FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Kenapa Kamu Harus Mengikuti Tes Latihan IELTS ?

Kenapa Kamu Harus Mengikuti Tes Latihan IELTS ?

Anda tahu bahwa Anda harus menyelesaikan ujian IELTS (International English Language Testing System) untuk belajar di luar negeri, tetapi Anda mulai bertanya-tanya apakah Anda harus mengambil tes IELTS latihan atau tidak.

Jawaban kami: tentu saja.

Meskipun Anda mungkin telah menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian yang sebenarnya, tidak ada salahnya untuk mengambil tes latihan. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk membiasakan diri dengan format ujian, melihat seberapa baik Anda bekerja di bawah tekanan, dan melihat apakah Anda membutuhkan lebih banyak latihan di bagian tertentu dari ujian. Baik itu membaca, menulis, mendengarkan, atau berkomunikasi-semakin banyak latihan yang Anda dapatkan, semakin baik.

Menyelesaikan tes IELTS akan membuka banyak pintu pendidikan. Anda tidak hanya dapat mendaftar ke sekolah internasional, tetapi juga ke banyak perusahaan, otoritas imigrasi, dan badan-badan profesional. IELTS diakui sebagai bukti kemahiran berbahasa Inggris oleh lebih dari 9.000 organisasi di 135 negara, jadi Anda harus berlatih sebelum mengambil tes yang sebenarnya.

Baca terus untuk mengetahui lima alasan mengapa Anda harus mengambil tes IELTS latihan sebelum mengambil tes IELTS yang sebenarnya.


1. Tenangkan kegugupan Anda

Tentu saja, Anda merasa gugup. Anda khawatir akan gagal bahkan setelah berlatih begitu banyak. Anda stres karena mungkin kemampuan membaca Anda tidak cukup kuat. Anda mungkin merasa seolah-olah sedang mengalami rollercoaster emosional. Penting untuk mengenali stres dan kecemasan sebagai lingkaran setan.

Meskipun kegelisahan menyebabkan beberapa orang melakukan pekerjaan dengan lebih baik, namun tidak demikian halnya dengan semua orang. Bagi kebanyakan orang, kegelisahan menghambat keterampilan dan proses berpikir mereka. Anda stres, Anda tidak bisa fokus - Anda tidak bisa fokus sehingga Anda stres. Anda dapat menghindari pengalaman negatif ini sepenuhnya hanya dengan mengikuti tes latihan IELTS. Dengan melakukannya, Anda tahu bahwa ini bukanlah "yang sebenarnya," Anda akan terbiasa dengan format dan apa yang akan ditanyakan kepada Anda, dan sebagai hasilnya, Anda tidak terlalu gugup karena apa yang harus dikhawatirkan? Anda tahu bagaimana prosesnya dan Anda tidak perlu menganggapnya terlalu serius.

 

2. Berlatih, berlatih, berlatih

Berlatih adalah teman terbaik Anda. Sangat penting untuk mendapatkan nilai yang baik. Mengambil tes IELTS latihan akan mendorong keutamaan "practice makes perfect." Jika ada, itu hanya akan meningkatkan nilai Anda. Meskipun nilai sempurna mungkin sulit untuk dicapai, ketika Anda mengikuti tes IELTS latihan, Anda akan terbiasa dengan level Anda dan mengetahui sebelumnya apakah Anda memenuhi syarat atau tidak.

Selain itu, Anda juga tahu di mana area yang perlu ditingkatkan dan dapat fokus secara khusus untuk berlatih di bagian tersebut sebelum mengikuti tes yang sebenarnya. Terakhir, Anda tidak perlu khawatir untuk mengulang ujian atau membuang-buang waktu karena Anda telah mengikuti tes latihan IELTS dan mengetahui kemampuan Anda. Anda berkesempatan untuk melihat kembali hasil tes Anda dan membandingkannya dengan jawaban model, atau mungkin jawaban terakhir Anda.

 

3. Tingkatkan keterampilan komunikasi Anda

Mungkin kemampuan komunikasi Anda perlu ditingkatkan. Ketika Anda mengikuti tes IELTS latihan, Anda memilih untuk melatih semua bagian ujian, salah satunya adalah komunikasi. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengatasi tantangan yang Anda hadapi dan untuk lebih memahami cara berkomunikasi dengan orang lain. Hasilnya, pada hari tes, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan akan mengejutkan mereka yang menilai tes Anda.

Komunikasi adalah hal yang sulit, sebagian besar karena banyak penutur bahasa Inggris yang tidak memiliki keberanian untuk berbicara dalam bahasa yang bukan bahasa mereka. Satu-satunya cara untuk benar-benar merasa nyaman dengan bahasa tersebut adalah dengan berkomunikasi dengan orang lain secara langsung.

 

4. Mengasah kemampuan multitasking dan manajemen waktu Anda

Dengan latihan tes IELTS, Anda dapat mengasah kemampuan multitasking Anda. Semakin Anda memperkuat kemampuan komunikasi Anda, semakin baik pula kemampuan mendengarkan, menulis, dan membaca Anda. Anda belajar untuk mengerjakan semua bagian menjadi satu, mulai menyelesaikan tugas secara bersamaan dan menghindari gangguan. Lebih jauh lagi, Anda mulai memahami bagaimana setiap bagian membantu bagian lainnya; bagaimana membaca dan menulis, serta mendengarkan dan berkomunikasi berjalan seiring.

Dengan keterampilan manajemen waktu secara khusus, Anda belajar mengatur waktu dengan baik ketika menghadapi bagian-bagian tertentu dari ujian. Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis surat versus esai, dan berapa banyak waktu yang harus Anda delegasikan untuk masing-masing. Dalam skema besar, hal ini memungkinkan Anda untuk mengalokasikan waktu dengan lebih baik untuk berbagai tugas umum di sekolah, dan bahkan lebih banyak lagi, pertanyaan esai dalam pengaturan ujian.

 

5. Perspektif baru tentang keterampilan yang diperoleh

Akhirnya, Anda mendapatkan pemahaman baru tentang bagaimana bagian-bagian tertentu (seperti membaca dan mendengarkan) berguna saat belajar di Kanada. Beberapa orang berpikir hanya keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk memiliki pengalaman yang sukses di luar negeri. Namun, ketika Anda tiba di Kanada, Anda akan segera menyadari bahwa membaca sangat penting, karena semuanya ditulis dalam bahasa Inggris (dan Prancis).

Tentu saja, Anda mungkin memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tetapi jika Anda tidak memiliki kemampuan membaca, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk berkeliling kota, membaca petunjuk, atau belajar kursus bahasa Inggris. Demikian pula, jika Anda tidak memiliki keterampilan mendengarkan, hal ini dapat menghambat kemampuan komunikasi Anda. Setiap bagian membantu bagian lainnya-sesuatu yang akan Anda sadari pada akhirnya.


Sekarang Anda sudah tahu mengapa mengambil tes latihan IELTS sangat penting. Semoga sukses dengan tes latihan Anda, dan juga tes yang sebenarnya!