FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

8 Universitas Kanada Peringkat Teratas untuk Mahasiswa Internasional

8 Universitas Kanada Peringkat Teratas untuk Mahasiswa Internasional

Kami menyoroti beberapa universitas di Kanada yang diakui prestasinya oleh dua daftar bergengsi: Times Higher Education’s (THE) World University Rankings 2024 dan the 2024 Maclean’s University Rankings. Daftar ini menampilkan universitas-universitas yang terletak di seluruh negeri, dan masing-masing terkenal karena hal yang berbeda. Jika Anda adalah calon mahasiswa internasional yang sedang mempertimbangkan Kanada, delapan universitas Kanada dengan peringkat teratas ini adalah pilihan yang sangat baik.

 

The Classics

Ketika berbicara tentang universitas-universitas Kanada dengan peringkat teratas, University of British Columbia (UBC), University of Toronto (U of T), atau McGill University sering kali muncul. Universitas-universitas ini berada di peringkat 50 besar dunia dalam daftar THE 2024, dengan U of T di peringkat 21, UBC di peringkat 41, dan McGill di peringkat 49. Mereka juga merupakan tiga universitas teratas dalam daftar Universitas Doktoral Kedokteran Terbaik di Kanada versi Maclean's; McGill menempati posisi teratas, diikuti oleh U of T, kemudian UBC. Sungguh menginspirasi melihat institusi-institusi ini terus berprestasi.

Di bawah ini, kami akan membahas delapan universitas Kanada dengan peringkat teratas yang mungkin kurang dikenal oleh mahasiswa internasional. Kami telah mencantumkannya sesuai urutan kemunculannya di peringkat 2024 Times Higher Education. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

 

A red brick building at the back of a lush green lawn, framed by leafy green trees (Edwards Hall, McMaster University)

McMaster University

Berada di peringkat 103 dalam daftar global THE 2024, McMaster University juga secara konsisten tercatat sebagai salah satu universitas dengan riset intensif terbaik di Kanada. Kampus utamanya berada di Hamilton, Ontario. Fakultas kedokteran McMaster sangat dihormati; seperti yang dicatat oleh profil Maclean's, "universitas-universitas di seluruh dunia, termasuk Harvard, terus menggunakan [McMaster] sebagai model."

Selain itu, McMaster menduduki peringkat keempat dalam daftar Universitas Doktoral Kedokteran Terbaik 2024 versi Maclean. Program keperawatannya berada di urutan kelima dalam daftar Program Keperawatan Terbaik 2024 versi Maclean. McMaster juga menawarkan program-program teknik yang dihormati, berada di peringkat ketujuh di Kanada dalam daftar Program Teknik Terbaik 2024 versi Maclean.

Mahasiswa dari lebih dari 90 negara belajar di McMaster dengan jumlah mahasiswa hampir 35.000 orang. Selain itu, mahasiswa sarjana tahun pertama internasional dijamin mendapatkan tempat tinggal di kampus, yang dapat membantu Anda menyesuaikan diri dan membangun jaringan pertemanan.

 

A tall, modern concrete building on the University of Alberta campus

University of Alberta

University of Alberta (U of A) berada di posisi 109 pada peringkat THE tahun 2024. Mahasiswa internasional akan unggul di kelas-kelas sarjana yang diajar oleh lebih banyak profesor pemenang 3M National Teaching Fellowship Award daripada yang akan Anda temukan di universitas Kanada lainnya.

Untuk membantu Anda menyesuaikan diri, semua mahasiswa internasional yang memasuki tahun pertama mereka di U of A pada semester musim gugur berhak mendapatkan jaminan asrama mahasiswa.

Sebagai bagian dari U15 Group Kanada, mahasiswa di kampus-kampus U of A di Edmonton, Alberta memiliki akses ke peluang penelitian dalam program-program yang termasuk di antara yang terbaik di seluruh Kanada, dan terkadang, di dunia.

Program-program dengan peringkat teratas meliputi keperawatan (#1 di Kanada, #5 di dunia), teknik perminyakan (#1 di Kanada, #5 di dunia), sains dan teknologi instrumen (#1 di Kanada), teknik kimia (#1 di Kanada), kimia (#1 di Kanada), dan ilmu pertanian (#2 di Kanada). Program pendidikan U of A juga memiliki peringkat yang tinggi, mencapai peringkat #3 di Kanada dalam daftar Program Pendidikan Terbaik Maclean tahun ini.

 

A photo of the University of Montreal.

Université de Montréal

Université de Montréal (UdeM) adalah salah satu universitas berbahasa Perancis yang paling dihormati di dunia dengan kampus utama di Montréal, Quebec. UdeM berada di peringkat 111 (sejajar dengan University of Göttingen di Jerman) dalam peringkat THE 2024, dan peringkat ke-10 di Kanada dalam daftar Universitas Doktoral Kedokteran Terbaik versi Maclean.

Selain program-program kedokteran yang sangat baik, UdeM adalah universitas riset terbesar keempat di Kanada dan dikenal dengan karya-karya kolaboratif kecerdasan buatannya yang canggih melalui laboratorium Mila.

Belum fasih berbahasa Prancis? Ikuti program pembelajaran bahasa online selama empat bulan untuk mahasiswa yang tidak bisa berbahasa Prancis. Program ini akan membantumu mencapai tingkat komunikasi yang dibutuhkan untuk sebagian besar program UdeM.

 

A landscape view of modern university buildings (lots of steel and glass) on the University of Waterloo campus

University of Waterloo

Tahun ini, University of Waterloo (UW) naik setidaknya 42 peringkat dalam daftar THE 2024. Peringkatnya naik dari peringkat 201-250 menjadi peringkat 158 dunia. UW mungkin paling dikenal karena peluang co-op-nya yang komprehensif, di mana para mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja berbayar dan pendidikan kelas satu melalui pergantian masa kuliah dan co-op.

Meskipun program co-op dimulai di program-program teknik peringkat teratas UW (berada di peringkat kedua di Kanada), co-op kini menjadi bagian dari lebih dari 120 program di UW. Evolusi ini telah menjadikannya program co-op pasca-sekolah menengah terbesar di Amerika Utara. Memadukan teori dan praktik sangat efektif; survei tahun 2022 menemukan bahwa enam bulan setelah kelulusan, 96% lulusan co-op UW yang baru mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan studi mereka, lebih tinggi dari rata-rata 79% di seluruh Ontario.

Ditambah lagi, jika Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri atau sedang mengerjakan penelitian, kebijakan kekayaan intelektual (IP) UW merupakan sebuah keuntungan. Jika Anda menciptakan sesuatu di kampus, ide tersebut tetap menjadi milik Anda. (Singkatnya, semua kekayaan intelektual dimiliki oleh penemunya).

 

A three-storey university building with a columnaded entry sits on a green lawn framed by trees. A more modern university building on the UOttawa campus rises behind it.

University of Ottawa

Sebagai institusi dwibahasa di ibu kota Kanada, University of Ottawa (uOttawa) menawarkan mahasiswa internasional pengalaman klasik Kanada di sebuah universitas Kanada peringkat teratas. Mahasiswa dapat mengambil kelas dalam bahasa Inggris, Perancis, atau kedua bahasa tersebut di kampus yang menerima mahasiswa dari lebih dari 150 negara.

Berada di peringkat 177 dalam 2024 THE World University Rankings, dan peringkat ke-5 dalam daftar Universitas Doktoral Kedokteran Terbaik di Kanada versi Maclean's, uOttawa menawarkan kesempatan akademis yang luar biasa bagi para mahasiswa. Beberapa program unggulannya meliputi:

  • Public, Environmental, and Occupational Health 
  • Cardiac Systems
  • Radiology 
  • Social Sciences 
  • Optics 

Selain itu, layanan dukungan mahasiswa, termasuk bimbingan internasional, layanan kesehatan primer di dalam kampus dan klinik berjalan, serta bimbingan akademik membantu memastikan Anda mendapatkan yang terbaik, baik di dalam maupun di luar kelas.

 

A modern glass-fronted university building rises up out of a group of leafy trees. (University of Calgary)

University of Calgary

University of Calgary (UCalgary), di Calgary, Alberta, berada di peringkat 201-250 pada Peringkat Universitas Dunia 2024, dan berada di peringkat ke-7 di Kanada dalam daftar Universitas Doktor Kedokteran Maclean. Dengan tingkat keterserapan lulusan sebesar 94%, dan sebagai pencipta startup teratas di antara lembaga-lembaga penelitian Kanada, mahasiswa UCalgary siap untuk meraih kesuksesan.

Ditambah lagi, sebagai kota termuda di Kanada (berdasarkan usia rata-rata), dan kota dengan penduduk paling beragam ketiga di Kanada, Calgary merupakan kota yang terbuka dan memiliki lingkungan multikultural. Calgary juga menduduki peringkat ketujuh sebagai kota yang paling layak huni di dunia tahun ini!

Untuk membantu mahasiswa baru menyesuaikan diri, perumahan kampus UCalgary menawarkan Jaminan Tahun Pertama, di mana semua mahasiswa yang mendaftar langsung setelah kelulusan sekolah menengah yang berusia 21 tahun atau lebih muda dijamin mendapatkan tempat tinggal.

Beberapa program UCalgary berada di peringkat 50 besar di seluruh dunia. Program-program tersebut antara lain:

  • Anatomy and Physiology 
  • Petroleum Engineering 
  • Hospitality and Leisure Management (#1 in Canada) 
  • Nursing 
  • Sports-related Subjects 
  • Veterinary Science 

Program arkeologi, pendidikan, dan kedokteran UCalgary juga termasuk dalam peringkat 100 besar dunia.

 

Aerial photo of Western University campus

Western University

Western University, di London, Ontario, berada di peringkat 250 teratas dalam Peringkat Universitas Dunia 2024. Para mahasiswanya juga telah menempatkan Western di peringkat #1 untuk kualitas kehidupan mahasiswa selama tujuh tahun terakhir dalam Peringkat Universitas Maclean. Jadi, jika Anda berpikir untuk tinggal di kampus, Western menawarkan sejumlah pilihan yang bagus. Western juga menjamin tempat tinggal bagi mahasiswa internasional lajang tahun pertama yang baru lulus SMA.

Program bisnis dan medis adalah beberapa pilihan yang paling populer di Western, baik program Ekonomi dan Bisnis yang sangat dihormati (peringkat keempat dalam Program Bisnis Terbaik Kanada 2024), atau Gastroenterologi dan Hepatologi. Program Energi dan Bahan Bakar juga berada di peringkat 75 besar dunia. Mahasiswa lainnya unggul dalam program-program seperti Perpustakaan dan Manajemen Informasi, Mata Kuliah yang berhubungan dengan Olahraga, Keperawatan, dan Teknik Mineral dan Pertambangan.

 

Photograph of Gordon Hall, Queen's University

Queen’s University

Melengkapi daftar kami adalah Queen's University, yang berada di urutan kesembilan dalam daftar Universitas Doktoral Kedokteran Terbaik di Kanada versi Maclean's, dan masuk dalam 300 besar versi THE untuk tahun 2024.

Queen's menarik mahasiswa dari lebih dari 100 negara untuk belajar di kampusnya di Kingston, Ontario. Faktanya, lebih dari 90% mahasiswa Queen's berasal dari luar Kingston, baik dari seluruh Kanada maupun dari seluruh dunia. Pertemuan budaya dan perspektif ini merupakan bagian dari apa yang membuat Kingston menjadi salah satu kota universitas terbaik di dunia.

Memasuki studi sarjana? Mahasiswa tahun pertama mungkin "belum terdaftar", yang berarti Anda dapat mencoba kelas-kelas dari seluruh fakultas di Queen's sebelum memutuskan di mana Anda akan mengambil spesialisasi. Ada banyak pilihan yang bagus; program keperawatan, pendidikan, ilmu komputer, dan bisnis universitas ini semuanya berada di peringkat 10 besar Kanada dalam Peringkat Program 2024 Maclean.

Mempertimbangkan studi pascasarjana? Sebagai anggota dari Kelompok U15 Kanada yang terdiri dari universitas-universitas yang intensif dalam bidang penelitian, Queen's menawarkan lingkungan penelitian yang terdepan.

 


 

Dari pantai ke pantai, universitas-universitas di Kanada memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada para calon mahasiswa internasional. Kami harap daftar ini dapat membantu Anda mempersempit universitas-universitas Kanada peringkat teratas yang mungkin cocok dengan tujuan akademis Anda!