihan, Anda akan mempersiapkan diri Anda untuk sukses dalam tes IELTS. Kami memiliki 10 tips membaca untuk IELTS yang dapat membantu Anda mendapatkan skor tinggi!

 

Baca Banyak Jenis Media yang Berbeda

Bacalah sebanyak yang Anda bisa, di berbagai jenis publikasi - buku, artikel surat kabar, publikasi online, materi akademis, dan media sosial. Karena topik bacaan IELTS berasal dari sumber yang beragam, membaca berbagai jenis bacaan akan membantu Anda mempersiapkan diri secara efektif. Hal ini juga dapat meningkatkan pemahaman bacaan Anda dan memperluas kosakata bahasa Inggris Anda. Selain itu, Anda mungkin akan belajar bahasa gaul baru dan memahami pola berbicara yang berbeda. Mendengarkan musik pun dapat membantu. Poin bonus jika Anda mencari tahu liriknya!

Kecepatan membaca Anda juga akan meningkat, yang akan memberi Anda keunggulan saat mengikuti tes. Membaca pertanyaan dengan cepat (namun tetap menyeluruh) dapat menghemat waktu Anda.

Tapi Jangan Jadikan Membaca Sebagai Satu-Satunya Taktik Belajar Anda

Menjadi pembaca yang rajin memang bagus. Namun, bagian Reading IELTS dirancang untuk menguji kemampuan Anda untuk mengidentifikasi informasi penting dalam teks yang lebih besar. Jadi, kecuali Anda menganalisis dengan cermat semua yang Anda baca, Anda tidak akan sepenuhnya siap.

Salah satu cara untuk memperkuat kemampuan ini adalah dengan membuat pertanyaan tentang apa yang Anda baca. Untuk melakukan ini, temukan artikel yang menarik minat Anda. Saat Anda membacanya, catatlah apa yang menurut Anda merupakan informasi terpenting di dalamnya. Setelah itu, buatlah satu atau dua pertanyaan (dalam format tes IELTS Reading) tentang artikel tersebut. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan pola pikir yang akan membawa Anda pada kesuksesan.

Pelajari Kata-kata yang Tidak Dikenal

Saat Anda berlatih membaca dalam bahasa Inggris, biasakan untuk menyoroti atau menggarisbawahi kata atau frasa yang membingungkan. Kemudian, cari tahu artinya dengan menggunakan kamus terkemuka (seperti Merriam Webster atau Oxford English Dictionary) untuk mengetahui artinya. Hal ini akan membantu Anda menghindari tersandung pada kata yang tidak Anda kenali selama tes.

Coba Baca Pertanyaannya Terlebih Dahulu

Sebelum membaca bacaan di bagian Reading dalam tes IELTS, lihatlah pertanyaan-pertanyaan terkait. Karena pertanyaan-pertanyaan terkait dengan bacaan, mengetahui apa yang dicari oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus diperhatikan saat Anda membaca.

Setelah membaca satu bagian, kembalilah ke pertanyaan-pertanyaan dan bacalah kembali. Hal ini akan membantu Anda menentukan bagian mana dari teks yang perlu Anda perhatikan dengan saksama.

Periksa Ejaan Anda

Jika jawaban Anda salah dalam mengeja, jawaban Anda akan ditandai salah. Kabar baiknya, Anda tidak akan kehilangan poin untuk jawaban yang salah, jadi jika Anda tidak yakin bagaimana mengeja sebuah kata, cobalah. Anda mungkin bisa menjawab dengan benar!

Waspadai Jebakan-jebakan

Seperti yang telah disebutkan di atas, bagian tes IELTS Reading adalah tentang membaca teks dan mengidentifikasi informasi penting. Katakanlah Anda telah mengikuti saran kami dan membaca pertanyaan sebelum membaca teks. Anda kemudian melihat sebuah kata dalam teks yang Anda lihat di salah satu pertanyaan. Itu pasti jawabannya, bukan? Tidak selalu.

Bagian Membaca dibuat untuk menguji pemahaman bacaan Anda. Apa maksudnya? Beberapa pertanyaan dirancang untuk membuat Anda berpikir bahwa pertanyaan tersebut memiliki jawaban yang jelas. Selalu baca kembali jawaban Anda untuk memastikan bahwa jawaban Anda sesuai dengan apa yang ditanyakan. Jangan sampai terjebak!

Diagram Pelabelan

Selama tes Membaca, Anda mungkin diminta untuk memberi label pada sebuah diagram. Kabar baiknya, Anda akan menemukan kata-kata yang Anda butuhkan di dalam teks. Ejaan juga penting di sini, jadi selalu periksa kembali jawaban Anda.

Menyoroti Informasi Penting

Bagian Membaca meminta Anda untuk memproses banyak informasi dalam waktu singkat. Untuk menemukan poin-poin penting dengan lebih cepat saat Anda membaca ulang, garis bawahi dan lingkari kata dan kalimat penting saat Anda membaca.

Bagi Waktu Anda Secara Merata

Dalam tes Membaca, Anda akan menjawab pertanyaan tentang tiga bacaan yang berbeda. Kami sarankan untuk meluangkan waktu sekitar 20 menit untuk masing-masing bacaan. Ini mungkin tidak terlihat seperti waktu yang lama, tapi ingat: Anda hanya memiliki waktu satu jam untuk menyelesaikan bagian Reading.

Dengan membagi waktu Anda secara merata, Anda akan memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk sukses secara keseluruhan.

Beberapa Tips Tes Membaca IELTS:

  • Anda tidak akan kehilangan poin untuk jawaban yang salah-jadi jangan pernah meninggalkan ruang kosong
  • Buatlah catatan di kertas pertanyaan Anda, tetapi ingat, hanya lembar jawaban Anda yang akan ditandai
  • Anda akan menulis dengan pensil, jadi ingatlah untuk membawa penghapus
  • Untuk pertanyaan Benar/Salah, Anda dapat menulis "T" atau "F" sebagai pengganti Benar atau Salah
  • Pertanyaan tidak selalu linier, artinya proses menjawabnya tidak selalu memiliki satu titik awal dan akhir

Kami harap tips-tips untuk mendukung performa tes membaca IELTS ini bermanfaat bagi Anda, dan semoga Anda mendapatkan yang terbaik dalam tes bagian IELTS Reading!