FREE CONSULTATION

Gapai mimpimu!

Rencanakan masa depanmu dengan Salak Ed

  • Experience

    With over 25 years of industry experience and nationwide partnerships

  • Support

    High acceptance rates, international experience, and comprehensive support.

  • Employment rate

    100% employment rate and focus on a great living experience.

Visa Pelajar Kanada: Persyaratan Kelompok IELTS

Visa Pelajar Kanada: Persyaratan Kelompok IELTS

Dari menerjemahkan sertifikat hingga mengisi formulir, mempersiapkan diri untuk belajar di Kanada adalah proses yang terdiri dari beberapa langkah. Bagian penting dari proses belajar di luar negeri adalah meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris atau Perancis Anda, untuk memenuhi persyaratan band IELTS visa pelajar Kanada.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang persyaratan skor International English Language Testing System (IELTS), serta persyaratan skor untuk tes kemahiran bahasa Inggris populer lainnya saat mendaftar melalui Student Direct Stream (SDS) Kanada.

Catatan: Di Kanada, siswa internasional menerima izin belajar untuk menghadiri kelas. Ketika Anda mendapatkan izin belajar, Anda juga biasanya mendapatkan visa pengunjung untuk memasuki Kanada. Dalam artikel ini, kami menggunakan istilah "visa pelajar" dan "izin belajar" secara bergantian agar lebih mudah dipahami.

 

Study Permit Streams 

Di Kanada, ada dua jalur untuk mengajukan izin belajar: jalur umum dan jalur pelajar (Student Direct Stream/SDS).

SDS

Jika Anda memenuhi syarat untuk mendaftar melalui SDS, Anda harus memenuhi persyaratan kelompok tertentu, atau dengan kata lain, memenuhi atau melampaui skor tertentu pada tes kemahiran bahasa yang memenuhi syarat.

General Study Permit Stream

Siswa yang mendaftar melalui jalur izin belajar umum mungkin juga perlu membuktikan kemahiran bahasa mereka dengan tes kemahiran bahasa yang memenuhi syarat, tetapi ini bervariasi di setiap negara. Kunjungi situs web Pemerintah Kanada untuk informasi lebih lanjut.

 

Apa yang dimaksud dengan English Language Proficiency Tests?

English language proficiency (ELP) mengukur tingkat keterampilan Anda dalam komunikasi berbahasa Inggris. Mengikuti salah satu dari tes ini tidak hanya diperlukan untuk mengajukan izin belajar Kanada melalui SDS, tetapi juga dapat sangat membantu Anda untuk mengetahui keterampilan bahasa tertentu yang dapat Anda kembangkan.

Tips: Ingat, skor tes yang Anda butuhkan untuk program Anda mungkin berbeda dari yang diperlukan untuk izin belajar Anda. Pastikan untuk memeriksa persyaratan program Anda serta situs web resmi Pemerintah Kanada untuk informasi terbaru.

 

IELTS Band Requirements

IELTS adalah tes yang diakui secara luas dan diterima untuk aplikasi visa pelajar Kanada. IELTS memiliki dua jenis tes yang dapat Anda gunakan untuk mengajukan permohonan visa belajar ke Kanada: Akademik dan Umum. Tes ini memastikan bahwa Anda dapat berkomunikasi dan memahami bahasa Inggris secara efektif, baik di lingkungan akademis maupun sehari-hari.

Mencapai skor keseluruhan 6.0 atau lebih tinggi pada tes Akademik, atau skor IELTS Umum yang setara dengan skor Canadian Language Benchmarks 7 atau lebih tinggi diperlukan sebagai bagian dari persyaratan visa pelajar Kanada.

 

Other Language Tests 

Mengikuti tes kemahiran bahasa lain? Mari jelajahi persyaratan kelompok untuk tes kemahiran bahasa lainnya. Setiap tes memiliki kriterianya masing-masing, tetapi semuanya menilai kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dan memahami bahasa Inggris (atau bahasa Prancis) dalam lingkungan akademis dan kasual.

TOEFL 

Mahasiswa internasional yang mengambil The Test of English as a Foreign Language (TOEFL iBT) membutuhkan skor minimal 83. TOEFL menilai kemampuan membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Tes ini biasanya dilakukan secara online dan mencakup tugas-tugas seperti membaca pemahaman, mendengarkan ceramah, dan mengekspresikan pendapat secara lisan dan tertulis.

CAEL

Mengikuti tes Canadian Academic English Language (CAEL)? Jika ya, Anda membutuhkan skor minimal 60. CAEL mengevaluasi kemampuan bahasa melalui latihan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa Inggris akademis. Tes ini mencakup tugas-tugas seperti membaca artikel, mendengarkan diskusi, dan menyajikan tanggapan tertulis dan lisan.

CELPIP

Siswa internasional yang mengambil Canadian English Language Proficiency Index Program (CELPIP) membutuhkan skor minimal 7 pada skala Canadian Language Benchmarks untuk setiap kemampuan. CELPIP mengukur kemahiran bahasa praktis untuk kehidupan sehari-hari di Kanada. Ini mencakup tugas-tugas seperti mendeskripsikan situasi, berpartisipasi dalam diskusi, dan menanggapi permintaan tertulis dan lisan.

PTE 

Jika Anda mengambil  Pearson Test of English – Academic (PTE Academic), Anda memerlukan skor minimal 60. PTE adalah tes berbasis komputer yang menilai kemampuan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Tugas-tugas yang diberikan meliputi meringkas teks lisan, menulis esai, dan menjawab pertanyaan berdasarkan klip audio.

TEF 

Berencana untuk belajar di Prancis, dan perlu membuktikan kemampuan bahasa Anda? Siswa internasional yang mengikuti  Test d’Evaluation de Français (TEF Canada) membutuhkan skor TEF yang setara dengan nilai Canadian Language Benchmark (CLB), yaitu minimal 7 untuk setiap kemampuan. TEF menilai kemampuan bahasa Prancis Anda dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Sekarang Anda telah mengetahui persyaratan band IELTS untuk visa pelajar Kanada. Apakah Anda memilih IELTS atau tes lain seperti TOEFL, CAEL, CELPIP, atau PTE, persiapan adalah kuncinya. Mulailah persiapan Anda lebih awal, gunakan sumber daya tes tiruan yang disediakan oleh organisasi penguji, dan pertimbangkan kursus kemahiran bahasa jika diperlukan. Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk perjalanan akademis yang sukses di Kanada. Kamu pasti bisa!