FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

7 Universitas Australia Peringkat Teratas untuk Siswa Internasional

7 Universitas Australia Peringkat Teratas untuk Siswa Internasional

Memasuki tahun 2024, kami menyoroti beberapa universitas di Australia yang diakui oleh dua daftar bergengsi: Peringkat Universitas Dunia Times Higher Education (THE) 2024 dan Peringkat Universitas Terbaik Australia Financial Review (AFR) - 2023. Jika Anda adalah seorang calon mahasiswa internasional yang berpikir untuk belajar di Australia, tujuh universitas Australia dengan peringkat teratas ini adalah pilihan yang tepat.

gedung opera sydney di bawah sinar matahari - australia potret stok, foto, & gambar bebas royalti

The Group of Eight

Tidak ada diskusi tentang universitas-universitas Australia peringkat teratas yang lengkap tanpa Group of Eight (Go8). Universitas-universitas yang intensif dalam bidang penelitian ini dapat ditemukan di atau di dekat bagian atas sebagian besar peringkat institusi pendidikan pasca-sekolah menengah. Mereka secara teratur berada di 150 besar dunia, dalam daftar dari QS World University Rankings hingga THE's World University Rankings. Di dalam negeri, banyak universitas Go8 yang mendapat nilai bagus di Peringkat Universitas Terbaik AFR.

Anggota The Group of Eight adalah:

Pada tahun 2022, universitas-universitas Grup Delapan mendidik 425.000 mahasiswa. Jumlah ini lebih dari 25% dari seluruh mahasiswa pendidikan tinggi di Australia. Pada tahun yang sama, satu dari tiga mahasiswa internasional di Australia memilih universitas Go8. Jadi, institusi-institusi bergengsi ini sangat layak untuk ditelusuri lebih lanjut!

Namun, di bawah ini kami akan berpikir di luar kebiasaan. Kami telah menampilkan tujuh universitas yang berada di antara 250 universitas terbaik dunia, berdasarkan daftar Peringkat Universitas Dunia 2024, dengan beberapa peringkat, program studi yang dapat dipertimbangkan, dan fitur-fitur khusus. Baca terus untuk mengetahui informasi lengkapnya! 

 

A multistorey, modern plate glass building, lit up by vertical green lighting, on a street corner in Sydney. (U of Tech Sydney)

Image Credit: RobertskyCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

University of Technology – Sydney

Rankings

Berada di peringkat #148 oleh THE, dengan nilai kualitas penelitian 95,9 dari 100, University of Technology - Sydney (UTS) dikenal dengan keunggulannya dalam bidang-bidang seperti ilmu data, kecerdasan buatan, dan robotika.

UTS juga menduduki peringkat universitas muda nomor 1 di Australia (#9 di dunia) dalam Peringkat Universitas Muda 2023 versi THE. Dalam daftar Young University, bobot yang diberikan pada reputasi lebih kecil dibandingkan dengan daftar utama THE, namun 13 indikator kinerja yang sama, seperti pengajaran, penelitian, dan pandangan internasional, digunakan.

Course Spotlight

Penelitian di UTS berfokus pada enam bidang: kesehatan, industri masa depan, keberlanjutan, infrastruktur, komunitas, dan inovasi interdisipliner. Jadi, bagi mahasiswa internasional yang ingin berprestasi, terutama di bidang STEM, UTS adalah pesaing yang kuat. Ditambah lagi, dengan menempati posisi ketujuh dalam Peringkat Universitas Terbaik AFR (bersama University of Melbourne dan University of Wollongong), kekuatan UTS dalam kinerja penelitian, kepuasan mahasiswa, reputasi global, dampak karir, dan kesetaraan juga diakui di dalam negeri.

Distinctive Features

Kemitraan dengan industri memberikan mahasiswa di semua tingkatan kemampuan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam kesempatan belajar yang terintegrasi dengan pekerjaan. Bahkan, fokus UTS pada pembelajaran berbasis praktik meluas ke komunitas kampus seperti UTS Startups, di mana para mahasiswa dan alumni saat ini saling belajar satu sama lain sambil bekerja di perusahaan rintisan di semua tahap pertumbuhan. Selain itu, dengan kampus utama di kawasan bisnis TechCentral (pusat startup di Australia), para lulusan memiliki posisi yang baik untuk berjejaring dengan para inovator lainnya. Sejak diluncurkan pada tahun 2018, UTS Startups telah mendukung lebih dari 1.000 perusahaan rintisan - mungkinkah perusahaan Anda yang berikutnya?

 

A large library with multicoloured walls (Macquarie University Library).

Image Credit: Macquarie UniversityCC BY 4.0, via Wikimedia Commons

Macquarie University

Rankings

Macquarie University berada di peringkat #180 dalam peringkat global THE tahun 2024. Mahasiswa internasional dari lebih dari 100 negara bergabung dengan lebih dari 44.000 mahasiswa di kampus yang memiliki perpustakaan berteknologi paling canggih di Australia, dan rumah sakit nirlaba pertama di Australia yang berada di kampus universitas.

Course Spotlight

Macquarie sangat cocok bagi mereka yang ingin berspesialisasi dalam seni dan humaniora, karena universitas ini menduduki peringkat #32 di dunia dalam bidang seni dan humaniora. Ingin mempelajari pendidikan dan penelitian pendidikan, lingkungan dan ekologi, psikiatri, atau psikologi? Program-program studi ini juga masuk dalam daftar 100 besar dunia.

Semua penelitian di Macquarie memiliki peringkat standar dunia atau di atasnya, dan lima dari peneliti universitas ini masuk dalam 1% peneliti teratas di dunia. Mahasiswa di semua tingkatan mendapatkan manfaat dari pengalaman belajar kolaboratif, dan lulusannya menikmati tingkat kelayakan kerja yang termasuk dalam 10 besar di Australia.

Distinctive Features

Macquarie terletak di Connect Macquarie Park Innovation District, dikelilingi oleh kantor-kantor lebih dari 300 perusahaan di salah satu pusat bisnis terbesar di Belahan Bumi Selatan. Hal ini memungkinkan para mahasiswa untuk membangun jaringan dan berpartisipasi dalam kemitraan industri dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia selama masa studi mereka.

Macquarie juga hanya berjarak 15 kilometer dari distrik pusat bisnis Sydney, dan stasiun metro dan bus di dalam kampus menghubungkan para mahasiswa ke kota global ini. (Waktu transit rata-rata sekitar satu jam; berkendara membutuhkan waktu 20-40 menit).

 

A tall, green-glass and steel building sits at the back of a university quad; modern art and deciduous trees are in the front of the image.

Image Credit: KgboCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Queensland University of Technology

Rankings

Dengan kemitraan industri, pendekatan penelitian terapan, dan para pengajar yang terkenal (132 pemenang Australia Awards for University Teaching sejak tahun 2000), Queensland University of Technology (QUT) berada di posisi #199 dalam peringkat global THE 2024 dan #24 dalam daftar AFR. Pembelajaran praktis dan langsung adalah bagian penting dari program-program QUT. Sebagai contoh, dari angkatan kelulusan tahun 2022, 98% telah menyelesaikan kesempatan belajar internasional atau kesempatan belajar terintegrasi dengan dunia kerja.

Course Spotlight

Ingin menekuni bisnis atau manajemen? QUT adalah sekolah bisnis Australia pertama yang mendapatkan akreditasi 'triple crown' dari European Foundation for Management Development, Association of MBAs, dan Association to Advance Collegiate Schools of Business.

Program-program lainnya, termasuk Studi Komunikasi dan Media (#1 di Australia dan #38 di seluruh dunia), Keperawatan (#17 di seluruh dunia), dan Teknik - Mineral dan Pertambangan juga termasuk di antara yang terbaik di dunia, menurut ShanghaiRanking of Academic Subjects 2023.

Distinctive Features

QUT menawarkan kelas-kelas di dua kampus perkotaan di Brisbane, dengan bidang-bidang mulai dari industri kreatif hingga hukum, dan ilmu pengetahuan hingga pendidikan. Terjebak di antara berbagai pilihan? Pertimbangkan gelar ganda, di mana Anda akan menggabungkan dua gelar sarjana ke dalam satu program, dan lulus dengan dua kualifikasi. Atau, lihat kuis Match My Skills mereka untuk mendapatkan inspirasi program studi umum.

Keberlanjutan adalah tujuan penting di QUT. Mereka membangun pembangkit listrik tenaga surya, memasang tempat pengomposan, dan melacak emisi karbon dan penggunaan energi. Faktanya, sejak tahun 2018, konsumsi energi telah turun 21% dan 36% lebih sedikit limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah. Mahasiswa internasional yang tertarik dengan keberlanjutan dapat terlibat melalui kelompok aksi, acara, atau proyek penelitian terkait.

 

Curtin University's medical school and School of Design, as seen from the far side of University Boulevard at sunrise.

Image Credit: OrderinchaosCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Curtin University

Rankings

Didirikan pada tahun 1967, Curtin University telah berkembang di luar kampus utamanya di Perth dan memiliki kampus-kampus di Mauritius dan Malaysia. Meskipun demikian, universitas ini memiliki rasio mahasiswa dan staf yang kompetitif yaitu 20,8 banding 1, yang berarti hubungan yang lebih personal dengan para pengajar, dan kelas-kelas yang lebih kecil dengan diskusi yang lebih hidup. Curtin masuk ke dalam kelompok peringkat 201-250 THE dalam skala global. Dalam Peringkat Universitas Muda THE, Curtin berada di peringkat #37 di seluruh dunia.

Course Spotlight

Di tingkat pascasarjana, para peneliti Curtin University bekerja sama dengan lebih dari 70 pusat penelitian, mulai dari Pusat Sains dan Teknologi Luar Angkasa hingga Pusat Manajemen Tanaman dan Penyakit. Proyek-proyek terdepan di bidang penyimpanan hidrogen dan penelitian kanker hati juga sedang berlangsung.

Namun, keunggulan di Curtin bersifat multidisiplin: program-program studi teknik kimia, teknik sipil, pendidikan dan penelitian pendidikan, energi dan bahan bakar, geosains, kimia fisika, dan kesehatan masyarakat, semuanya berada di peringkat 100 besar dunia pada tahun 2023.

Distinctive Features

Mahasiswa internasional terhubung di semester pertama mereka dengan seorang pembimbing mahasiswa. Mereka akan membantumu bertemu dengan mahasiswa lain dan membiasakan diri dengan kehidupan kampus. Selain itu, layanan multi agama, pelatih akomodasi, dan penawaran kampus lainnya membantu Anda menemukan rumah dan merasa seperti di rumah sendiri di Australia. Setelah lulus, lulusan Curtin menduduki peringkat teratas di Australia dalam hal kepuasan pemberi kerja, berdasarkan survei tahun 2022 oleh QILT (Indikator Kualitas untuk Pembelajaran dan Pelatihan).

 

A red light-rail train pauses in front of a University of Newcastle building on its City Campus.

Image Credit: MDRX, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

University of Newcastle

Rankings

Sebagai universitas yang berfokus pada penelitian intensif yang berfokus pada keterlibatan, kesetaraan, keunggulan, dan keberlanjutan, University of Newcastle (dalam kelompok global 201-250 THE) menyambut mahasiswa dari seluruh dunia. Dalam daftar universitas terbaik Australia tahun 2023 versi AFR, universitas ini berada di posisi #15, setara dengan University of Sydney, Swinburne, dan Macquarie University, dengan sub-peringkat "dampak karir" 10 besar.

Course Spotlight

Banyak mata kuliah dan penelitian di University of Newcastle yang membahas tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB. Dalam Peringkat Dampak 2023 THE, yang mengukur kerja nyata yang dilakukan oleh institusi terhadap SDGs, Newcastle menduduki peringkat #6 di seluruh dunia untuk Kota dan Komunitas Berkelanjutan, dan # 1 di Australia untuk bekerja menuju Tanpa Kelaparan. Pencapaian-pencapaian ini menempatkan Newcastle dalam 30 universitas terbaik dunia untuk dampak.

Mengingat fokus universitas pada kesehatan dunia, tidak mengherankan jika beberapa mata kuliah yang berpusat pada kesehatan mendapat nilai tinggi: kesehatan masyarakat, lingkungan dan pekerjaan, dan mata kuliah ilmu pertanian masuk dalam 140 besar dunia, menurut U.S. News and World Report. Ilmu pertanian, ekonomi dan bisnis, lingkungan dan ekologi, dan genetika juga masuk dalam 200 besar.

Distinctive Features

Siap berangkat? Anda akan membuat resume yang akan membuat pemberi kerja terkesan dengan pengalaman kerja yang dibangun di dalam 100+ program sarjana atau 85+ program pascasarjana yang terbuka untuk mahasiswa internasional. 89,8% mahasiswa sarjana dan 93,3% mahasiswa pascasarjana Newcastle dipekerjakan dalam waktu empat bulan setelah kelulusan. Rata-rata, para lulusan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada rata-rata Australia.

Selain itu, Newcastle dan daerah Central Coast Australia lebih terjangkau daripada kebanyakan kota besar di Australia, yang berarti lebih sedikit tekanan tentang keuangan - dan lebih banyak waktu untuk studi Anda!

 

A tall glass building with a sloped roof is framed by red and green leaves on Swinburne's Lilydale Campus in Australia.

Image Credit: SwinburneUniversityCC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Swinburne University of Technology

Rankings

Swinburne University of Technology berada di peringkat 201-250 dalam Peringkat Universitas Dunia 2024, #43 dalam Peringkat Universitas Muda, dan berada di peringkat #15 di Australia berdasarkan AFR. Dengan jaminan magang, penempatan kerja berbayar, atau proyek-proyek yang terkait dengan industri yang disertakan dalam setiap gelar sarjana, mahasiswa Swinburne dipersiapkan untuk meraih kesuksesan.   

Course Spotlight

Swinburne unggul di berbagai bidang, tetapi paling bersinar di bidang teknik elektro dan elektronik, yang termasuk dalam 50 program studi terbaik di dunia. Program-program teknik sipil, teknik umum, ilmu komputer, optik, dan ilmu antariksa juga masuk dalam 100 program terbaik dunia menurut U.S. News and World Report.

Ingin belajar di Swinburne, tetapi perlu mengambil kelas persiapan terlebih dahulu? Swinburne University of Technology Academy menawarkan berbagai mata kuliah dasar. Di sana, mahasiswa internasional menerima bimbingan ekstra untuk memudahkan mereka tinggal dan belajar di Australia. Ditambah lagi, dengan kelas yang lebih kecil, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk terhubung dengan instruktur. Dan kelas-kelasnya berada di kampus utama Swinburne di Hawthorne, yang memudahkan untuk bergabung dengan klub atau acara kampus.

Distinctive Features

Terakhir, meskipun teknologi mungkin ada dalam nama institusi ini-dan dengan investasi seperti Smart Structures Laboratory untuk para insinyur struktur di Advanced Technology Centre, tidak sulit untuk melihat mengapa-teknologi bukanlah satu-satunya keunggulan Swinburne: sekolah desainnya termasuk dalam 150 besar dunia.

 

Mid-20th-century brick buildings sit on a green university quad at the University of Wollongong, Australia.

Image Credit: JVPurvisCC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

University of Wollongong

Rankings

University of Wollongong (UOW) di Wollongong, New South Wales, berada di peringkat 250 besar dalam Peringkat Universitas Dunia 2024 THE, dan AFR berada di peringkat 7 di Australia bersama University of Melbourne dan University of Tech - Sydney. 

Course Spotlight

UOW bangga dengan penelitian medisnya, bermitra dengan Illawarra Shoalhaven Local Health District untuk proyek-proyek penelitian dan kesempatan pelatihan langsung. Ini adalah salah satu dari ratusan kemitraan aktif dengan lebih dari 150 universitas, perusahaan, organisasi, dan badan pemerintah yang dikelola UOW. Sementara itu, pengusaha pemula dapat berpartisipasi dalam program akselerator bisnis UOW, iAccelerate. Setelah lulus, masa depan lulusan UOW sangat cerah: para pemberi kerja menilai lulusannya sebagai salah satu yang terbaik di Australia.

Program-program studi UOW yang masuk dalam peringkat 50 besar dunia:

  • Condensed matter physics (#18)
  • Energy and fuels (#33)
  • Materials science (#26)
  • Mechanical engineering (#23)
  • Nanoscience and nanotechnology (#24)
  • Physical chemistry (#13)

Distinctive Features

Penasaran dengan Wollongong? Penduduk setempat menyukai kota di South Coast ini karena pemandangan budaya dan keindahan alamnya. Banyak mahasiswa yang belajar berselancar atau berenang di pantai-pantai setempat. Mahasiswa UOW berasal dari lebih dari 160 negara, dan mendapat manfaat dari berbagai macam beasiswa.

Dukungan tidak berhenti sampai di situ: karena tiba di negara baru dapat terasa memusingkan, mahasiswa internasional UOW yang memenuhi syarat dapat meminta layanan penjemputan gratis dari bandara Sydney. Anda akan langsung diantar ke rumah baru Anda di Wollongong.


Universitas-universitas Australia peringkat teratas ini memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada para mahasiswa internasional di masa depan. Kami harap daftar ini dapat membantu Anda mempersempit pilihan mana yang paling sesuai dengan tujuan akademis Anda!