FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

6 Kesalahan Umum dalam IELTS beserta Cara Mengatasinya

6 Kesalahan Umum dalam IELTS beserta Cara Mengatasinya

Kesalahan adalah hal yang sangat umum, khususnya dalam ujian. Bahkan beberapa orang yang paling siap pun bisa melakukan kesalahan. Namun, ketika menyangkut tes IELTS (International English Language Testing System), poin Anda sangat berharga. Dengan mendapatkan nilai yang rendah, Anda bisa saja kehilangan kesempatan untuk belajar di luar negeri! Untuk mencegah hal ini terjadi, kami memberikan beberapa materi persiapan IELTS dengan membahas enam kesalahan IELTS yang paling umum dan cara mengatasinya.

 


kartu kosakata bahasa inggris dan buku teks tentang putih - ielts potret stok, foto, & gambar bebas royalti

1. Kesalahan Ejaan dan Kosakata yang Buruk

Ketika menyelesaikan bagian tertulis dari ujian IELTS, penting untuk meninjau ejaan Anda. Kesalahan IELTS yang paling umum adalah ejaan, dan ini adalah salah satu kesalahan yang paling mudah untuk dihindari dengan meninjau ulang pekerjaan Anda. Jika Anda tidak yakin dengan ejaan yang benar dari sebuah kata, hindari menggunakannya. Sebagai gantinya, pikirkan sinonimnya. Sangat penting untuk diingat bahwa banyak kata dalam bahasa Inggris yang dieja dengan cara yang sama namun memiliki arti yang berbeda.

Dengan kesalahan pengejaan, maka kosakata Anda pun menjadi buruk. Anda dapat membangun kosakata Anda dengan membaca lebih banyak dan menuliskan kata-kata yang Anda baca, jika kata-kata tersebut tidak Anda kenal, kemudian mencarinya. Hal ini pada akhirnya akan membantu pengejaan Anda juga! Anda harus memiliki kosakata yang baik untuk berhasil dalam program studi bahasa Inggris. Tanpa kemampuan ini, Anda akan menghadapi banyak tantangan, baik saat membaca tanda-tanda, berbicara dengan orang lain, atau mendengarkan di kelas.

 

memperlihatkan jam alarm merah - menejemen waktu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

2. Manajemen Waktu

Sebagai bagian dari materi persiapan IELTS Anda, ketahuilah bahwa manajemen waktu sangat penting. Faktanya, manajemen waktu yang buruk adalah salah satu kesalahan IELTS yang paling umum dilakukan oleh peserta tes. Menyelesaikan tes dalam rentang waktu tertentu mungkin sulit, sehingga keterampilan manajemen waktu yang efektif sangat penting. Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk menjawab satu pertanyaan dan hanya memiliki sedikit waktu untuk pertanyaan berikutnya.

Penting untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk setiap pertanyaan. Dengan demikian, Anda dapat menjawab setiap pertanyaan dengan sebaik-baiknya. Anda juga dapat mempertimbangkan sebuah strategi. Misalnya, cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih pendek dan tidak terlalu banyak melibatkan brainstorming terlebih dahulu.

 

pelajaran bahasa inggris guru menunjukkan cara mengucapkan suara - pengucapan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

3. Salah pengucapan

Penilai tes IELTS menyadari bahwa Anda adalah siswa internasional. Namun... ini adalah tes kemampuan bahasa Inggris! Aksen Anda tidak akan menyebabkan Anda kehilangan poin. Namun, cara Anda mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris akan berpengaruh.

Anda harus memastikan bahwa Anda mengucapkan setiap kata dengan lengkap dan jelas. Misalnya, jika Anda mengucapkan kata 'mungkin', Anda tidak boleh mengucapkan 'probly', karena itu salah. Cara terbaik untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan berlatih, berlatih, berlatih. Pertimbangkan untuk berlatih dengan penutur asli bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan Anda.

 

pertanyaan - jawaban kosong potret stok, foto, & gambar bebas royalti

4. Jawaban Kosong

Berikut ini tip singkatnya: jangan biarkan satu pun pertanyaan kosong. Ini sangat penting. Jika Anda tidak yakin dengan jawabannya, lebih baik menulis sesuatu daripada tidak sama sekali. Ada peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan nilai sebagian, bahkan jika Anda menebak-nebak. Atau, jawabannya mungkin muncul di benak Anda saat Anda menuliskan beberapa pemikiran. Anda tidak akan kehilangan apa pun hanya dengan mencoba. Siapa tahu, tebakan Anda mungkin benar!

 

pengusaha muda asia menggunakan perangkat portabel dan berdiskusi - ngobrol potret stok, foto, & gambar bebas royalti

5. Kurangnya Transisi

Salah satu kesalahan IELTS yang lebih umum yang dilakukan oleh peserta tes adalah tidak menggunakan kata-kata transisi yang cukup. Kata-kata inilah yang membuat kalimat terdengar lancar dan membantu percakapan mengalir. Kata-kata ini memberikan penekanan, ide yang mendukung, atau bahkan ide yang berlawanan, dan cenderung berupa kata atau frasa pendek, seperti "namun," "juga," "pada kenyataannya," atau "akhirnya."

Kata transisi membantu pembaca dan pendengar memahami gagasan Anda yang lebih luas, dan menjembatani gagasan di antara setiap kalimat. Oleh karena itu, kata-kata transisi sangat penting dan berkontribusi pada poin yang lebih tinggi dalam ujian IELTS Anda.

 

kantor pusat - kurang fokus potret stok, foto, & gambar bebas royalti

6. Kurang Fokus

Fokus adalah kunci keberhasilan IELTS, terutama dalam hal mendengarkan dan berbicara. Anda harus memberikan perhatian penuh pada proses saat mengikuti ujian. Meskipun ini bisa menjadi salah satu kesalahan IELTS yang paling umum dilakukan, namun hal ini dapat dengan mudah dihindari. Ulangi kalimat untuk diri Anda sendiri jika perlu. Pastikan Anda memahami semua yang dikomunikasikan kepada Anda sebelum Anda menjawab; jeda sejenak sebelum menjawab tidak masalah. Fokuslah untuk memberikan respons yang benar. Jangan mencoba menghafal pertanyaan dan jawaban saat Anda mempersiapkan diri untuk ujian. Menghafal bahkan dapat mengurangi nilai, karena jawaban Anda tidak akan terdengar alami. Fokuslah untuk mendengarkan dan memahami apa yang dikomunikasikan kepada Anda, dan memberikan informasi yang jelas sebagai balasannya.

Kami harap materi persiapan IELTS di blog ini membantu Anda merasa lebih siap untuk menghadapi tes, dan semoga sukses dalam tes IELTS Anda!