FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Bagaimana Memilih Tempat Belajar di Inggris

Bagaimana Memilih Tempat Belajar di Inggris

Mengapa belajar di Inggris? Pertanyaan yang lebih baik adalah: mengapa tidak? Dari institusi akademisnya yang dihormati hingga kualitas hidup yang luar biasa, siswa internasional menempatkan Inggris sebagai tujuan utama. Setelah Anda memilih program studi yang ingin Anda ambil, ada baiknya Anda memikirkan bagaimana Anda akan menyesuaikan diri dengan kehidupan di kampus dan di komunitas yang lebih luas.

Tergantung pada program studi dan preferensi pribadi Anda, beberapa wilayah di Inggris mungkin lebih cocok daripada yang lain. Saat Anda membuat keputusan, pikirkanlah:

  • Berapa lama Anda berencana untuk belajar di luar negeri? Jika program studi Anda berdurasi satu hingga dua tahun, mungkin akan lebih mudah untuk tinggal di tempat yang berbeda dari biasanya. Namun, jika program studi Anda membawa Anda ke pusat kota besar, dan Anda lebih suka kota kecil, mungkin akan lebih sulit untuk mengelola kehidupan kota. Meskipun demikian, perubahan pemandangan hanya berjarak beberapa menit dengan naik bus atau kereta api!
  • Apakah tinggal di kota besar itu penting? Beberapa kota memiliki biaya hidup yang tinggi, tetapi menawarkan kesempatan yang akan mempercepat studi dan/atau karir Anda.
  • Apakah program studi Anda memerlukan kerja lapangan, atau akses ke fasilitas tertentu? Kecuali jika Anda tidak keberatan bepergian, ada baiknya untuk memilih program studi yang menyediakan akses ke sumber daya dan lingkungan yang diperlukan.  

sekelompok mahasiswa asia mengerjakan proyek mereka di area relaksasi kampus bersama-sama. - community potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Community Size

Biaya hidup umumnya lebih tinggi di pusat-pusat kota yang lebih besar. Mahasiswa internasional dapat menghemat biaya dengan memilih institusi di kota-kota yang lebih kecil atau tinggal di luar pusat kota. University of Glasgow menyampaikan bahwa mahasiswa internasional dapat memperkirakan biaya hidup di Inggris rata-rata sebesar 13,000 poundsterling untuk satu orang dan 20,000 poundsterling untuk pasangan.

Alat Bantu: Untuk mendapatkan perkiraan khusus, gunakan kalkulator untuk memperkirakan biaya hidup di berbagai kota di Inggris.

Dari sudut pandang pengalaman budaya, meskipun biaya hidupnya lebih tinggi, kota-kota seperti London dan Edinburgh banyak diminati oleh pelajar internasional karena keragaman pengalaman yang mereka tawarkan. Kota-kota ini secara teratur menarik banyak mahasiswa internasional karena kualitasnya yang sangat baik:

  • Peringkat dan reputasi universitas
  • Kualitas hidup
  • Pengalaman mahasiswa internasional
  • Kesempatan kerja setelah kelulusan

 

kuliah energi pria dewasa a - climate potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Climate

Cepat: Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar "cuaca di Inggris"?

Apakah yang Anda pikirkan adalah hujan?

Dari Adele hingga Eurythmics, para seniman telah menciptakan lagu-lagu yang berkisar dari balada patah hati hingga lagu-lagu klasik lantai dansa, semuanya menampilkan curah hujan yang paling khas Inggris. Hal ini memudahkan kita untuk membayangkan pengalaman belajar di luar negeri dengan laptop di satu tangan dan payung di tangan lainnya.

Namun, jangan pasrah dengan mengenakan sepatu bot (sepatu hujan) setiap hari. Inggris memiliki iklim yang beragam, terutama semakin basah jika Anda pergi ke arah barat. Jadi, meskipun dataran tinggi Skotlandia akan mendapat curah hujan hingga tiga meter setiap tahun, dan wilayah Snowdonia di Wales serta Lake District di Inggris tidak jauh di belakang, kota-kota di wilayah tengah dan timur lebih moderat.

Faktanya, meskipun setiap warga London dengan senang hati akan berbicara dengan Anda tentang hujan, London Raya rata-rata hanya mengalami 121 hari hujan setiap tahun antara 1991-2020, menurut data iklim Met Office. Yang mengejutkan, hujan turun lebih sering di Miami (135 hari)! Washington, DC dan Sydney, Australia juga mengalami lebih banyak hari hujan.

Sebagian besar wilayah Inggris beriklim sedang. Artinya, sebagian besar musim dingin terasa sejuk dan basah, dan musim panas terasa hangat dan basah. BBC mengelompokkan Inggris ke dalam empat pola iklim utama:

  • Tenggara: musim dingin yang dingin dan musim panas yang hangat dan kering
  • Barat daya: musim dingin yang sejuk dan sangat basah, musim panas yang hangat dan basah
  • Barat laut: musim dingin yang sejuk, musim panas yang sejuk, dan hujan lebat sepanjang tahun
  • Timur laut: musim dingin yang dingin, musim panas yang sejuk, dan hujan yang stabil sepanjang tahun

 

sekelompok teman yang sedang berlibur mengirim sms di ponsel - culture united kingdom potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Culture

Pikirkan tentang pengalaman belajar di luar negeri yang ideal bagi Anda:

  • Apakah Anda tinggal di asrama di dalam kampus atau di luar kampus?
  • Hobi apa yang ingin Anda lanjutkan atau mulai?
  • Apakah Anda berencana untuk bekerja paruh waktu?
  • Apakah komunitas dengan dunia hiburan yang semarak menarik bagi Anda, atau apakah Anda lebih suka memiliki akses yang mudah ke luar rumah?
  • Seberapa pentingkah akses ke makanan yang memenuhi batasan diet Anda?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu menentukan di mana Anda akan berkembang.

Selain itu, perhatikan juga budaya di kampus. Besarnya jumlah mahasiswa dapat membantu Anda menentukan seberapa besar kelas yang akan Anda ikuti, dan dari situ, apakah kelas-kelas tersebut berbasis kuliah atau lebih banyak praktik. Universitas yang lebih besar dengan banyak klub dan atletik mungkin sangat cocok untuk beberapa mahasiswa internasional, tetapi bisa jadi mengganggu bagi yang lain.

Jika Anda ingin tinggal di komunitas yang lebih kecil, Anda mungkin akan mengalami hal-hal yang tidak pernah dilakukan oleh banyak pengunjung. Anda mungkin bisa mencoba bara brith di Wales atau wiski di Moray Speyside, Skotlandia. Apakah Anda lebih aktif? Pertimbangkan untuk bermain di liga sepak bola atau mengunjungi festival tradisional.

Di sisi lain, jika layanan keagamaan atau budaya dari negara asal Anda penting, belajar di komunitas yang lebih besar mungkin cocok untuk Anda. Di kota yang lebih besar, Anda juga lebih mungkin menemukan pelajar internasional lainnya atau restoran dengan makanan yang mengingatkan Anda pada rumah!


Memilih tempat tinggal dan belajar di Inggris bisa terasa seperti banyak hal yang harus dikelola. Namun, jika Anda mengingat tiga C (climate, culture, and community size), Anda mungkin dapat memilih perguruan tinggi atau universitas di suatu tempat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.