FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Soft Skills yang Penting untuk Dikembangkan di Tahun 2024

Soft Skills yang Penting untuk Dikembangkan di Tahun 2024

Memasuki tahun 2024, keterampilan apa yang akan membantu siswa internasional untuk berhasil dalam studi dan pekerjaan mereka di masa depan? Kami telah membahas Hard Skills utama dalam artikel sebelumnya; sekarang, kami akan membahas beberapa Soft Skills utama, yang lebih penting daripada yang disadari oleh kebanyakan orang.

Pertama, apa itu Soft Skills? Tidak seperti Hard Skills, yang sering kali bersifat spesifik untuk pekerjaan tertentu dan dipelajari melalui pendidikan atau pelatihan, Soft Skills adalah ciri-ciri pribadi atau aspek yang mencerminkan kepribadian dan gaya kerja Anda.

Sering kali, Soft Skills berguna di berbagai situasi. Misalnya, jika Anda adalah anggota tim yang terorganisir dan unggul dalam komunikasi, keterampilan tersebut akan membantu Anda di mana saja! Soft Skills juga penting bagi keuntungan perusahaan: Penelitian dari Hay Group menunjukkan bahwa manajer yang membangun Soft Skills ke dalam gaya kepemimpinan mereka dapat meningkatkan kinerja tim mereka hingga 30%.

Baca terus untuk mengetahui lima Soft Skills yang paling berharga, dan bagaimana keterampilan tersebut dapat membantu Anda sukses sebagai mahasiswa atau lulusan internasional.

 

Problem Solving

Bagaimana cara Anda menghadapi sebuah tantangan? Apakah Anda dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang, atau mengambil pendekatan kreatif? Lulusan baru yang dapat mengilustrasikan kemampuan pemecahan masalah dan pemikiran kritis yang kuat akan menonjol dari kelompoknya. Anda mungkin memiliki pemahaman teoritis yang mendalam tentang matematika, tetapi menerapkan pengetahuan tersebut dan menerjemahkannya ke dalam pemecahan masalah nyata secara efektif sering kali merupakan hal yang paling mengesankan bagi orang lain.

Faktanya, perusahaan konsultan global McKinsey mengatakan bahwa keterampilan tunggal yang paling diharapkan oleh para profesional HR untuk lebih sering mereka lihat dari para kandidat adalah pemecahan masalah. 83% pemberi kerja juga melaporkan bahwa pemecahan masalah berkaitan dengan kerja sama tim sebagai aset terpenting yang bisa dicantumkan di resume.

Ingin tahu bagaimana cara membangun Soft Skills ini? Istirahat yang cukup akan membantu, karena hal ini mendukung fungsi otak yang sehat. Namun terkadang, jawabannya adalah dengan berlari - secara harfiah. Pusat Efektivitas Manajemen dan Organisasi menjelaskan hal ini:

Saat beraksi, otak kita dengan cepat melakukan banyak tugas antara bergerak, mengantisipasi, menyusun strategi, bereaksi, dan beraksi. Melakukan semua hal ini sekaligus membutuhkan aktivitas otak yang sangat besar. Hal ini dapat dikaitkan dengan dunia kerja kita ketika kita merencanakan, bernalar, memantau tindakan kita, dan memecahkan masalah sekaligus... Ketika Anda bermain sepak bola atau olahraga yang bergerak cepat lainnya, Anda sedang melakukan rewiring pada otak Anda agar lebih cepat dalam berpikir, memproses, dan bereaksi terhadap masalah.

Teamwork

Bagi banyak orang, kantor adalah tempat persahabatan, pembelajaran, dan keterlibatan. Meskipun bukan tanpa tantangan (seperti politik antarpribadi), kantor menyediakan koneksi dan komunitas bagi sebagian besar orang dewasa. Jadi, ketika pandemi COVID-19 mendorong peralihan ke pekerjaan jarak jauh, atau mengharuskan tindakan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker untuk peran garda depan yang tidak dapat bekerja dari rumah, perasaan terhubung ini berubah cukup dramatis.

Untungnya, karyawan dengan keterampilan kerja tim yang kuat telah menemukan cara baru untuk melibatkan kolega dan pelanggan mereka. Cara-cara ini memiliki banyak bentuk. Di beberapa tempat kerja, para manajer menerapkan pertemuan 1:1 untuk memastikan bawahan langsung mereka tetap sehat dan mengikuti perkembangan proyek. Di tempat lain, perpustakaan membuat kancing dengan wajah guru yang tersenyum dan tanpa topeng untuk dikenakan di kelas sehingga para siswa dapat mengenalinya.

Pembangunan tim juga bisa dilakukan secara informal. Contohnya, tim Komunikasi di sini di ApplyBoard terhubung setiap minggu melalui hasil kuis acak BuzzFeed, membantu kami belajar lebih banyak tentang kolega dan merasa lebih dekat dengan tim.

Membantu menciptakan dan berpartisipasi dalam team building itu lebih penting dari yang Anda kira. Jika Anda lebih suka menundukkan kepala dan bekerja daripada berinteraksi dengan rekan kerja atau sesama siswa, Anda mungkin berisiko terlihat sebagai orang yang sulit didekati. Menunjukkan bahwa Anda dapat bekerja secara produktif dan berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan yang kolaboratif sangatlah penting. Perusahaan akan memperhatikan, dan sering kali akan memberi Anda penghargaan karena menjadi pemain tim!

Leadership

Kepemimpinan adalah sifat yang kompleks, dan sering kali sulit diukur. Hal ini mencakup sifat-sifat pribadi seperti empati dan semangat kolaboratif, serta keterampilan lunak yang lebih sulit seperti kemampuan untuk mengartikulasikan visi dan mendorong orang lain untuk mengikuti Anda dalam mewujudkannya. Kemampuan untuk menyeimbangkan prioritas operasional dan strategis, negosiasi, dan resolusi konflik juga merupakan kemampuan kepemimpinan yang penting.

Faktanya, laporan Future of Jobs dari World Economic Forum mencantumkan kepemimpinan sebagai salah satu dari 10 keterampilan terpenting bagi pekerja di tahun 2023, di samping banyak keterampilan lunak lainnya yang telah kami sebutkan dalam artikel ini.

Untuk para lulusan baru, penting untuk diingat bahwa kepemimpinan tidak hanya datang dari CEO perusahaan. Faktanya, siapa pun yang mempengaruhi orang lain untuk bertindak menuju hasil yang lebih baik adalah seorang pemimpin. Mungkin Anda pernah memimpin proyek sekolah, membimbing orang lain di tempat kerja, atau menjadi sukarelawan sebagai tutor atau pelatih. Mampu memberikan contoh saat Anda melangkah sebagai seorang pemimpin pasti akan membantu Anda menonjol saat mencari pekerjaan pasca kelulusan.

Berikut adalah cara yang lebih sederhana untuk memikirkannya: seorang pemimpin yang baik adalah orang yang bertanggung jawab (menepati janji dan menyelesaikan pekerjaannya), dan pemain tim (membimbing orang lain dan ingin membuat semua orang sukses, bukan hanya diri mereka sendiri). Kepemimpinan bukanlah tentang kepercayaan diri yang membabi buta atau "selalu benar". Kepemimpinan lebih kepada mendapatkan rasa hormat, membimbing orang lain, dan selalu berusaha untuk berkembang.

 

Adaptability

Agen perekrutan yang berbasis di Inggris, Michael Page (PageGroup), menyoroti kemampuan beradaptasi sebagai keterampilan penting bagi karyawan untuk berkembang. Anda juga bisa menganggapnya sebagai fleksibilitas, atau kesediaan Anda secara keseluruhan untuk "mengikuti perkembangan" dan menyesuaikan diri dengan perubahan dengan cepat.

Entah dengan beradaptasi dengan gaya rapat yang baru, berhubungan dengan tim Anda dengan cara yang berbeda, atau melibatkan klien dengan menggunakan pendekatan baru, karyawan yang dapat beradaptasi dengan (atau bahkan menyarankan!) perubahan-perubahan ini akan lebih unggul. Perubahan tidak bisa dihindari, jadi jangan takut akan hal itu - terimalah!

Kemampuan beradaptasi juga termasuk memahami perubahan realitas pekerjaan bagi anggota tim lainnya. Penulis dan pakar branding, Wendi Weiner, mengatakan bahwa penting untuk "lebih menerima kebutuhan orang lain dan [belajar] bagaimana bekerja dengan mereka yang mungkin memiliki pengasuhan anak atau kebutuhan penting lainnya yang membutuhkan jadwal kerja yang fleksibel."

 

Communication

Dalam hal Soft Skills, komunikasi adalah salah satu yang paling penting. Komunikasi yang efektif bukan hanya tentang kemampuan berbicara atau menulis secara umum; ini tentang kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan membuat maksud Anda dimengerti oleh orang lain. Keterampilan lunak ini akan penting untuk setiap pekerjaan yang Anda lakukan (bahkan jika Anda menjadi penjaga mercusuar terpencil di pedalaman Kanada)!

Karena banyak tempat kerja yang masih bersifat remote atau gabungan antara remote dan di kantor, kemampuan komunikasi yang kuat dapat memastikan kesuksesan tim Anda. Dengan semakin sedikitnya kesempatan untuk berdialog secara langsung, maka keterampilan komunikasi tertulis menjadi semakin penting. Baik itu pesan singkat Slack, cetak biru teknik, atau whitepaper formal, karyawan baru yang dapat mengomunikasikan pesan-pesan penting dengan jelas dan meyakinkan akan membuat tim mereka berkembang.

Manfaat komunikasi yang baik tidak hanya dirasakan oleh rekan kerja saja. Tim yang menggunakan empati dan humor untuk terhubung dengan basis pelanggan mereka melaporkan loyalitas pelanggan yang lebih kuat dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.


Soft Skills ini akan membawa Anda jauh, baik dalam studi maupun pekerjaan Anda di masa depan. Asahlah keterampilan ini, dan ini akan membantu Anda lebih dari yang Anda sadari. Semoga sukses dengan perkembangan karier Anda di tahun 2024 dan seterusnya!